Senin, Juli 28, 2014

Peduli Kasih GKI Pengampon 2014



Setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri di negara kita terjadi arus mudik. Untuk membantu kelancaran arus mudik maka Gereja membentuk Panitia Peka yang pada tahun ini sudah mencapai yang keempat kalinya.

Peka tahun 2014 ini diketuai oleh Bpk. IS. Pelaksanaan PEKA yang semula akan diadakan pada tanggal 22 – 26 Juli 2014 diundurkan menjadi tanggal 23 – 27 Juli 2014. Tanggal 27 Juli 2014 pelayanan hanya setengah hari saja. Tugas pagi mulai pk. 08.00 s/d 14.00 dan tugas sore mulai dari pukul 14.00 s/d 20.00.

Panitia Peka yang terdiri dari beberapa Seksi antara lain: Seksi Usaha, Seksi Perlengkapan, Seksi Kesehatan, Seksi Transportasi, Seksi Konsumsi dan Seksi Dokumentasi. Menjelang hari H Panitia telah mengadakan 4 kali Rapat Panitia Peka bertempat di Ruang Serba Guna GKI Pengampon pada sore sampai malam hari.

Ada banyak Donatur yang membantu Panitia dalam pelayanan ini antara lain berupa tempat di halaman SPBU Pangenan, 15 Km dari kota Cirebon ke arah Tegal, mobil boks, makanan dan minuman, air mineral, peralatan kompor, gas Elpiji dll. Kami berterima kasih sekali kepada para Donatur yang memberikan banyak bantuan materi dan moril kepada kami.

Panitia juga dibantu oleh banyak relawan dalam pelayanan ini. Mereka bekerja tanpa pamrih dan dikerjakan dengan rasa gembira dan penuh suka cita untuk membantu para pemudik yang melewati lokasi Pos Peka 2014 ini.

Para pemudik yang berdatangan ke tempat Pos Peka ini merasa tertolong mendapat pelayanan dari Panitia Peka ini. Semua pelayanan diberikan secara gratis. Fasilitas yang tersedia berupa: SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan roda dua dan roda empat, halaman parkir yang luas, toilet, tempat sembahyang, dan tempat istirahat/tidur.

Dalam perjalanan darat yang melelahkan ini para pemudik dapat beristirahat sambil menimati makanan dan minuman yang disediakan oleh Panitia. Makanan bisa pilih: Nasi bungkus dengan lauk pauk sederhana, Mie instan rebus dengan bermacam merk. Minuman bisa memilih yang panas (kopi, kopi susu) atau yang dingin: orange juice, ale-ale, aqua gelas dll.

Sambil menikmati makanan dan minuman gratis, para pemudik juga dihibur musik dengan lagu-lagu dangdut dan lagu-lagu pop yang dimainkan oleh beberapa anggota Panitia seperti Bapak dan Ibu H. Musik ini diiringi juga dengan gerakan-gerakan menari beberapa orang panitia dan para relawan yang diselingi gelak tertawa yang hadir di tenda Peka ini. Para pemudik merasa sangat terhibur oleh pelayanan kami ini. Kami bersyukur dalam melakukan pelayanan ini.

Penulis yang mendapat tugas pada hari ke 4 (Sabtu pagi) dan ke 5 (Minggu pagi) hari terkahir, berangkat bersama rombongan yang telah berkumpul di halaman GKI Pengampon pada pukul 07.00. Kami berdoa terlebih dahulu memohon agar dalam perjalanan ke tempat tugas dan selama menjalankan tugas, kami mendapat perlindungan. Rombongan naik 3 mobil gereja menuju SPBU tempat dimana kami akan bertugas.

Selama menjalankan tugas kami bekerja diiringi dengan gurauan yang menyegarkan dan diselingi gelak tertawa. Dengan guyonan waktu berjalan terus tanpa terasa.

Saat tengah hari Seksi Konsumsi datang membawakan menu makan siang yang sederhana tapi cukup nikmat untuk dinikmati saat perut mulai keroncongan. Cuaca yang terik disiang hari menyebabkan rasa haus yang dapat diatasi dengan minum minuman dingin yang cukup tersedia dari pihak sponsor yang membantu kegiatan Peka tahun ini.

Keluhan kesehatan para pemudik pada umumnya gangguan mata (kelilipan, mata perih, mata merah) yang segera mendapat obat tetes mata. Ada juga yang mengeluh sakit gigi, perut mual/maag, badan pegel linu, anak batuk. Ada juga pemudik, seorang pemuda yang terjatuh dari sepeda motornya dan mendapat luka robek pada betis kakinya. Pemuda ini segera diantar petugas ke Puskesmas terdekat untuk mendapat jahitan selanjutnya.

Saat para pemudik mulai bersiap untuk melanjutkan perjalanan yang masih jauh, kami mengucapkan: “Selamat jalan dan semoga sampai dengan selamat di tempat tujuan Bapak dan Ibu sekalian”.

Sekitar pukul 13.30 rombongan yang bertugas siang dan malam hari mulai berdatangan untuk menggantikan tugas para petugas pagi hari. Kami naik mobil gereja untuk kembali ke GKI Pengampon, Cirebon.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435H. Mohon maaf lahir batin.”
-----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar