Senin, Juni 08, 2009

Siklus Bioritmik



Grafik ( atas ) bulan Juni - Juli 2009

Grafik ( bawah ) bulan Oktober - November 2009

---

Pernahkah anda pada suatu tanggal tertentu bulan tertentu, merasa kondisi kesehatan anda sedang menurun?

1. Terlambat makan, perut menjadi nyeri. Kehujanan sedikit saja, badan meriang. Kurang tidur, tubuh menjadi tidak nyaman sekali.

2. Padahal pada lain waktu, anda merasa baik-baik saja meskipun terlambat makan, kehujanan atau tidur larut malam tetapi keesokan hari tubuh tetap fit?

Saya pernah mengalami dan memperhatikan hal tsb sedikitnya selama 2 tahun terakhir ini.

Keadaan tsb ( 1 ) mungkin sekali karena Siklus Bioritmik tubuh saya sedang dalam posisi paling bawah. Biasanya dalam bulan Juni, saya mengalami bersin-bersin, tubuh pegal linu, tiap sebentar saya harus b.a.k. Keesokan harinya saya menderita Flu.

Flu saat ini memerlukan waktu yang lebih lama umntuk penyembuhannya dari pada Flu 5 tahun yang lalu. Saya selalu minum obat Anti untuk 5 hari saja lalu distop, sebab rasanya minum obat atau tidak minum obat sama saja. 3 hari kemudian kesehatan saya pulih kembali denagn sendirinya. Sekitar 2 minggu kemudian tubuh saya menjadi Fit kembali dengan sendirinya seperti keadaan nomer ( 2 ). Rupanya siklus Bioritmik saya naik kembali.

---

Siklus Bioritmik:

Para ahli Astronomi menemukan adanya konsep Bio cycles / siklus hidup misalnya Biological clock / jam biologis yang ada dalam tubuh setiap orang. Ini menerangkan mengapa orang dapat bangun sendiri pada jam tertentu, bila sudah terbiasa. Jam Biologis ini berbeda pada setiap orang. Jam Biologis harus disetel ulang bila kita berada disuatu negera yang perbedaan waktunya sangat besar. Kalau belum disetel ulang maka orang tsb selalu akan bangun dari tidurnya misalnya setiap pukul 05.00 pagi. Tidak peduli saat itu ia berada di negara dengan waktu yang sangat berbeda.

Siklus Bioritmik ditemukan pada abad ke 19 dan 20 di negara Austria dan Jerman. Dr. Herman Svoboda ( Ahli Psikologi ) dan Dr. William Fliess of Berlin ( Germanic Academiy of Science ) telah mempelajari siklus Bioritmik ini dalam penelitiannya ( http://cycletourist.com/biochart/biodoc.php ).

Siklus Bioritmik terdiri dari:
1. Siklus Fisik ( setiap 23 hari), warna Biru.
2. Siklus Emosi ( setiap 28 hari ), warna Merah.
3. Siklus Intelektuil ( setiap 33 hari ), warna Hijau.

Ketiga siklus ini akan naik dan turun setiap 23, 28 dan 33 hari.
Pada website tsb kita dapat memasukkan nama kita, tangal, bulan dan tahun lahir untuk mengetahui bagaimana ke 3 siklus Bioritmik ini pada setiap 1 bulannya, seperti grafik ini.

Grafik pada tanggal 20 bulan Juni 2009:
Siklus Fisik dan siklus Emosi berada di titik paling rendah ( keadaan yang tidak bagus ).

Grafik pada tanggal 23 bulan Oktober 2009:
Siklus fisik, siklus Emosi dan siklus Intelektuil secara bersamaa berada di titik paling tinggi ( keadaan yang bagus )

Kalau kita perhatikan dalam tiap bulan sepanjang tahun, ketiga siklus tadi akan naik dan akan turun setiap bulannya. Jadi setiap bulan kondisi Fisik, Emosi dan Intelektuil kita selalu berubah-ubah. Kalau sedang berada di titik paling rendah kita mesti waspada.

Dengan melihat Grafik Siklus Bioritmik tiap-tiap orang dalam setiap bulan, dapat dilihat bahwa kadang status Fisik, Emosi dan Inteltuil seseorang ada diatas dan kadang ada di bawah.

---

Grafik ini dapat menjelaskan mengapa pada tanggal tertentu kondisi seseorang tidak baik dan pada waktu lain menunjukkan keadaan yang baik.

4 komentar:

  1. Anonim9:50 PM

    Salam sehat. Akhirnya tanpa sengaja saya menemukan apa yang saya cari selama ini untuk menjelaskan kepada banyak orang bahwa kondisi tubuh manusia akan mengalami pasang surut, maka agar tidak terlalu tajam kurva penurunannya diperlukan latihan yg meliputi fisik, mental dan intelektual. Dulu tahun 1977 program tsb sudah pernah saya gunakan untuk mencari petanding yang siap diterjunkan dalam pertandingan (memenuhi syarat : kondisinya sangat puncak -fisik dan intelktual sedangkan emosinya rendah) sehingga akan mudah dikontrol oleh coach. Terima kasih saya ucapkan kepada Pakm Basuki Pramana yg telah memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Kepada para pembaca blog apabila ingin tetap memiliki kondisi prima telah kami kembangkan sebuah senam yg mencakup Intelektual,mental, fisik dan spiritual dan bisa dilakukan pengukuran karena akan berdampak kepada kinerja otak namanya BEST (Brain Ergonomic Spiritual technique). Sampai jumpa dilain kesempatan.

    BalasHapus
  2. To Anonim,

    Terima kasih sudah berkunjung dan memberikan pendapat.
    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Anonim12:52 AM

    saya edi, saya merasakan bad day paling menyebalkan antara juni-juli. apakah ada cara tertentu dalam menghadapi bad day? trmkasih

    BalasHapus
  4. To Edi,
    Dalam menghadapi bad day yang setiap orang akan mengalaminya, maka saran saya demikian.

    Tingkatkanlah kewaspadaan, misalnya: ekstra berhati-hati dalam berkendaraan, lebih bersikap sabar, janganlah pergi ke luar kota bila tidak penting sekali, ekstra hati-hati dalam melakukan transaksi perdagangan, sediakan waktu yang cukup utk istirahat/tidur, konsumsilah makanan yg bergizi tinggi, segeralah berobat bila anda sakit dan berdoalah kepada Tuhan mohon diberikan perlindungan dan berkat dari padaNya.

    Bila sudah terbiasa hidup demikian, maka lakukanlah sepanjang tahun, tidak hanya saat dalam bad day saya ( Juni, Juli ).

    Demikian, semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan anda dan keluarga. Amin.-

    BalasHapus