Senin, Januari 23, 2012

Susah buang air besar dan kecil



2 hari yang lalu sore hari, datang berobat Pak P, 67 tahun. Ia diantar oleh seorang putrinya.

Keluhan Pak P sudah seminggu terakhir susah buang air besar dan buang air kecil. Oleh keluarganya Pak P diantar ke sebuah Rumah Sakit terdekat. Untuk mengeluarkan air seni, oleh perawat dipasang kateter. Tidak keluar air seni, sebab slang kateter tidak dapat masuk ke dalam Kandung Kencing Pak P.

Pak P pulang ke rumahnya dan berdoa. Beberapa saat kemudian ia dapat buang air kecil dengan lancar. Keesokan harinya ia dapat buang air besar kembali.
Dalam pemeriksaan fisik  kondisi Pak P dalam batas normal. Ia datang hanya ingin konfirmasi, ia menderita sakit apa?

Saya pikir Pak P menderita pembesaran Kelenjar Prostat yang didukung oleh keluhannya yang tidak dapat buang air kecil dan saat pemasangan slang kateter di RS tidak berhasil karena tertahan oleh Kelenjar Prostat yang membesar dan ia menderita sembelit yang kemungkinan besar Pak P jarang makan sayur dan buah-buahan yang dapat membantu proses buang air besar.

Saya minta kepada Pak P agar besok datang kembali denga membawa semua hasil pemeriksaan ( Darah dan Foto ) yang sudah dibuat di RS sebelumnya. Dari data-data itu saya akan lebih mudah untuk membuat Diagnosa penyakit Pak P ini.

Sore itu saya memberikan resep kapsul Enzym untuk membantu pencernaannya. 

Keesokan harinya dan hari-hari berikutnya juga Pak P ini tidak datang kembali. Mungkin keluhannya sudah membaik.

Saya tidak yakin benar apakah pembesaran Kelenjar Prostat akan membaik dalam waktu 1 hari tanpa  minum obat khusus BPH ( Benign Prostat Hypertrophy ).

Saya berharap semoga keluhan pak P ini dapat sembuh kembali karena Pak P sudah banyak berdoa memohon kesembuhan dari Dokter Yang Agung dan doa-doanya sudah terjawab olehNya. Amin.-

4 komentar:

  1. terima kasih bermanfaat sekali artikelnya semoga makin sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Nurul Iman,

      Terima kasih sudah berkunjung, semoga dapat bermanfaat.

      Salam.

      Hapus
  2. Pa... Sy juga merasakan susah buang air besa dan susah buang air kecil sudah duaminggu ini, stiap buang air keluarnya sedikit. Seperti ada sisa d dlm nya tpi tidak bisa kluar walu d paksakan... Posisi perut bawah atas kelamin klo d tekan serasa sakit, dan saat sy hubungan sm istri itu pengaruh pada ereksi, jadi lebih cepat ereksi, mhon petunjuk untuk supaya sy bisa lancar kembali buang air. Trrimakasih
    Salam dari sy hamdani

    BalasHapus
  3. To Hamdani Bin Suadi,

    Berapa usia anda saat ini. Bila diatas 50 tahun kemungkinan besar anda mengalami pembesaran Kelenjar Prostat yg ada pada laki-laki.

    Kel. Prostat yg membesar ini akan membuat saluran kencing anda agak terjepit sehingga air seni keluarnya tidak teratut. Aliran air senin tidak lancar, mesti ngedan dulu baru keluar. Kalu sudah sangat besar kel. Prostat itu akan menutup sal. kencing sehingga tidak bisa buang air kecil . Pada perabaab di bawah pusar akan terasa keras karena kandung kencing yg membesar. Mesti dipasang slang karet ( kateter ) untuk membantu pengeluaran air seni. Dan anda mesti minum obat anti pembesaran kel. Prostat ( misalnya Harnal dsb ).

    Berkonsultasilah dengan Dokter Urology ( Ahli saluran Kencing )terdekat di kota anda utk diperiksa lebih lanjut, apakah benar kel. Prostat anda membesar?

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam,

    BalasHapus