Rabu, September 11, 2013

Mengikuti kebaktian di Sydney




8 September 2013.

Hari Minggu ini kami, saya ,isteri saya dan putri kami mengikuti kebaktian di gereja Indonesian Presbyterian Church Randwick, Cnr Alison Rd & Cook St Randwick NSW 2031 ( www.ipc.org.au). Yang hadir sekitar 200 orang.

Setiap kebaktian disampaikan dalam bahasa Indonesia karena pada umumnya yang hadir adalah orang Indonesia yang tinggal di Sydney, para mahasiswa, tamu yang melancong ke Sydney. Banyak mahasiswa yang aktip dalam kegiatan gereja seperti pemain musik, penyanyi dan lain-lain kegiatan.

Pengkotbah kali ini adalah Pendeta tamu dari Timor Leste yaitu Bapak Pdt. Daniel Marcal yang dapat berbicara dalam bahasa Indoensia karena isterinya berasal dari kota Menado, Indonesia. Tema kotbah “Tantangan orang Krsiten” diambil dari Matius 7:15-23. Sebagai pengantar kotbah disampaikan pengalaman beliau selama menjadi pendeta di daerah Timor Leste yang keadaan masyarakatnya berbeda dengan masyarakat di Sydney. Cukup menarik pengalaman beliau ini.

Selesai kotbah anggota jemaat meninggalkan gereja dan bersalaman dengan Pendeta dan anggota Majelis Jemaat. Pengunjung ada yang segera meninggalkan gereja dan sebagian besar menuju ke ruang belakang gedung gereja untuk menikmati minum teh bersama. Para pengunjung gereja dapat minum air teh hangat, kopi panas dan snack berupa biscuit atau kue lain. Pada kesempatan ini para pengunjung dapat saling berkomunikasi tentang kuliah, tempat kost, bisnis atau masalah rumah tangga.

Kami meninggalkan gedung gereja dan menuju ke sebuah Rumah Makan untuk breakfast berupa Yamcha ( makanan/kue yang direbus yang disajikan dengan kereta dorong dan tamu dapat memilih mana yang disukai). Cukup banyak variasi makanan di rumah makan ini.

Selesai breakfast kami belanja sayuran dan lain-lain di sebuah Oriental market ( toko yang menjual barang-barang keperluan dapur) untuk keperluan sehari-hari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar