Minggu, Oktober 31, 2010

Baksos




Baksos atau Bakti Sosial sering saya ikuti.
Pagi ini 31 Okt 2010 saya berpartisipasi lagi dalam Baksos yang diadakan oleh Perhimpunan Warga Harapan Kota Cirebon. PWH ini setiap tahun mengadakan Baksos berupa Pengobatan Gratis bagi  masyarakat yang membutuhkannya.

Para anggota PWH ini berpartisipasi dalam setiap kegiatan baksos, pengumpulan dana untuk penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan dll kegiatan.

Pukul 09.15 Pak GS sebagai Ketua PWH datang menjemput saya dengan mobil yang dikendarai oleh supir Pak GS. Terasa sejuk hembusan udara dari AC mobil ketika saya sudah berada di dalam mobil ini. Berbeda dengan udara luar terasa hangat menyengat. Maklumlah udara di kota Cirebon dan sepanjang Pantai Utara Jawa ( Pantura ) memang panas menyengat. Pada musim hujan udara di Pantura tetap hangat. Paparan sinar matahari selalu tersedia sepanjang tahun, berbeda dengan Negara bermusim empat.

Cukup banyak pasien yang datang berobat. Ada yang memang sakit dan ada pula yang sekedar ingin tahu tekanan darahnya ( mumpung gratis ). Hal ini justeru terjadi  pada para anggota PWH. Tenaga dokter yang turut berpartisipasi sebanyak 3 orang dokter umum, termasuk saya. 2 orang dokter lainnya semuanya kaum ibu.

Penyakit yang saya temui pada pasien yang berobat antara lain: Flu, Darah tinggi, Kencing Manis, Eksim, Maag, Usia lanjut.

Umur pasien bervariasi dari 8 bulan sampai 65 tahun.
Perbandngan Gender antara pria dan wanita berimbang 1:1.
Sosial ekonomi pasien pada umumnya dari golongan bawah yang memang membutuhkan pengobatan.

Banyaknya pasien yang dating berobat membuat saya tidak sempat menyentuh Kotak Snak yang tersedia. Saya hanya sempat minum air mineral kemasan botol plastik.

Sampai pukul 12.00 pasien yang saya layani sekitar 60 orang. Kalau dikalikan 3 maka jumlahnya mendekati 200 orang pasien.

Pk. 12.10 isteri saya datang menjemput saya karena kami akan menghadiri Pernikahan salah satu kerabat kami. Sehari sebelumnya saya mengabarkan hal ini, saya hanya dapat periksa pasien sampai pukul 12.00 sebab ada kegiatan lain.

Pak GS dan para anggota PWH menginginkan berfoto bersama sambil menyerahkan sebuah Pigura yang berisi Piagam Perhargaan bagi saya ( dan juga dokter-dokter lain ) yang telah turut berpartisipasi dalam Baksos kali ini. Wah…seperti selebriti aja nih. Difoto bareng. Mereka senang. Saya juga senang. Suara tertawa kami memenuhi ruang periksa yang luas itu.

Pukul 12.00 pelayanan kesehatan di hentikan sementara untuk acara makan siang dan akan dilanjutkan lagi pada pukul 13.oo dst.

Untuk acara makan siang bersama disebuah Rumah Makan bergengsi terdekat ini para anggota PWH mengharapkan kehadiran saya, tetapi saya harus meminta maaf, tidak bisa sebab kami harus menghadiri resepsi pernikahan salah satu kerabat kami. Disini makan, disana makan siang. Mana yang dipilih? Tentu pilih makan siang bersama isteri tercinta.

Seorang senior saya pernah berkata “Bas, makan enak itu bukan tergantung dari makanannya  yang enak, tetapi lebih tergantung dengan siapa teman makan kita!”

Wah…filosofi tingkat tinggi lagi nih.
Makan enak, tetapi hanya sendirian tentu berbeda cita rasanya bila dibandingkan dengan  makan bareng dengan orang-orang  yang kita kasihi ( orang tua, suami, isteri, anak, cucu ).

Pengalaman saya bertambah satu lagi pada hari ini.

Selama makan siang……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar