Kamis, Mei 06, 2010

Pelayan Toko






3 hari yang lalu datang berobat Pak O, 52 tahun. Ia karyawan sebuah Toko. Ia sudah bekerja belasan tahun. Boss nya orang yang baik. Kalau ia sakit maka biaya pemeriksaan dan obat diganti.

Keluhan Pak kalau jalan sempoyongan sejak beberapa hari yang lalu.
Tidak ada deman, mual, muntah atau gangguan tidur. Ia masih dapat bekerja di Toko.
Pak O menderita sakit Kencing Manis dan sudah minum tablet anti diabet, 2 kali 1 tablet sehari.

Hasil pemeriksaan fisik saya mendapatkan: tekanan darah dalam batas normal, bunyi Jantung dan Paru-paru: normal, lain-lain: dalam batas normal.

Saya menyarankan agar dilakukan pemeriksaan Darah ulangan, sebab yang terakhir adalah 6 bulan yang lalu. Saya ingin mengetahui berapa kadar Gula Darah Puasa dan 2 jam sesudah makan, kadar HbA1C dan kadar Lemak darah.

Sebelum membuat Surat Pengantar / Rujukan ke sebuah Laboratorium Klinik, saya bertanya kepada Pak O, apakah juga biaya pemeriksaan Lab dapat diganti oleh Bosnya?
Pak O menjawab: akan diganti termasuk obat yang diambil di Apotik.

Bila ada jaminan semua akan terbayar, maka saya tidak akan ragu-ragu untuk meminta pemeriksaan Darah yang diperlukan. Saya bersyukur. Wah baik juga Bosnya nih.

Hasil pemriksaan darah Pak O ternyata tidak baik.
Kadar Gula Puada dan 2 jam sesudah makan: tinggi ( 2 kali normal ), kadar HbA1C: 12,3 %, normal 4 – 6,5 % ( 2 kali normal ) dan kadar Kolesterol & Trigliseride: tinggi sekali.

Jadi pada Pak O selain ada penyakit Kencing Manis ( Diabetes Mellitus ) yang kurang terkontrol juga kadar lemak darahnya tinggi. Darahnya kental. Kemungkinan besar hal inilah yang menjadi penyebab Pak O jalan sempoyongan.

Saya memberikan resep obat yang paling cocok agar kadar gula dan lemaknya turun kembali. Saya bersyukur Bos Pak O mau mengganti biaya harga obat di Apotik.

Pada saat ini biaya pemeriksaan dan pengobatan, apalagi sampai masuk Rumah Sakit dan Operasi memerlukan biaya yang besar. Bagi kebanyakan orang, sakit sudah merupakan suatu kemewahan yang kadang kala sulit dibayar.

Sebaiknya kita memelihara kesehatan kita masing-masing agar tidak menjadi sakit.
Kalau sakit segera berobat agar cepat sembuh dan terhindari dari berbagai penyulit ( komplikasi ).

2 komentar:

  1. Beruntung boss-nya Pak O baik, mau membiayai pengobatannya. Semoga beliau cepat sembuh. Tapai kalau sidah kadarnya tinggi sekali, pasti susah sembuhnya ya, Dok?

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Iya beruntung sekali kalau p.unya Bos yang baik hati.

    Kalau kadar gulanya tinggi dan diberi terapi yg tepat mudah-mudahan kadar Gula darahnya dapat normal kembali.

    Salam.

    BalasHapus