Selasa, Mei 12, 2009

DVT ( Deep Vein Thrombosis )


Kemarin saya mendapat kiriman artikel yang menarik dari teman saya. 
Berikut saya lampirkan. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua yang biasa kerja dengan Komputer.

“Banyak duduk di depan komputer, pendek umur”.
  
LOS ANGELES - Penelitian selama 20 tahun di AS memperlihatkan bahwa pria yang lebih banyak duduk di depan komputer, kemungkinan berusia lebih pendek ketimbang yang hobi berolahra-ga. Riset dilakukan untuk mengamati gaya hidup dan pola olaharaga 17 ribu responden yang terdiri dari alumnus University of Harvard. AS. 

Riset memperlihatkan betapa pentingnya olahraga dan olahraga dengan intensitas sedang, seperti joging sekitar 4 km sehari, tak hanya meningkatkan kebugaran, tetapi juga menambah usia. 

Menurut mereka, pria yang rajin olahraga punya harapan hidup lebih tinggi dibanding pria yang gaya hidupnya banyak duduk di depan komputer. Olahraga rutin menghindari efek memperpendek usia gara-gara merokok dan kelebihan berat badan. 

Pria penderita tekanan darah tinggi yang rajin olahraga memiliki tingkat kematian separuh dibanding mereka yang tidak olahraga. Pria yang berjalan kaki sekitar 15 kilometer seminggu atau lebih memiliki tingkat kematian 21 persen lebih rendah dibandingkan pria yang berjalan kaki hanya 4 kilometer seminggu atau kurang. 

Olahraga teratur mencegah kecenderungan penyakit genetis yang menyebabkan kematian. Pria yang satu atau kedua orangtuanya meninggal sebelum usia 65 tahun, tingkat kematiannya berkurang sebanyak 25 persen berkat olahraga teratur. Pria yang sangat aktif, termasuk mereka yang senang olahraga, memiliki harapan hidup yang paling baik. Ini karena kematian gara-gara penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi lebih sedikit.

Riset terbaru di Selandia Baru juga menunjukkan efek buruk bagi karyawan yang lebih banyak berdiam di depam komputer. Riset tersebut menyebutkan karyawan kantor yang berjam-jam bekerja di belakang meja, lebih mudah mengalami gumpalan darah beku yang mematikan, dibanding penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan jarak jauh.

Penelitian yang dilakukan Profesor Richard Beasley dari Lembaga Penelitian Medis di Wellington memperlihatkan sepertiga pasien rumah sakit yang mengalami Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah karyawan kantor yang menghabiskan waktu di depan komputer. 

Sejumlah 34 persen dari 62 sampel yang mengalami gumpalan darah merupakan orang yang dalam jangka waktu lama bekerja dengan duduk di kursi, sedangkan 21 persen penderita lainnya belum lama berselang melakukan perjalanan jarak jauh lewat pesawat. DVT adalah pembentukan gumpalan darah di nadi dalam, paling sering di kaki. 

Gumpalan itu bisa pindah ke jantung, paru-paru atau otak yang menyebabkan rasa sakit dada, sesak nafas atau bahkan kematian akibat serangan jantung atau stroke. Kondisi itu biasa disebut sindrom kelas ekonomi karena penumpang pesawat terbang yang melakukan perjalanan jarak jauh namun tidak leluasa melemaskan anggota badannya merupakan mereka yang paling berisiko. 

Riset ini menjelaskan bahwa gumpalan terjadi pada 10 persen penumpang yang punya resiko tinggi. Beasley mengatakan beberapa karyawan kantor yang mengalami gumpalan, duduk selama 14 jam sehari. Beberapa dari mereka bahkan setiap tiga sampai empat jam tidak beranjak dari kursi, katanya.. Masalah tersebut paling banyak terjadi di industri teknologi informasi serta pusat layanan lewat telepon. 

(Sumber : Harian Terbit, 05 May 2009)


----

Untuk menghindari kelelahan, saya selalu berupaya agar setiap 1 jam, saya berdiri dan berjalan untuk alasan tertentu ( ambil minuman, ke toilet, atau lain alasan agar saya dapat berpindah tepat dari meja Komputer ). Aktifitas ini berguna juga untuk melancarkan aliran darah di panggul dan kaki, selain mencegah DVT, juga tidak memperparah kemungkinan mendapat Wasir ( ambeien ).


2 komentar:

  1. hmmm... peringatan untuk saya nih Dok. :p

    btw, bagaimana kesan pesannya make Nokia E63 ? bagi ceritanya dong. Sudah diinstalasi program tambahan Dok ? coba main ke
    mobile9.com
    untuk free thema, ringtones, wallpaper hingga ke program tambahannya Dok. Tapi musti disesuaikan dulu jenis ponselnya dari form yang disediakan. :p

    BalasHapus
  2. To PanDe Baik:

    Terima kasih atas kunjungan dan perhatian Pande. He..he.. saya bukan orangnya yag suka buat Review Hp.

    Sampai saat ini saya pakai Nokia E63 hanya utk kebutuhan yg standard saja.

    SIM card yg saya pakai tetap Kartu Halo Telkomsel dg nomer yg sudah saya pakai sejak belasan tahun yg lalu dan bila ganti nomer ( operator ) maka para relasi dan pasien akan sukar menghubungi saya dg no. yg baru.

    Saya tertarik pakai E63 o.k. ingin menikmati fasilitas Pushmail yg ada di E63 ini dan agar dapat baca artikel yg saya posting ke Blog saya dg cara copy & paste dg bantuan kabel USB antara E63 dg Desktop saya.

    Pushmail ini dilakukan cukup dg fasilitas yg ada di HP ini dg menggunakan Nokia Mail utk buka Mail box saya di gmail.com dan yahoo.com. Bila koneksi ke Internet via GPRS Telkomsel diaktipan 24 jam, maka batere cepat drop.Jadi hrs diatur kapan proses Sinkronisasi akan dilakukan agar batere tidak cepat habis. Enaknya pakai HP ini saya dapat terima email kapan saja , dimana saja dari siapa saja ( mirip slogan Cola-cola ).

    Makasih atas infonya ttg mobile9.com, tapi fasilitas standard yg ada sudah cukup memadai bagi saya. Mungkin nanti saya utak-utik lagi ttg theme, ring tone dll.

    Ringtone ktk terima SMS saya pakai bunyi Burung Perkutut yg saya rekam dari kaset suara burung.

    Banyak relasi yg dengar bunyi ini, langsung minta di transver via Bluetooth ke HP mereka. Wah promosi Perkutut nih.

    Thesis PanDe sudah selesaikah?

    Sekian dulu. Salam sukses.

    BalasHapus