Sabtu, Februari 05, 2011

Sakit Kuning



Seminggu yang lalu datang berobat Pak S, 60 tahun.
Pak S adalah pasien isteri saya. Saat itu isteri saya  sedang ke luar kota untuk menengok salah satu familinya yang sedang dirawat di salah satu RS di Kota Bandung.

Pak S diantar isterinya datang membawa hasil pemerikaan darah dari sebuah Laboratorium Klinik.

Fisik Pak S,  wajah pucat, lemah, perut buncit, mata kuning, Tekanan darah dalam batas normal. Yang mengejutkan adalah hasil pemeriksaan darahnya.
Warna Urine: merah kecoklatan ( abnormal ), Bilirubin: +++ ( abnormal ), Albumin : 3+ ( abnormal, ada kebocoran di Ginjal ).
Bilirubin Darah: 6+ ( abnormal  tinggi ), Liver Functon Test: semua abnormal.

Pasien ini mengalami gangguan fungsi Hati dan fungsi Ginjal, suatu penyakit yang berat.
Sedangkan Pak S hanyalah seorang karyawan biasa yang bekerja di sebuah keluarga.

Saya menyarankan agar Pak S sebaiknya di rawat di RS.
Pak S dan isterinya menolak dan meminta agar diberi resep saja, karena mereka tidak mempunyai dana. Sebagai karyawan mereka akan minta bantuan majikannya untuk membeli obat.

Saya memotivasi mereka  untuk mencari bantuan dana  ( majikan dan keluarga untuk  membiayai pengobata di RS atau mengusahakan Jamkesmas ). Tanpa perawatan yang intensfif, kesehatan Pak S akan makin memburuk.

Akhirnya saya memberikan resep kapsul Liver protector dan Surat Rujuan / Pengantar ke RS Umum di Arjawinangun, Kab. Cirebon ( lokasi yang lebih dekat dengan tempat tinggal mereka ).

Saya prihatin akan kesehatan Pak S ini dan masih banyak Pak S Pak S lain yang membutuhkan dana untuk penyembuhan penyakit yang mereka derita.

Seperti sebuah lingkaran setan yang saling mempengaruhi. Saat penyakit masih dini, tidak dapat berobat dengan tuntas, karena  ketiadaan dana. Penyakit makin parah dan akhirnya membutuhkan dana makin besar untuk biaya pengobatan yang sering kali tidak dapat terbayarkan.

Pelayanan kesehatan di negara kita mesti lebih ditingkatkan lagi agar dapat menjangkau masyarakat yang lemah ekonominya. Kapankah hal ini akan terlaksana dengan baik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar