Kamis, Juli 16, 2009

Khasiat Kamper


Tikus, hewan yang menjengkelkan.

Kehadiran Tikus sangat menjengkelkan, juga bagi saya. Akibat ulah Tikus, mobil saya nyaris mogok. Triknya sederhana dan sangat berguna, seperti kisah saya di bawah ini.

---

Seperti biasa setiap 6 bulan sekali sakali melakukan Tune up mobil milik keluarga kami satu-satu nya saat ini, sebuah Minibus Panther tahun 1997, yang kami beli pada tahun 1998. Mobil kami jarang rewel. Sejak kami beli sudah 3 kali ganti pelat kopling. Saat itu harga Solar lebih murah dari pada Bensin sehingga harga BBM nya lebih murah. Akhirnya harga Solar sama dengan harga Bensin. Meskipun harga Solar sama dengan harga Bensin, tetapi jarak tempuh mobil yang berbahan Solar lebih jauh. Dengan perkataan lain lebih ringan biaya bahan bakarnya.

Minggu yang lalu saya membawa Panther kami ke Bengkel mobil langganan kami. Tidak ada masalah hanya ingin ganti Oli mesin, versneiling dan gardan yang sudah waktunya ganti oli. Mumung masuk bengkel, saya minta agar Montir saya untuk memeriksa bgaian mesin untuk bersihan saringan udara.

Setelah sang Montir memeriksa semua bagian mesin, Pak Jupri ( bukan nama sebenarnya ) berkata “ Pak, ada 1 Fan belt ( tali kipas ) yang hampir putus, lebih baik diganti saja ya”

Saya membayangkan bagaimana kalau Fan belt itu putus di dalam perjalanan keluar kota? Bisa berabe, sangat merepotkan dan menghabiskan banyak biaya.

Saya berkomentar “O ya? Bagaimana bisa terjadi begitu, Pak?”

Pak Jupri menjawab “ Fan belt ini rusak dengan goresan tidak teratur, biasanya ini akibat gigitan Tikus, pak!”

“Ah, lagi-lagi perbuatan Tikus!, Iya sudah ganti saja dengan yang baru, Pak.” jawab saya.

Ketika Pak Jupri mengganti Fan belt itu, saya bertanya “Bagaimana caranya agar Tikus tidak masuk ke ruang mesin dan menggigit Fanbelt atau onderdil lainnya?”

Pak Jupri menjawab “Gampang, Pak. Simpan saja sebuah kaleng kecil yang diberi lubang dengan Paku dan simpan di dalam kaleng itu beberapa butir Kamper pakaian ( kamper barus ). Lalu letakkan kaleng itu dalam ruang mesin, ikat dengan tali kawat di bagian yang dekat dengan Fan belt.”

“Pak Jupri, terima kasih atas sarannya” kata saya gembira.

Setiba di rumah saya lalukan trik Pak Jupri. Saya siapkan 2 buah kaleng kecil bekas permen yang diberi lubang-lubang kecil, diisi beberapa butir Kamper dan kaleng bertuah ini disimpan dalam ruang mesin minibus kami. Beberapa minggu kemudian diperiksa, bila Kamper sudah mengecil akibat menguap, saya beri lagi Kamper yang baru dengan harga yang sangat murah. Sampai sekarang Fan belt minibus kami aman dari gigitan Tikus. Trik Pak Jupri memang ampuh, saya berterima kasih kepadanya.

Lalu saya pikir ada baiknya saya meletakkan beberapa butir Kamper di belakang Kulkas, di bawah Kompor dan lain-lain tempat yang sering dilewati oleh Tikus, agar Tikus menjauh.
Saya pernah membaca ada sebuah iklan di sebuah Koran tentang sebuah alat elektronik yang mengeluarkan gelombang suara tertentu yang akan mengusir Tikus. Harganya cukup mahal sekitar Rp. 250.000,- saja. Dengan kaleng ajaib Pak Jupri yang harganya jauh lebih murah, rasanya Tikus juga akan menjauh.

Anda dapat memakai Trik Pak Jupri ini. Selamat mencoba.

---

Kutipan:

Kesalahan terbesar dalam hidup yang bisa Anda lakukan adalah terus menerus merasa takut bahwa Anda akan melakukan kesalahan. ( Elbert Hubbard ).




8 komentar:

  1. Saya pernah dok ada pengalaman serupa. Di mobil yang disimpan lama di garasi dipakai jadi sarang tikus, akhirnya dikasih kamper di ruang mesin sampai bagasi. Tapi dok tikus sekarang sakti, malah kampernya dimakanin, dan malah ruang kabin mobil jadi bau kamper, hahaha. tikus oh tikus.

    BalasHapus
  2. To Mulibog,

    he..he.. Tikus itu sakti ya.
    Cara lain utk basmi tikus adalah dg beri makanan yang dicampur dg Racun, misalnya serbuk Fosfit ( di kota kami di jual di toko besi dg harga yg murah ). Tikus akan mati dan tidak bau sebab mayatnya kering.

    Kalau Tikus itu mengerti bahwa dlm makanan itu ada racunnya shg tidak mau dimakan juga, maka cara lain yaitu: pelihara Kucing atau Anjing.

    Semoga Kucing / Anjing itu tidak berteman dg Tikus yang ada dlm rumah / garasi kita. Amin.

    Tapi repotnya kalau Anjing itu jantan, maka ban-ban mobil kita akan bau amoniak yang aduhai baunya, sebab ia suka pipis di ban-ban mobil. Maka pelihara anjing betina saja yg tidak mempunyai hobi pipis disembarang tempat, spt yg jantan.

    BalasHapus
  3. Anonim10:44 PM

    Tikus oh tikus.Di daerah saya juga jadi sarang tikus dan sudah banyak cara yang sudah dilakukan tapi ikus itu memang binatang yang cerdas. Contohnya, di rumah saya pasang jebakan tikus (baik yang kurung -ketangkap tapi gak mati- ato jepretan _langsung mati ditempat-) semuanya kalau sudah pernah teman nya ketangkap disana besok nya biar dipasang dengan umpan ikan yang enak (menurut tikus) tapi gak disentuh sama sekali. Benar2 binatang yang cerdas persis dengan gambaran penjahat yang sering nilep uang negara :D.

    BalasHapus
  4. To Sgharjono,

    Ada trik lain yg berguna.
    Kalau mau beri umpan tikus dalam kurungan atau jeoretan tikus, umpan jangan tersentuh dengan tangan kitaa, konon Tikus penciumannya cukup tajam, kalau ada bau manusia umpan itu tidak mau dimakan. Tangan kita mesti dilindungi dg kantong plastik.

    Semoga berguna.

    BalasHapus
  5. Anonim2:52 PM

    Percaya ato tidak....kalo mo ada rencana kasih perangkap buat tikus jangan diobrolkan/diomongin ke orang yang didalam rumah, pake kode2 aja ngasi taunya. Trus nangkap tikusnya, perangkapnya harus ganti2. Mis: hari ini pake racun tikus, besok lusa ganti dengan perangkap jepret. Trus ganti lagi dgn yg lain. (ato balik lagi pake racun tikus)... Pokonya harus ganti2, jangan itu2 aja. Kan tikus ini binatang 'pintar'....hehehe

    BalasHapus
  6. O..ya terima kasih Triknya dan sudah berkunjung. Salam.

    BalasHapus
  7. permisi bapak basuki pramana, dimana saya bisa mendapatkan kamper ini dengan harga grosiran? niatnya untuk di olah kembali menjadi suatu kosmetik, trims sebelumnya

    BalasHapus
  8. To Agung As,

    Saya tidak dapat menjawab pertanyaan anda. Kalau anda mau berbisnis kamper anda dapat bertanya kepada penjual kamper di pasar tradisionil. Mereka pasti bisa memberi tahu dimana bisa membeli Kamper dengan harga murah.

    Salam.

    BalasHapus