Kamis, Februari 21, 2013

Hipertensi (02)


Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, cukup banyak diderita oleh pasien yang datang berobat.

Sering kali Hipertensi bersifat genetik ( keturunan ) bila orang tuanya ada yang menderita Hipertensi maka keturunannyapun akan menderita penyakit yang sama. Pada orang yang kelebihan berat badan pun sering kali menderita Hipertensi. Waktu usiapun turut berpengaruh, pada usia lanjut, diatas 60 tahun sering kali penyakit ini muncul. Pembuluh darah yang mengalami aterosklerosis, penebalan dinding pembuluh darah akibat penumpukan Kolesterol, membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan tekanan darah menjadi lebih tinggi. Penyakit Kencing manis ( Diabetes mellitus ) yang merupakan penyakit gangguan metabolik sering disertai Hipertensi. Kadar Lemak darah ( Kolesterol, Trigliserife ) yang meninggipun sering kali disertai Hipertensi. Jadi bila ada pasien yang menderita Hipertensi, sebaiknya diperiksa kadar Gula darah, kadar Lemak darah ( Kolesterol, Trigliseride, HDL dan LDL ).

Selain itu juga faktor Stres sering kali turut berperan dalam penyakit Hipertensi ini. Bila seseorang mengalami Stres misalnya dipecat dari pekerjaan, kehilangan salah satu anggota keluarganya, dan lain-lain.
---
Kemarin sore datang berobat seorang pasien, Ibu S yang datang diantar oleh seorang abang Becak. Saat ditanya berapa umurnya, Ibu S tidak dapat memberikan jawaban yang pasti. Ia lupa atau tidak tahu berapa umurnya sendiri. Ia mengatakan umurnmya 60 tahun lebih. Badannya gemul sekali, over weight, 85 Kg. Ia tidak tahu apakah kedua orang tuanya yang sudah meninggal dunia ada menderita penyakit Hipertensi, Kencing manis dan lain-lain.

Ibu S mengeluh kepalanya sering berputar-putar ( vertigo ) dan sulit tidur ( Insomnia ).

Pada pemeriksaan fisik, tekanan darahnya tinggi: 220/100 mmHg. Denyut Jantung: 90/ menit ( tachycardia ). Bunyi Jantung dan paru-paru: tampak normal, tidak ada edema ( bengkak ) pada tungkai bawah.
Ibu S menderita Hipertensi dan Vertigo.

Sebenarnya saya ingin mengetahui lebih lanjut adakah ia juga menderita Kencing manis, Hiperlipidaemia ( peninggian kadar Lemak darah ), tetapi karena Ibu S ini pekerjaannya adalah pembantu Rumah Tangga, maka saya batalkan rencana untuk melakukan pemerikaan Laboratorium, mengingat pemeriksaan ini membutuhkan biaya yang lumayan besarnya.
Saya memberikan resep obat generik: tablet anti hipertensi ( golongan Betabloker ), tablet antivertigo dan tablet Minor tranquilizer ( penenang ) agar mudah tidur.

Saat Ibu S meninggalkan Ruang periksa, saya berkata agar seminggu kemudian datang untuk kontrol tekanan darah lagi. Semoga ia mau datang untuk diperiksa tekanan darahnya kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar