Rabu, Juni 09, 2010

Ingin punya anak


Keinginan orang beraneka ragam, terutama keinginan mempunyai anak.

Ada pasangan suami-istri ( pasutri ) yang  belum punya anak meskipun sudah bertahun-tahun menikah. Ada pasutri yang baru 2 bulan menikah, istrinya sudah tidak datang bulan ( Haid ) dan test kehamilan urinenya Positip ( hamil ). Bahkan ada pasangan yang belum menikahpun, sang wanitanya sudah hamil.

Hamil bermula dari tidak datangnya Haid. Haid yang selama ini teratur datang, suatu saat Haid tidak datang lagi. Haid bagi kaum wanita  termasuk unik. Kalau tidak datang, diharapkan datang. Kalau datang, diomelin karena mengganggu aktifitas hariannya.

---

Bapak dan Ibu K datang berobat. Pak K, 35 tahun mengeluh Flu sejak 2 hari yang lalau dan isterinya Ibu P, 30 tahun mengeluh perutnya mual sejak 3 hari. Pasutri ini sudah menikah selama 4 tahun, tetapi belum mempunyai keturunan.

Setelah menerima Resep obat yang saya buat, pasutri ini curhat kepada saya.

Pak K berkata “Dok, kami ingin punya keturunan. Bagaimana caranya agar kami mempunyainya?”
Pertanyaan ini mudah tetapi sulit untuk menjawabnya. Ingin punya anak kok masih ditanyakan lagi bagaimana caranya.

Saya menjawab “Pak K, apakah Bapak dan Ibu sudah memeriksakan kepada Dokter Ahlinya?”

Pak menjawab “Belum.”

Saya berkata lagi “Lantas kapan ? Dalam Ilmu Kebidanan, bila pasangan suami-istri bila sudah menkah selama 1 tahun dan masih belum hamil, maka pasangan ini wajib memeriksakan diri kepada Dokter Ahli. Jangan menunggu lebih lama lagi.”

Pak K menjawab “Kami tidak mengerti sih.”

Saya beranya baik “Apakah Bapak dan Ibu ingin punya keturunan?”

Wajah Bapak dan Ibu P ini  tampak lebih cerah, seolah dalam sekejap saya dapat menjadikan Ibu P hamil dan punya anak.

“Begini, Bapak harus melakukan  pemeriksaan Analisa sperma. Kalau hasilnya normal, maka selanjutnya isteri Bapak yang diperiksa oleh Dokter Ahli Kebidanan.Bila ada kelainan pada Organ Reproduksinya maka beliau akan mengobati isteri Bapak. Semoga Bapak dan Ibu segera mempunyai keturunan.” Saya menjelaskan kepada Pak K.

Saya membuatkan Surat untuk pemeriksaan Analisa sperma Pak K di Laboratorium Klinik terdekat.

---

“Enggak ada orang yang beruntung. Yang ada adalah orang yang siap ketika kesempatan datang.”  ( Hermawan Sutanto, Senior Marketing Manager, Microsoft Corp, Redmond, USA )

4 komentar:

  1. salam kenal dok, saya juga dulu pernah dapat pasien seperti ini, hanya saja sedikit berbeda. dikarenakan suami sibuk kerja sebagai supir yg harus keluar kota, sehingga secara continue mereka menjadwalkan berhubungan setelah haid (kalo tidak salah satu minggu setelah sang istri haid)dan sudah berjalan selama 1,5 tahun. Saya coba anjurkan menggunakan sistem kalender dan alhamdullilah 4 bulan berikutnya sang istri positif dan sekarang sudah lahiran anak laki2.
    sukses selalu dok

    BalasHapus
  2. To TS|Elia,

    Makasih sudah berkunjung dan memberi sharing.
    Memang benar, kadang tidak mudah mempunyai keturunan tetapi juga begitu mudah mendapat keturunan. Terpulang kepada kondisi masing-masing pasangan.

    Salam sukses.

    BalasHapus
  3. saya sudah 2 setengah tahun menikah,
    dan blm punya anak :(
    saya sudah pernah mencoba berhub intim di masa subur
    tapi sampai sekarang blm ada hasil :(
    sebelum menikah saya pernah berhubungan intim juga,
    tapi selalu mencegah terjadinya kehamilan
    saya juga penyuka kucing sejak lama
    hiksss...apa saya mandul ?????

    BalasHapus
  4. To Nally,
    Saat ini umur anda dan suami anda berapa?

    Kucing sering menyebabkan penyakit Toxoplasmosis yang dikaibatkan oleh sejenis Parasit yang bernama Toxoplasma gondii.

    Pada wanita yang hamil, parasit ini dapat membahayakan Janin yang dikandungnya.

    Daoat hamil atau tidak tergantung dari pihak Isteri dan pihak suami. Bila salah satu pihak atau dua-duanya ada gangguan ksuburan, maka kehamilan tidak dapat terjadi.

    Silahkan aanda memeriksakan diri kpd Dr. Ahli kebidanan da penyakit kandungan dan suami anda kepada Dr Androlog ( Ahli Kesuburan Pria ) terdekat.

    Dalam waktu 1 tahun bila suatu pasangan masih belum hamil hara segera bertindak dg memeriksakan diri masing-masing kpd Ahlinya.

    Salam.

    BalasHapus