Selasa, Juni 25, 2013

Bunga Blimbing Wuluh




Siang ini sekira pukul 15.30 saat saya akan mandi sore, terdengar ketokan pintu pagar rumah kami. Saya menghampiri pintu pagar dan melihat seorang pemuda, usia sekitar 25 tahun.

“Ada apa ya?” saya bertanya.

“Pak, bolehkan saya minta bunga Blimbing Wuluhnya “, sambil menunjuk ke pohon Blimbing Wuluh yang tumbuh di dekat pintu pagar halaman depan.

“Oh..boleh,” kata saya sambil membukakan pintu pagar.

Sang pemuda tadi mengambil sebuah kantong plastik kecil dari saku bajunya. Ia segera memetik bunga-bunga Blimbung Wuluh itu. Saat ia memetik bunga itu, saya bertanya “Untuk apa bunga itu?”

Ia menjawab “Kata bos saya untuk obat, entah obat apa, saya juga tidak tahu.”

“O…begitu ya,” saja menjawab.

Setelah penuh kantong plastik kecil itu, ia mengucapkan terima kasih kepada saya. Saya mempersilahkan pemuda tadi keluar dari halaman depan rumah.

----

Kejadian orang meminta bunga Blimbing Wuluh dari pohon kami ini untuk yang kedua kalinya. Yang pertama pada tahun yang lalu, malam hari sekitar pukul 20.00, ada 2 orang pemuda yang meminta bunga Blimbing Wuluh dari pohon kami juga. Katanya untuk obat batuk. Mungkin juga pemuda itu disuruh oleh bosnya minta bunga Blimbing Wuluh untuk obat Batuk juga.

Saya heran jaman sekarang kok masih ada orang yang minum ramuan obat dari tumbuhan hanya untuk mengobati Batuknya. Bukankah saat ini sudah banyak dijual di Apotik / Toko Obat, obat Batuk berupa tablet, kapsul atau sirop yang lebih praktis, tinggal minum saja.

----

Dari Internet, saya membaca memang bunga Blimbing Wuluh, yang dicampur dengan ramuan yang lain dimanfaatkan sebagai obat Batuk pada orang dewasa dan anak-anak.
Selain bunganya, juga Buah Blimbing Wuluh dimanfaatkan sebagai obat Darah Tinggi dan obat Jerawat. Hanya bagi orang yang mengidap penyakit Maag mesti hati-hati meminumnya karena Blimbing Wuluh rasanya sangat asam.-

2 komentar:

  1. Terlintas juga di benak saya, kenpa beberapa orang memilih ramuan bunga belimbing wuluh untuk mengobati batuknya, kan di apotik banyak. Mungkin bisa jdi mereka ingin yg alami ya?

    BalasHapus
  2. Kemungkinannya ada beberapa alasan mereka minum rebusan bunga blimbing wuluh ini, antara lain: sudah minum obat batuk yg dijual di Toko Obat / Apotik tetapi belum sembuh, alasan ekonomi ( biaya terbatas ) atau anjuran dari orang tua atau kenalannya.

    Kalau sehabis minum ramuan bunga blimbing wuluh ini batuknya belum sembuh juga maka sebaiknya datang berobat ke Puskesmas terdekat atau dokter praktik terdekat.

    Penyebab batuk ada banyak spt: Flu, Bronchitis, Ashma, TBC paru dll. Tiap penyakit memerlukan terapi yang tepat. Bila tidak maka batuknya tidak akan sembuh-sembuh.

    Salam.

    BalasHapus