Sabtu, Agustus 14, 2010

Jalan santai menyambut 17 Agustus 2010




Mengikuti berita di “Warta Jemaat” gereja kami pada tanggal 14 Agustus 2010, Sabtu akan diadakan acara jalan santai menyambut 17 Agustus 2010. Pendaftaran dibuka bagi anak dan dewasa. Saya ragu-ragu mengikuti acara ini sebab usia  kami sudah tidak termasuk anak dan dewasa lagi,  sudah termasuk Lansia. Jumlah peserta dibatasi sampai 125 orang. Mungkin jatah pembagian Kaos Oblong dan Nasi Kotak tersedia sejumlah itu.

Akhirnya saya turut mendaftar juga via telepon ke Tata Usaha gereja kami. Ibu M  yang menerima telepon saya, membolehkan saya dan isteri mengikuti acara jalan santai ini.

Pada saatnya para peserta memasuki Gedung Yakin untuk menikuti pedaftran ulang dan menerima sebuah T Shirt berlogo gereja kami. Masing-masing peserta memakai  T shirt tsb. Waktu sudah menunjukkan 05.35 pagi untuk  dimulai pemanasan badan dengan mengikuti Senam yang dipimpin oleh seorang Ibu Instruktur mengikuti suara lagu Senam dari sebuah sound system. 15 menit kemudian tubuh kami mulai panas dan berkeringat.

05.50 kami berdoa yang dipimpin oleh Pak S. sebelum  jalan santai.
Tepat pukul 06.00 kami meninggalkan Gedung Yakin dan mulai berjalan santai mengikuti route jalan raya yang sudah biasa kami lakukan setiap tahun bila ada acara jalan santai demikian.

Mekipun sudah dihimbau agar para peserta jalan dengan santai saja, tidak perlu jalan cepat, tetapi masih saja  banyak peserta yang jalan cepat. Entahlah mengapa,  kadang ketentuan selalu dilanggar. Setelah tiba di garis finish, Gedung Yakin toh tetap akan mendapat jatah makanan 1 Nasi Kotak yang berisi Nasi Kuning sebagai sarapan pagi para peserta.

Say adan isteri berjalan dengan santai sambil ngobrol dan bersenda gurau dengan peserta yang kami  sudah lama kenal. Pada saat yang tepat saya mengambil beberapa foto dan minta bantuan seorang relasi untuk mengambil foto kami dengan kamera digital saya. Tanpa terasa kami tiba di garis finish pada pukul 06.45.

Kalau kecepatan jalan kaki 5 Km/jam maka kami sudah berjalan sejauh sekitar 4 Km, selama 45 menit jalan kaki. Mobil Mitsubishi gereja yang dikemudian oleh supir Pak U, yang membawa tim kesehatan, pulang kosong sebab tidak ada perserta jalan santai ini yang sakit selama  mengikuti jalan santai ini. Saya bersyukur tidak ada peserta yang sakit bahkan menjadi sehat sebab sudah ikut olah raga jalan pagi.

Perut sudah lapar minta diisi. Setiba di Gedung Yakin para peserta masing-masing mengambil jatah 1 Nasi Kuning dan 1 Gelas plastik air mineral sebagai sarapan pagi. Pada akhir acara diundi dengan hadiah masing-masing sebuah  bungkusan dan kotak kecil yang di bungkus kertas kado. Sayang kami tidak mengikuti acara pembagaian hadiah ini, sebab hari makin siang dan kami harus kembali pulang ke rumah yang berjarak hanya sekitar 60 meter saja. Kami harus segara mandi dan bersiap menerima pasien masing-masing.

Ah...badan basah oleh keringat dan segar mandi air hangat. Badan terasa segar.
Berbagialah orang yang berbadan sehat sehingga dapat menikmati hidup. Kalau badan sehat, makan dan bekerja juga makin bersemangat. Kalau badan sakit ( apalagi berpenyakit menahun ) maka hidup terasa suram dan tidak bergairah untuk hidup.

Oleh karena itu marilah kita masing-masing menjaga  agar tubuh kita  tetap sehat, antara lain dengan berolah raga secara teratur.

Hup… Satu…Dua…Tiga… tarik nafas……. Dst.

Ah … cape juga nih setelah jalan pagi, tapi badan terasa segar, sesegar air hangat yang menguyur badan saya  ketika mandi.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar