Minggu, Desember 21, 2014

Belitung Tour (01)


Tanggal 16 – 18 Desember 2014 saya, isteri saya dan putri kami mengikuti Belitung Tour ( www.belitungvacation.com ) selama 3D2N ( 3 hari 2 malam ). Biaya Rp. 3.000.000,-/orang. Biaya 10 % ditransfer ke rekening BCA a/n Afandi, selaku owner Belitung Tour ini, HP. 081929508893, 082177090012. Sisanya dibayar setelah kami tiba di Tanjung Pandan, Belitung Barat. Biaya ini sudah termasuk tiket pesawat Sriwijaya Air, Jakarta – Tanjung Pandan - Jakarta, jemput antar dari dan ke Bandara HAS Hananjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung, dengan minibus Toyota Avanza, No. Pol: BN-2506 LS, bermalam di Hotel Beliton ( 3* ) 1 kamar dengan extrabed, makan siang dan malam, biaya naik perahu motor ke pulau-pulau yang akan dikunjungi, biaya masuk ke objek pariwisata. Biaya tidak termasuk tip untuk Tour guide ( Sdr Egi, 22 tahun ) yang merangkap jadi Supir.

16 Desember 2014,
1 jam sebelum pesawat Sriwijaya Air take off, kami sudah tiba di Bandara Sukarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. Pukul 08.35 pesawat Sriwijaya AIR SJ-056, Boeing 373 tipe 300, dengan penumpang penuh mulai lepas landas. Lama penerbangan Jakrta – Tanjung Pandan sekitar 1 jam dan selama penerbangan para penumpang mendapat jatah sebuah Roti isi selai dan 1 cup air mineral. 3 orang Pramugari yang bertugas cukup ramah. Pesawat landing di Bandara HAS Hananjoeddin pukul 09.35. Bandara ini tidak terlalu besar dengan fasilitas yang cukup memadai.

Setelah mengambil 2 koper pakaian yang kami masukkan ke bagasi pesawat, kami keluar Bandara. Di pintu Bandara ada seorang pria yang memegang sehelai kertas dengan tulisan Basuki, nama saya. Pria ini masih muda ternyata ia yang akan menjemputkan dan menjadi tour guide selama kami mengikuti Belitung Tour. Ia menyapa kami dengan ramah dan memperkenalkan diri. Kami memasuki mobil minibus Toyota Avanza, warna hitam. Kami menuju Hotel Beliton yang terletak ditengah kota Tanjung Pandan. Hotel ini cukup bersih dan mempunyai kolam renang di disebelah ruang makan hotel. Kami melakukan check in dan kami memasuki kamar no 116 dilantai 1.


Setelah menyimpan koper di kamar, kami diantar oleh Sdr Egi menuju Pantai Laskar Pelangi. Tiba disini pukul 11.45. Di pantai ini ada banyak batu-batu yang berukuran besar di tepi pantai. Kami mengambil foto-foto untuk kenang-kenangan. Pantai ini dinamai Pantai Laskar Pelangi sebab beberapa tahun yang lalu disini dilakukan shooting Film Laskar Pelanginya Pak Andrea Hirata yang juga membuat buku Novel Laskar Pelangi yang merupakan best seller. Novel ini sudah diterjemahkan kebeberapa bahasa asing dan menjadi novel yang laris.


Di sekitar Pulau Belitung ada banyak pulau-pulau kecil. Selanjutnya kami menuju Pantai Tanjung Ketinggi dengan pasir warna putihnya. Waktu makan siang tiba. Kami menunggu hidangan disebuah bangunan kayu yang sederhana. Kami menikmati hidangan berupa Nasi putih, Sop Gangan laut yang berisi ikan Karab, ikan bakar dan udang bakar dengan sambal khas Belitung. Kami menikmati makan siang kami dengan lahap. Disini juga tersedia toilet dan kran air untuk cuci tangan.


Setelah makan siang kami bergerak menuju ke Pantai yang lain yaitu Pantai Tanjung Ketayang. Dihalaman pantai ada sebuah lapangan yang berlantai semen dan ada bangunan yang menyangga tulisan warna merah “WELLCOM TO BELITONG”. Pantai ini berpasir putih bersih, angin berhembus sepoi-sepoi. Kami sempat membuat beberapa foto.

Kami menuju pantai lain yaitu Pantai Bukit Berahu pada pukul 14.00. Disini kami disuguhi Pisang Goreng yang manis dan Teh Hangat. Nikmat rasanya. Di rumah makan pantai ini terletak diatas sebuah bukit dan ada sebuah kolam renang dengan warna air yang biru. Di bagian bawah rumah makan terdapat 5 buah cottage, bangunan di tepi pantai yang terbuat dari kayu dan memiliki sebuah kamar tidur yang dapat disewa. Dari pintu depan cottage ini pemandangan langsung menuju laut dengan ombak yang tenang. Kami sempat berfoto di depan salah satu cottage ini.

Kemudian kami menuju pantai lain yaitu Pantai Tanjung Pendam. Tidak jauh dari pantai kami melihat ada sebuah perahu yang sedang diperbaiki. Pasir disini pun berwarna putih bersih.

Pukul 16.30 kami diantar ke hotel Beliton untuk mandi dan melepas lelah.

Pukul 19.00 kami dijemput oleh Sdr Egi untuk makan malam disebuah Rumah Makan. Selesai makan malam, kami diantar berkeliling kota Tanjung Pandan.
Pukul 21.30 kami kembali ke hotel untuk beristirahat.

2 komentar:

  1. Wah saya belum pernah ke Belitung. Pati asyik di sana

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Tour kami pada bulan Desember, sedang musim hujan sehingga kunjungan kami ke tempat-tempat rekreasi agak terganggu. Kalau musim kemarau lebih enak.

    Kunjungan kami hanya 3 hari sehingga tidak sempat mengunjungi semua objek pariwisata disana, tapi lumayan lah. Kapan anda berkunjung ke Belitung?

    Salam.

    BalasHapus