Rabu, April 08, 2009

Tidak suka sayur



Saya perhatikan isteri saya setiap pagi memetik sayuran yang kami tanam di kebun di halaman depan rumah. Kami menanam tanaman Cabe Rawit, Kemangi, Kangkung darat, Ginseng Jawa, Daun Dewa, dan beberapa pot tanaman hias.

Untuk teman sarapan pagi, isteri saya gemar mengolah masakan seperti Kuah tahu atau Mie Rebus yang diberi Daun Ginseng Jawa dan potongan Tomat. Kadang kalau tidak sempat masak, kami sering sarapan Nasi Putih hangat ditemani Abon Ikan / Ayam / Sapi di tambah beberapa tangkai Daun Kemangi dan ditaburi Bawang goreng yang dapat dibeli siap saji dalam kemasan bungkusan plastik. Rasanya? Cukup nyam nyam juga. Setiap makan kami selalu melahap sayuran, dengan demikian proses b.a.b kami selalu lancar. Kami jarang mengeluh sembelit. Jangan lupa tiap hari makan Pisang sebagai sumber Kalium untuk mempertahankan tonus otot agar tetap baik dan kerja Jantung tetap normal.

Siang hari kami sering membuat minuman dari buah-buahan yang diblender, bukan di Juice. Blenderan buah-buahan masih mengandung serat nabati yang merangsang gerakan peristaltik usus sehingga isi usus lebih mudah ke ujung usus besar dan mempermudah proses b.a.b. Buah-buhan yang dibuat Juice, hanya cairan yang di minum sedangkan ampasnya selalu dibuang, padahal ampas yang mengandung serat nabati ini juga penting. Jadi sebaiknya jangan dibuang tetapi dikonsumsi saja yaitu dengan cara di blender.

Pasien anak yang datang berobat sering mengeluh b.a.b hanya tiap 2 atau 3 hari saja ( seharusnya tiap hari ) dan perut serring terasa tidak nyaman.

Kalau ditanya apakah tiap hari makan Sayur dan Buah. Jawab mereka tidak suka sayur. Jadi penyakit Sembelitnya dibuat sendiri.

Kalau anak tidak suka sayur, yang salah siapa?
Tentu Ibunya, yang tidak mendidik anak-anaknya sehingga mereka menyukai sayur dan buah-buahan.

“Susah, Dok. Kalau makan sayurannya disingkirkan ke tepi piring dan tidak dimakan.” jawab Ibu pasien.

Rasanya mulai anak Balita sampai usia Dewasa wajib makan Sayur dan Buah, seperti yang diajarkan dalam Ilmu Kesehatan di sekolah SMP dan SMU dan dikenal dengan istilah “Empat Sehat Lima Sempurna” ( Karbo hidrat, Protein, Lemak, Sayur dan Buah serta Susu ). Sayuran dan Buah-buahan juga mengandung serat nabati dan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

“Jadi bagaimana, Dok” Ibu pasien bertanya.

Saya menjawab “Ya sudah kalau tidak mau, kita akalin saja. Caranya semua Sayur dan Buah diblender dan sebelum makan nasi, minum Blenderan ini dengan sebuah sedotan plastik. Sebaiknya minum Blenderan Buah dan Sayur sebelum makan agar enzym yang dikandungnya dapat bekerja lebih baik. Ibu dapat pilih Sayuran yang bervariasi seperti: Caisim, Bayam, Brokoli dll ditambah buah Tomat, Nenas, Wortel, Pepaya, Pisang dll. Setiap kali kombinasi beberapa jenis Buah dan Sayuran.”

“O..gitu ya, Dok. Baik nanti saya coba.” Ibu pasien menjawab.

“Iya betul, coba dulu selama 2-3 hari dan perhatikan apa yang akan terjadi” begitu kata saya menirukan ucapan Bapak Mario Teguh dalam setiap acara “Golden Way” yang ditayangkan setiap hari Minggu pukul 19.05 – 20.00.

----

Kalau dilanjutkan ceritanya, maka ada banyak khasiat dari Buah-buahan, dan Sayuran, misalnya:
Brokoli mengandung Sulforafen yang dapat menangkal Kanker Payudara dan Prostat.
Tomat mengandung anti oksidan dan Leukofen yang berkhasiat sebagai anti kanker. 
Asparagus juga mengandung anti oksidant dan dapat menangkal Kanker Kelenjar Getah bening, Kandung Kencing, paru-paru, Kulit, Batu Ginjal. ( “The Element of Materia Medica” edisi 1854, University of Pennsylvania ).-





8 komentar:

  1. Wah kayaknya sangat bermanfaat banget nih Dok...
    Saya setiap hari sering mengkonsumsi jus Apokat karena sepengetahuan saya jus apokat bisa merawat kulit, bener nggak Dok???
    Kalo jus Tomat aku nggak begitu suka nih Dok karena rasanya nggak seberapa enak nih???
    Tapi kalo dibuat ama sambal terasi sip banget tuh, hehehe....

    BalasHapus
  2. To Rudy:
    Alpukat , Tomat juga bagus utk kesehatan.

    Kalau anda menyukai banyak variasi Buah dan sayur itu labih baik, jangan hanya 1- 2 macam saja. Khasiatnya jadi lebih banyak kalau lebih banyak yg dikonsumsi.

    Makasih sudah berkunjung dan beri komentar.

    BalasHapus
  3. kadang kalo kerja susah banget cari buah2an... makan saja buru2.
    mungkin harus rajin yah dok beli buah2an sendiri... dan cari istri yg rajin blenderin... hahaha... maklum, masih single, ga ada yg rawat. :D

    BalasHapus
  4. To Dedy,

    Ya udah, cepat-cepat cari isteri yang pinter nge-blender Sayur dan Buah. he..he..

    BalasHapus
  5. camelia2:32 PM

    dok kasih contoh menu jus sayur dan buah yg bisa di mix donk untuk anak 19 bln supaya BAB nya lancar dan juga anak suka.. trm ksh

    BalasHapus
  6. To Camelia,

    Kan sudah diceritakan pada artikel tsb. Coba baca lagi deh.

    Sepotong Wortel ( harus selalu ada ), sepotong Pakcoi ( Caisim Bangkok ), Nenas ( ada rasa manis ), Tomat, Apel, Brokoli, Mentimun dll sayur. Ada dpt beli di pasar Tradisionil / Super market. Disana ada banyak sayur dan buah utk di blender setiap hari.

    Ambil minimal 3 macam dan dibender( tidak perlu diberi gula / pemanis sebab buah2an sdh mengandung Fruktosa yg manis spt Nenas, Apel dll). Sedot pakai sedotan yg besar, ayah , ibu, kakaknya juga ikut minum shg putra/i anda yg kecil juga melihat bahwa itu semuanya enak dikonsumsi.

    Met mencoba.

    BalasHapus
  7. Saya ngaku, Dok. Saya bukan pembenci sayuran, walopun tidak suka juga. Sayuran rasanya hambar di mulut. Jadinya saya makan sayur ama jagung atau daging.

    Menurut saya, si Ibu kurang kreatif memadukan menu untuk anaknya. Padahal di google banyak tips biar anak mau makan sayur.

    BalasHapus
  8. To Kencana,

    Saya sering mendapat pasien yang kurang suka makan sayur sehingga menimbulkan sembelit ( susah buang air besar ), padahal Sayuran dan BUah2an adalah sumber serat ( utk memmpermudah b.a.b ), sumebr vitamin dan sumber xat besi yg diperlukan oleh tubuh kita.

    Kalau susah makan sayur, maka lebih baik diblender saja. Masukkan semua sayuran dan buah2an, dan tekan tombol. Bereslah. Minum pakai sedotan.

    Salam.

    BalasHapus