Senin, April 01, 2013

Datang berobat pagi-pagi



Saat itu hari masih pagi, pukul 05.30, belum banyak orang yang lalu lalang di depan rumah kami.

Saat saya hendak membersihkan halaman depan rumah kami, terdengar suara wanita “Dok-dok, tolong Ibu kami sakit.”

Saya segera melihat ke jalan dan tampak sebuah becak dan 3 orang wanita. Yang seorang masih duduk di becak dan yang 2 orang wanita lainnya berdiri di dekat becak tadi.

Saya bertanya “Ada apa Ibu, pagi-pagi sudah datang kemari.”

“Ini Ibu kami sakit, perutnya mules dan muntah sejak pukul 04.00 tadi.” Jawab seorang wanita, 40 tahunan yang ternyata putrinya dan serumah dengan Ibunya, Ny. W, 68 tahun.

“Mari masuk, Bu.” Saya mempersilahkan mereka masuk ke rumah kami yang juga menjadi tempat praktik saya.

Di ruang periksa, putrinya, Ny. B mengatakan bahwa Ibunya 3 hari yang lalu baru pulang dari Rumah Sakit. Ibunya di rawat. Katanya ada penyakit Kencing Manis dan Jantung. Oleh karena penyakitnya dirasa tidak sembuh-sembuh, Ny, W minta pulang dari Rumah Sakit dengan membawa obat-obatan yang harus diminum.

Pada pemeriksaan didapatkan tekanan darah: 180/120 mmHg ( tinggi ). Berarti Ny. W ini ternyata juga menderita Hipertensi ( Darah Tinggi ) juga.

Terdapat nyeri tekan pada daerah ulu hati. Ibu W mengeluh saat ini nyeri pada daerah ulu hati. Jantung dan paru-paru tidak nampak kelainan. Kelainan Jantungnya mesti dilihat dari gambaran ECG nya ( Electro Cardiography ).

Ny. W saya beri resep tablet Anti muntah ( sebelum makan ) dan tablet penetral Asam Lambung ( sesudah makan ). Oleh karena ada keluhan konstipasi ( sulit buang air besar ) saya adviskan untuk minum susu Yakult sesudah makan, sehari 3 kali 1 botol kecil untuk mempermudah proses buang air besar.

Saya bertanya pula “Kalau suami Ibu apakah sehat?”

Ny. W menjawab “Suami saya sudah lama meninggal dunia, saya punya 6 orang anak dan ini yang dua ( yang mengantar berobat ) tinggal bersama saya serumah, Dok”

Saat mereka pamit meninggalkan Ruang Periksa, saya berkata “Cepat sembuh ya Bu.”

Ah..kasihan Ibu ini menderita banyak penyakit di hari tuanya.

Selamat pagi.-

4 komentar:

  1. Kalau sudah tua dan sakit2an, di sinilah dukungan keluarga diperlukan. Sakit bertubi-tubi sekaligus emang gak enak.

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Anda benar.
    Manusia ingin panjang umur. Tetapi kalau tubuh tidak sehat alias sering sakit, maka rasanya tidak banyak manfaatnya. Oleh karena itu di masa usia lanjut, kesehatan perlu dijaga selain makan makanan yg bergizi dan tetap beraktifitas ( membaca, mendengarkan musik, bergaul dgn sesama teman dll ).

    Masih bagus kalau ada anak2nya yg dapat merawat dirinya.

    Salam.

    BalasHapus
  3. To Alat Kesehatan,

    Terima kasih sudah berkunjung.

    Salam.

    BalasHapus