Kamis, Juli 15, 2010

Pasien tidak datang kembali


4 hari yang lalu datang berobat pak F, 59 th. Keluhannya tadi padi ( beberapa jam yang lalu ) ia merasa mulutnya miring ke kanan dan kepala sebelah kiri agak nyeri. Selama ini Pak F merasa tubuhnya baik-baik saja. Ia seorang Pedagang yang berjualan di sebuah Pasar Tradisionil. Ia datang ke tempat partik saya dengan naik Sepeda.

Pada pemeriksaan, saya menemukan: tekanan darahnya: 140/80 mmHg, anggota gerak normal, Jantung, Paru-paru: normal. Ketika diminta untuk menjulurkan lidah, lidahnya  sedikit miring ke kanan ( beerapa jam yang lalu Pak F melihat di depan cermin bahwa mulutnya jelas miring ke kanan ).

Saya  merasa ia terserang Stoke tahap awal. Untuk dikonsulkan kepada Dokter Ahli Syaraf, ia menolak karena biaya.

Saya memberi advis untuk melakukan pemeriksan darah terhadap Lemak darah ( Koesterol, Trigeliseride, HDL dan LDL ) dan Glukose darah. Pak F setuju saya memberikan Surat Pengantar ke sebuah Laboratorium Klinik terdekat.

Pengobatan sementara, saya memberikan resep tablet anti nyeri dan tablet asprin dosis rendah. Setelah hasil darah datang, saya akan memberikan tambahan obat. Pak F setuju rencana tsb dan kemudian ia meninggalkan tempat praktik saya.

3 hari saya menunggu hasil pemeriksaan darah Pak F, tetapi sampai saat ini tidak kunjung tiba. Saya tidak tahu bagaimana perkembangan kesehatan pak F karena saya tidak dapat memeriksanya kembali setelah diberi Surat Pengantar Pemeriksaan darahnya.

Kemungkinannya adalah:
  1. Pasien merasa “baikan” dengan resep obat yang diberikan
  2. Pasien  tidak punya biaya untuk pemeriksaan darahnya
  3. Pasien pindah ke dokter lain.

Kesimpulannya:
Menghadapi pasien yang demikian sungguh sulit memberikan terapi terbaik, mengingat perlu pemeriksaan Penunjang ( Darah dll ) dan kalau perlu merujuk kepada Dokter Ahlinya.

Semoga Pak F benar sembuh dari sakitnya. Amin.

---



Tanda dan gejala stroke.
Yang paling umum tanda dan gejala Stroke memiliki meliputi:

• sakit kepala hebat
• kebingungan, merasa goyah atau kehilangan koordinasi
• slurring kata atau mengalami kesulitan memahami apa yang dikatakan orang
• tiba-tiba kehilangan visi atau penglihatan kabur
• merasa mati rasa atau lemah (atau yang lumpuh) pada satu sisi tubuh.

The Stroke Association USA merekomendasikan penggunaan  the FAST test  untuk memeriksa apakah seseorang menderita Stroke atau tidak:
  • F - Facial weakness. Dapatkah ia tersenyum? Apakah mulut atau kelopak mata kebawah?Apakah wajah pasien tertarik kesatu isi? 
  • A - Arm weakness. Apakah pasien dapat mengangkat kedua tangannya dan mempertahankannya?
  • S - Speech problems.  Apakah ia dapat mengerti apa yang kita katakan dan dapatkah ia bicara dengan jelas?  
  • T- Time to call 999. Telepon nomer 999, bila anda melihat seseorang memiliki tanda-tanda seperti diatas. ( Kalau dinegara kita maka segeralah pasien dirujuk ke UGD / Unit Gawat Darurat  Rumah Sakit terdekat ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar