Minggu, September 21, 2014

NYERI LUTUT




Kemarin sore datang berobat Ibu S, 70 tahun, dengan diantar oleh suaminya Pak K, 70 tahun juga. Keluhan Ibu S ini nyeri dengkul ( lutut ) sejak 3 bulan yang lalu.

Pasa pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah: 130/80 mmHg, lain-lain: dalam batas normal. Lutut Ibu S ini terasa nyeri bila digerakkan, sehingga ia tidak bisa sujud saat melakukan sholat ( bersembahyang ). Saat sholat ia dalam posisi duduk. Kedua lutut Ibu S ini terasa nyeri bila digerakkan. Ibu S mengalami nyeri sendi ( artralgia ) pada kedua lututnya.

Saat ini Ibu S sudah berusia 70 tahun ( lansia ) dan ia mengalami keropos tulang ( osteoporosis ). Keluhan pasien-pasien yang datang berobat pada usia tersebut yang paling sering dijumpai adalah nyeri lutut ( artralgia ).

Saat saya menganjurkan untuk dibuat Foto Rontgen pada kedua lututnya , Ibu S ini menolak dengan alasan biaya dan minta diberikan resep saja. Dari Foto lutut dengan projeksi Depan belakang dan dari Samping dapat diketahui kelainan apa yang terdapat pada kedua lutut pasien. Saya menduga terdapat Osteoarthrosis ( OA ) pada pasien saya ini.

Untuk pasien ini saya menuliskan resep obat OAINS ( Obat Anti Inflamasi Non Steroid ) dan tablet Multivitamin-multimineral. Sebenarnya Ibu S ini pernah berobat kepada dokter-dokter lain untuk keluhan nyeri lutut ini. Memang OA ini berlangsung menahun dan perlu diobati untuk jangka lama.


2 komentar:

  1. Selamat malam dokter.. maaf mengganggu.. sy umur 34thn, mengalami sakit lutut sebelah kiri sudah sethn. Pertama sy pikir cedera krn olahraga, jd sy usapkan counterpain tp tdk sembuh. Kalau jongkok, lari dan angkat berat tidak sakit, tetapi kalau ditekan2 terasa sakit. Sy pikir arthritis jd sy konsumsi suplemen glukosamin tp jg msh sakit. Terus bbrp hr lalu sy cek calsium total di lab, hasilnya 9.3 mg/dl. Jd sebenarnya sakit di lutut sy krn apa ya dok? Apakah ada efek samping konsumsi suplemen glukosamin lg, krn sy tiap pagi minum susu hilo yg sdh ada glukosaminnya. Benarkah sering lari menyebabkan lutut kopong? Thanks ya dok sebelumnya..

    BalasHapus
  2. To Lidya Novita,

    Anda seorang wanita, 34 th, mengalami sakit lutut kiri sejak 1 tahun ( sudah lama ya ). Kalau ditekan-tekan terasa sakit.

    Apakah anda sudah berobat ke dokter terdekat?

    Sebaiknya lutut anda dibuat Foto Rontgen, dengan projeksi arah: depan-belakang dan dari samping. Datanglah ke Klinik Rontgen terdekat dan minta dibuatkan Foto lutut anda tsb.

    Nanti dari hasil laporan Dokter Ahli Radiologi anda baca Kesan:...nya bagaimana? Adakah ditulis Osteoarthritis atau kelainan yg lain. Bila anda bingung, datanglah ke Dokter umum terdekat dengan membawa hasil Foto lutut anda.

    Dari Foto tsb nanti akan terlihat kelainan apa yg terjadi? Bila ruang sendi lutut anda menyempit kemungkinan anda menderita Osteoarthritis ( OA ). Biasanya ini terjadi pada usia 50 th keatas. Sering pasien yang beragama Islam, sulit melakukan sujud saat ia sholat ( sembahyang ) dan ia terpaksa sholat sambil duduk.

    Pemberian Glukosamin ( yg diminum atau yg dioleskan ) masih kontroversi. Sebagian ahli berpendapat ada gunanya dan sebagian ahli mengatakan tidak ada gunanya. Anda minum susu Hilo yg mengandung glukosamine toh tidak menyembuhkan juga.

    Lari pagi atau sore pada orang yang sehat dan masih muda bagus untuk kesehatan Jantung, Paru2 dan fisik. Bagi yg sudah ada gangguan nyeri lutut sebaiknya jangan lari2 dan naik tangga ( pakai ban berjalan / eskalator saja ). Lari2 tidak menyebabkan lutut kopong ( istilah umum saja ).

    Untuk mengurangi nyeri lutut anda cobalah minum tablet Meloxicam 15 mg ( generik, yg dapat dibeli di Apotik tanpa resep dokter ), sesudah makan. Dosisnya 1 tablet/ hari. Coba minum selama 10 hari. Adakah mengurangi rasa nyeri tsb?

    Semoga bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus