Minggu, Oktober 24, 2010

Mencapai SEHAT.




Saat ini penyakit yang paling sering menyebabkan kematian adalah: Penyakit Jantung, Stroke, dan Kanker.

Pada Pria Kanker Prostat dan Kanker Paru sering dijumpai dan pada gender Wanita Kanker Payudara dan kanker Leher Rahim.

Pada  usia anak-anak penyebab kematian lebih sering  karena penyakit-penyakit Infeksi seperti: Radang Paru, Demam Bedarah, Radang Selaput Otak, Radang Otak, Tetanus, Kurang Gizi dengan komplikasi penyakit-penyakit infeksi lain.

Penyakit datang tidak diundang dan ada banyak penyakit yang dapat dicegah, mislanya dengan tindakan pencegahan seperti pemberian Imunisasi dasar pada Balita ( TBC, Difteri, Tetanus, Perusis, Polio, Campak ), pada usia  anak dan dewasa juga sudah tersedia vaksin untuk pencegahan penyakit Typhus perut,  Hepatitis B, Kanker Leher Rahim bagi wanita remaja dan dewasa dll.

Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang belum atau tidak mendapatkan vaksinasi diatas yang terkendala karena biaya yang harus dibayar sendiri yang masih terasa mahal bagi kebanyakan orang. Kalau dihitung untung ruginya maka bila ingin divaksin harus keluar uang, tetapi kalau terserang penyakit maka uang yang harus dikeluarkan akan jauh lebih banyak lagi ( biaya Rumah Sakit, biaya perawatan, harga obat, biaya pemeriksaan penunjang ). Bila sembuh, tidak kecewa tetapi kalau  sudah mengeluarkan uang banyak tetapi akhirnya meninggal dunia juga maka semuanya seolah tidak ada artinya meskipun punya banyak uang.

Uang bukan segalanya tetapi kalau tidak punya uang maka kita tidak bisa berbuat banyak.
Meskipun punya banyak uang, tetapi kalau sakit-sakitan maka tidak ada artinya. Lebih baik punya uang secukupnya, tetapi badan tetap sehat.

Ada pasien yang berpendapat  lebih baik kalau punya banyak uang dan badan tetap sehat. Amin.
Untuk tetap sehat tentu ada upaya yang harus dikerjakan. Sehat tidak datang turun dari langit begitu saja. Kita harus berupaya keras untuk mempnyai tubuh tetap sehat.

Saat ini banyak orang membeli Sepeda ( yang dahulu tidak dilirik sedikitpun ). Harga yang  2-3 juta rupiah pun dibelinya. Untuk apa? Untuk dapat tetap sehat dengan cara berolah raga secara teratur.

Bagaimana kalau tidak punya / belum punya sepeda ( padahal ia punya mobil )? Ada cara lain untuk tetap sehat yaitu jalan pagi juga boleh lah. Hemat biaya tapi tetap sehat, meski badan basah dengan keringat.

Selain Olah raga masih ada yang perlu dikerjakan. Apakah itu?
Gizi yang  baik! Ah.. Gizi yang baik ada di dalam makanan yang mahal. Tidak selalu benar. Kalau pandai memilih makanan,  maka ada banyak makanan yang bergzi baik dalam mkanan yang murah.

Gizi yang baik umumnya berhubungan dengan Protein, padahal bukan hanya Protein saja yang penting, tetapi juga  Vitamin, Mineral, Serat Anti oksidan yang dibutuhkanbagi tubh kita. Daging, Susu, Keju merupakan protein dengan harga yag cukup mahal. Protein yang lebih murah misalnya berasal dari Nabati / tumbuh-tumbuhan seperti Tahu , Tempe dan Kacang-kacangan.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga perlu anti oksidan seperti:
Lycophene yang terdapat dalam Tomat.
Suphoraphene yang terdapat dalam Brokoli.
Polyphenol yang terdapat dalam Teh HIjau.
Vitamin C yang terdapat dalam buah-buhan ( jeruk, mangga dll ).
Vitami E yang terdapat dalam Kecambah, Taoge dll.

Pada akhirnya makanan yang sehat harus terdiri dari bermacam menu yang bervariasi setap hari dan tidak harus terdiri dari Nasi Putih, Daging, Telur dan Susu saja. Nasi Merah lebih baik dari pada Nasi Putih sebab kulit ari beras merah banyak mengandung vitamin B1. Ubi merah juga bagus bagi kesehatan sebab selain mengandung karbo hidrat , juga mengandung vitamin A lebih banyak dari pada Ubi Putih. Lalaban juga  diperlukan sebab merupakan sumber vitamin A, zat Besi dan serat nabati yang perlu untuk merangsang gerakan peristaltik usus agar setiap hari dapat b.a.b dengan lancar dan tidak perlu minum Vegeta lagi.

Masih ada anak dan orang dewasa yang saat ini tidak menyukai Sayur! Tragis.
Apa sebabnya? Siapa yang salah? Mengapa tidak suka sayur?
Sebab sejak kecil tidak dilatih oleh orang tuanya untuk gemar makan sayuran. Padahal Gado-gado, Pecel, Sambel asem  selain enak juga murah harganya.
Cara yang paling mudah adalah semua Sayur dan Buah dimasukkan ke dalam Blender, dihaluskan dan diseruput pakai sedotan.

Mari mulai saat ini kita hidup sehat agar terhindar dari penyakit.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar