Jumat, April 09, 2010

Asal sudah dipegang, sembuh






Sore ini cuaca cerah. Tidak seperti beberapa hari yang lalu gerimis dan hujan setiap sore dan malam. Maklum sedang masih musim hujan.

Ibu A, 35 tahun membawa putranya H, 2 tahun untuk berobat swejauh 5 Km dari rumah mereka.
Keluhan H batuk dan ada sedikit demam sejak kemarin. Keluarganya ada yang sedang batuk pilek dan H tertular Flu.

Keluarga besar tidak selamanya membuat nyaman, setidaknya bagi H. Bila saudara sepupunya datang ke rumah, Bapak dan Ibu A selalu memperhatikan apakah mereka sedang Flu atau tidak. Mereka khawatir putranya H ini akan tertular penyakit yang sama.

Ibu A mengutarakan pendapatnya kepada saya “Dok, putra kami ini di H, sering kami bawa berobat kepada Dokter.”

Saya menjawab dan bertanya kepada Ibu A “Benar, padahal di sekitar tempat tinggal anda ada banyak dokter praktik umum. Mengapa Ibu jauh-jauh datang ke tempat saya?”

“Iya Dok, ada beberapa doker disana, tetapi anak saya cocoknya berobat kesini. Pernah resep dari Dokter belum dibelikan, maklum saat itu hujan besar. Keesokan harinya ketika kami ingin beli obat, kok putra kami si H, sudah sembuh dan lari-lari lagi. Baru dipegang oleh dokter, si H sudah sembuh, padahal obatnya belum dibelikan.”

Saya menjawab “ Ah, masa sih…..” Saya merasa kurang percaya dengan apa yang disampaikan Ibu A ini. Obat belum diminum, penyakit sudah sembuh. Jadi kontak tangan saya dengan tubuh H sungguh ajaib.

---

Kasus lain, Pak Z, 40 tahun dengan Flek paru-paru ( TBC ) sudah berobat dan minum obat selama 6 bulan tetapi batuknya tidak hilang / sembuh.

Pasien protes kepada saya “Bagaimana nih Dok, sudah berobat lama kok belum sembuh juga? Minta obat yg lebih bagus dong?”

Lah...bagaimana mau sembuh total kalau hasil Foto Thorax ( Jantung Paru-paru ) menunjukkan Destroyed lung, jaringan paru-parunya sudah rusak yang sukar sembuh 100 %.

Jadi kesembuhan setiap pasien berbeda-beda meskipun sudah saya pegang, saya beri obat dan beri motivasi agar rajin minum obat dan makan gizi yang baik sekalipun.

Kesembuhan penyakit tergantung dari: parahnya penyakit, kepatuhan minum obat, gizi yang baik dan rajin berdoa mohon kesembuhan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar