Rabu, Oktober 29, 2008

Hobi memotret

Membawa sebuah Kamera Digital ketika pergi melancong banyak manfaatnya. Ada banyak peristiwa yang dapat kita abadikan. Sering kali peristiwa itu tidak akan terulang kembali. Mengabadikan peristiwa itu akan memberikan kenangan manis bagi kita. Bagi wartawan foto maka sebuah kamera merupakan kebutuhan wajib yang mesti tersedia.

Dengan makin majunya tehnologi fotografi maka kamera analog sudah bergeser menjadi kamera digital. Ada baik dan buruknya masing –masing kamera itu. Saya bersyukur bila harga kamera digital 5 megapixel atau lebih besar semakin terjangkau. Saat ini sebuah telepon genggam juga sudah banyak yang mempunyai fasilitas kamera digital dengan bermacam ukuran megapixel. Tentu saja hasil dari sebuah kamera digital akan jauh lebih baik dari pada hasil sebuah foto yang diambil dengan sebuah telepon genggam yang bersifat multi fungsi. File digital hasil jepretan kamera ini dapat langsung diolah di komputer saya. Setelah itu disatukan menjadi suatu album foto yang di burn ke dalam sekeping CD atau DVD atau dapat dikirimkan melalui sebuah lampiran email kepada orang lain.

Kamera digital Nikon coolpix 7900 dengan kemampuan 7,1 megapixel yang saya beli dengan uang tabungan saya, sudah 7 tahun menemani saya ketika pergi melancong ke beberapa negara atau meliputi kegiatan Organisasi IDI Cabang Kota Cirebon. Ada banyak kenangan manis yang dibuat dengan kamera kesayangan saya ini.

Bila anda sependapat dengan saya maka milikilah sebuah digital kamera yang dapat anda manfaatkan seperti peristiwa khitanan putra tercinta, perayaan pernikahan keluarga, piknik keluarga atrau sekedar iseng mengambil foto seseorang atau sebuah peristiwa disekitar anda.

Ketika kami akan menghadiri Wisuda putri kami yang telah menyelesaikan study S2, Biomediocal Tehnik di UNSW ( University of New South Wales ) Sydney, Australia tanggal 20 April 2007, saya bersama isteri mengunjungi negara Kangguru ini. Suatu pagi saya, isteri dan putri kami keluar Flat yang disewa putri kami bersama teman se Universitas.

Ketika kami berjalan kaki di trotoar, timbul keinginan saya untuk sekedar berfoto bersama isteri. Putri kami diminta mengambil foto berdua kami di pagi hari itu. Tanpa kami sadari lewatlah seorang wanita Australia yang mendekati kami. Kalau kami melihat ada sekelompok orang yang siap untuk di foto maka kami selalu menjauh agar tidak mengganggu foto mereka. Nah.. kali ini wanita itu malah yang mendekati kami untuk ikut berrfoto bersama.

Setelah berdiri disamping kami ia berkata “ May I joint you.?” ( bolehkah saya bergabung ).
Saya menjawab spontan “Sure” ( silahkan ).
Kami berempat tersenyum manis ketika kami bertiga di foto oleh putri kami.
Selesai diambil foto kami, wanita Aussie bercelana pendek itu berkata “Thank you” ( terima kasih ), sambil tersenyum dan melenggang menjauhi kami.
“Welcome”( terima kasih kembali ) jawab saya.
Setelah ia jauh dari pandangan kami, kami bertiga tertawa bebas.
Kok ada ya orang yang mau ikut berfoto dengan kami, padahal kami tidak saling mengenal.

Kalau isteri saya tidak ikut pergi pagi itu dan kami berdua berfoto dengannya, maka panjanglah ceritanya. Bisa berabe nih.
Pagi itu kami mempunyai sebuah pengalaman hidup lagi. Ada manfaat lain dari sebuah digital kamera.-

4 komentar:

  1. Anonim11:06 AM

    Kamera digital memang lebih mudah untuk digunakan.

    Walaupun harganya sudah lebih terjangkau tapi ada satu masalah yang mengganjal.

    jika tdk punya komputer rasanya kurang mantaps! (pake s loh).

    Salam

    BalasHapus
  2. Anonim12:39 PM

    Nikon Coolpix 7 MP sudah berumur 7 tahun ? yang bener saja Pak Dokter... Perasaan tahun 2001 dahulu kamera digital masih dikisaran 2 MP Pak. He.... Semoga saya salah.

    BalasHapus
  3. To: Iyank4, Betul. Saat ini Komputer wajib dimiliki dan dikuasai penggunaannya. Jangan kalah dengan Unyil dan Tukul Arwana. Salam sukses.

    BalasHapus
  4. To: Pande Baik, anda benar. Maaf. Setelah saya cek Nota pembeliannya, itu tgl 19-9-2005, Jadi sudah 3thn belum 7 thn. Yang 7 thn adalah kamera yg lain.

    BalasHapus