Kamis, April 30, 2009

Vaksinasi HPV cegah Kanker Leher Rahim



Lesi Pra kanker Leher rahim

Rahim hanya ada pada Wanita sehingga kaum Pria tidak menderita Kanker ini.
Pada Wanita, Kanker yang paling sering terdapat adalah Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. Pada Pria Kanker Paru-paru dan Kanker Prostat yang sering terdapat.

29 April 2009 saya , isteri dan 4 orang Teman Sejawat dokter lain menghadiri suatu RTD ( Round Table Discission ) suatu presentasi dengan Topik seperti pada posting saya kali ini. Seorang Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan dari RSU Gunung Jati Cirebon membawakan presentasi ini.

Sampai saat ini ada sejenis Kanker yang dapat dicegah dengan suatu pemberian vaksin yaitu Kanker Leher Rahim yang disebabkan oleh virus yaitu HPV ( Human Papilloma Virus ). Pada Kanker jenis lain tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi sayuran / buah-buhan yang mengandung suatu antioksidant untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya Brokoli yang mengandung Sulforafen , buah Tomat yang mengandung Lycophene dll yang dipercaya dapat mencegah tumbuhnya sel-sel Kanker ( Payudara, Prostat dll ).

Kanker Leher Rahim adalah tubuhnya sel-sel tidak normal pada Leher Rahim. Perubahan menjadi sel Kanker memakan wakatu 10 – 15 tahun.
Kanker Leher Rahim umumnya terjadi pada rentang usia 30 – 50 tahun, yaitu puncak usia reproduktif wanita sehingga akan menyebabkan gangguan kwalitas hidup secara fisik, kejiwaan dan kesehatan seksual.

Penyebab Kanker Leher Rahim antara lain:
1. Hubungan seks pada usia muda atau pernikahan pada usia muda ( hasil penelitian para ahli menyatakan bahwa wanita yang melakukan hubungan seks pada usia kurang dari 17 tahun mempunyai resiko 3 kali lebih besar dari pada waniyta yang menikah pada usia lebih dari 20 tahun ).
2. Berganti-ganti pasangan seksual ( resiko terkena Kanker Leher rahim menjadi 10 kali lipat pada Wanita yang mempunyai partner seksual 6 orang atau lebih. Disamping itu Virus Herpes Simpleks tipe 2 dapat menjadi faktor pendamping ).
3. Merokok ( Wanita perokok mempunyai resiko 2 kali lebih besar dibanding dengan wanita yang tidak merokok. Nikotin akan menurunkan daya tahan Leher Rahim dan juga merupakan Ko-karsinogen infeksi Virus ) ).
4. Defisiensi zat Gizi ( kekurangan Asam Folat dapat meningkatkan resiko terjadinya Displasia ringan dan sedang, setta mungkin juga meningkatkan resiko te3rjadinya Kanker Leher Rahim pada wanita yang makananannya rendah Beta Karoten dan Retinol / vitamin A yang banyak terdapat pada Wortel.
5. Trauma menahun pada Leher rahim akibat Persalinan/melahirkan, Infeksi dan Iritasi menahun

Pada presentasi tsb dibicarakan produk dari perusahaan GlaxoSmithKline, Vaksin Cervarix, yang dapat mencegah Human Papilloma Virus tipe 16 dan 18, Recombinant, ASO4 adjuvanted. Dengan adanya komponen ASO4 ini maka kekebalan yang dibentuk oleh tubuh dapat berlangsung lama sampai 6 tahun.

Berbeda denga Cervarix, maka Vaksin Gardasil, produk dari perusahaan Merck & Co., Inc., merupakan vaksin rekombinan untuk mencegah virus HPV tipe 6, 11, 16 dan 18 . Jadi dapat mencegah lebih banyak tipe Virus HPV. Harga vaksin Gardasil 2 kali lebih mahal dari pada Cervarix.

Vaksin HPV ini diberikan dengan cara disuntikkan ke dalam otot lengan atas.

Pemberian vaksin ini dilakukan sebanyak 3 kali suntikan dalam bulan ke 0, 2 dan 6.

Vaksin disuntikkan ke dalam Otot ( intra muskuler ) sebanyak 0,5 cc. Jadwal pemberian vaksin kedua dapat juga diberikan 1 bulan setelah vaksinasi  pertama dan pemberian vaksinasi ke 3 diberikan 3 bulan setelah vaksinasi ke 2. 3 kali Vaksinasi Gardasil ini wajib dilakukan dalam waktu 1 tahun. Sampai saat ini pada penelitian vaksin Cervarix pemberian vaksin tsb tidak membutuhkan booster ( vaksinasi ulangan ) karena dengan adanya komponen ASO4.

Vaksin ini diberikan kepada Remaja putri dan Wanita dewasa.

Efek samping yang paling sering menganggu adalah rasa nyeri pada tempat suntikan.

Vaksin ini tidak berpengaruh terhadap wanita yang mengikuti KB dengan minum Pil atau suntik KB yang mengandung hormon Estrogen dan Progesteron..

Sebaiknya vaksin ini tidak diberikan bila wanita ini sedang Hamil atau menyusui. Penelitian terhadap keadaan ini belum dilakukan.

Kesimpulan:
Dengan memperhatikan faktor-faktor penyebab Kanker Leher Rahim dan pemberian vaksinasi HPV, maka penyakit Kanker Leher Rahim yang mematikan ini dapat dicegah.





146 komentar:

  1. Bingung mau komen gimana nih Dok, soalnya masih belum pengalaman alias bujang,hehehe???

    BalasHapus
  2. To Rudy yang masih bujang, kasus itu terjadi pada wanita. Jadi kaum Pria jangan panik.

    BalasHapus
  3. Kalo itu sih saya udah tahu Dok, hehehe....
    Tapi yang perlu diwaspadai untuk kaum Adam kan si 'Prostat" Dok???
    Trus bagaimana cara pencegahan dini untuk kanker prostat ini Dok??
    Hal-hal apa aja yang perlu kita hindari???
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih Dok...
    Maaf kalo ngerepoti Dokter terus??

    BalasHapus
  4. Pencegahan thd Kanker Prostat a.l. dg mengkonsumsi Sayur Brokoli dan Buah tomat spt yg pernah saya tulis dlm artikel "Kelenjar Prostat" tgl 19-3-2009 dlm Blog ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dok saya wanit yang sudah menikah, baru mendapat suntikan vaksin yang pertama.. Setelah vaksinasi apakah boleh berhubungan intim? Atau meminum obat seperti doxycicline??? Atau vitamin?

      Hapus
  5. dok, denger2 suntikan itu harus diberikan sebelum kita aktif melakukan sex, oktober nanti saya akan menikah, apakah memang itu diharuskan?kalau memang iya, dimulai kapan?setiap kali suntikan jeda waktunya brp x dok?

    BalasHapus
  6. To Rini,

    Pertanyaan anda sudah terjawab dlm artikel tsb. Cobalah anda baca lebih teliti.

    Pemberian vaksin ini dilakukan sebanyak 3 kali suntikan dalam bulan ke 0,1 dan 6.

    Sampai saat ini pada penelitian vaksin Cervarix pemberian vaksin tsb tidak membutuhkan booster ( vaksinasi ulangan ) karena dengan adanya komponen ASO4.

    Vaksin ini diberikan kepada Remaja putri dan Wanita dewasa.

    Sebaiknya sekarang saja, as soon as possible.

    BalasHapus
  7. ikut nimbrung nih Dok,
    aku dh nikah 7thn blm py anak tp prnah keguguran (organ reproduksiku d suami dh dicek smua oke,cm aku kena toxoplasma),dr hasil ikutan kuis aku termasuk dlm resiko tinggi kanker servik,pengin tes dna hpv dan vaksin tp jg pengin hamil,emang kl vaksin dh selesai boleh langsung hamil?

    BalasHapus
  8. To Kris,

    Anda dan suami sudah dinyatakan o.k. artinya organ Reproduksi anda berdua sehat, maka mestinya anda dapat hamil, tidak perlu menunggu sampai 7 tahun.

    Dalam Ilmu Kebidanan, kalau dalam 1 thn, suatu pasangan Pasutri belum mempunyai anak maka segeralah memeriksakan diri ( tidak sampai 7 tahun ) .

    Bila Toxoplasmosis anda dan juga suami diterapi, maka anda boleh hamil. Usahakan agar tidak terjadi re-infeksi lagi. Jangan peliharan Kucing atau kontak dengan Kucing sebagai pembawa Toxoplasma.

    Mempunyai keturunan adalah karunia dari Tuhan, maka jangan lupa berdoa memohon mempunyai keturunan.

    Berkonsulatsilah dengan Dokter Ahli kebidanan dan Penyakit Kandungan terdekat. Semoga anda berdua segera mempunyai keturunan. Amin.

    BalasHapus
  9. Anonim12:48 PM

    Boleh nanya, Dok...
    Saya Yudi..., istri saya sedang hamil 5 minggu. Istri saya sudah terlanjur disuntik CERVARIX, baru sekali suntik. Apakah ada pengaruhnya terhadap janin yg dikandungnya? Terima kasih.

    BalasHapus
  10. Pemberian vaksin ( juga obat2an ) HPV tidak dianjurkan diberikan kpd wanita hamil. o.k. belum pernah dilakukan penelitian klinik bagi wanita hamil ( o.k. tidak ada waita hamil yang sukarela mau dijadikan manusia penelitian ).

    Bagaimana efek thd janin, belum ada yg tahu.

    Jadi pemberian sesuatu bagi wanita hamil mesti dilakukan dengan hati2, kecuali pemberian Vitamin. Kalau perlu berikanlah vitamin dlm bentuk alami ( Jeruk, wortel, kacang hijau dll ) yang lebih aman.

    Anda dapat bertanya selanjutnya kpd Dr yang memberikan imunisasi tsb.

    Salam.

    BalasHapus
  11. dok,,maw tanya nih,..kalo pola hidup sehat untuk mencegah kanker serviks tu gimana??

    BalasHapus
  12. To Desi,

    Sudah dijelaskan 5 penyebab kanker tsb. Hindari semuanya agar tetap sehat.

    Menikah dan hamillah pada usia antara 20 -35 tahun, dan jangan gonta-ganti pasangan hidup.

    BalasHapus
  13. Medyna6:26 PM

    SoreDok, utk Wanita berusia 30th apakah efektif diberikan vaksin hpv, sebab saya browse dr Internet vaksin ini efektif utk USIA 10 sampai 26. Yang mana yang benar. Saya berusia 30th dengan 1 anak USIA 3th sdh 2 Kali pap smear dengan hasil tdk Ada sel abnormal., terima kasih. Medyna

    BalasHapus
  14. To Medina,

    Tujuan utk memberikan vaksinasi adalah melindungi orang yg sehat agar jangan menjadi sakit atau sakit berat. Kalau sudah terkena penyakitnya atau sudah sakit maka vaksinasi tidak ada gunanya lagi.

    Penyebab Kanker Leher Rahim antara lain adalah Smegma ( kotoran yg melekat pada kepalapenis pris/suami ). Kalau sudah menikah / berhubungan dengan pria maka sebenarnya praktis sudah kontak dengan penyebab Kanker tsb, kecuali kalau sudah dilakukan Pap smear dan hasilnya tidak ada sel-sel ganas.

    Pabriknya merekomendasikan vaksinasi tsb dilakukan pada umur yag lebih muda ( belum kontak dg Smegma ) shg hasilnya lebih baik.

    Masuk akal bukan?

    BalasHapus
  15. Anonim8:44 AM

    dok saya baru saja kemarin disuntik vaksin HPV (baru 1 hari)entah mengapa hari ini badan saya anget (nggak panas sih) dan ada rasa pegal plus pusing apakah itu efek sampingnya dok? kayak kalo bayi di vaksin terus demam?

    BalasHapus
  16. Mestinya anda memberitahukan kepada Dokter anda yang telah memberikan Vaksinasi tsb, agar beliau mengetahui bagaimana respons pasiennya setelah di beri suntikan vaksin tsb.

    Pemberian vaksin kepad apasien dapat terjadi respon dari pasien. maklum yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien adalah benda asing ( bakteri / virus yg sdh dilemahkan ). shg dapat memberikan efek demam, gatal, dll sensasi yg kurang nyaman. namun ini hanya beberapa hari saja.

    Kita harus ingat bahwa vaksinasi memberikan lebih banyak manfaatnya dari pada sedikit rasa tidak nyaman yang akan hilang dengan sendirinya. Anda tidak usah panik.

    BalasHapus
  17. sydnee1:44 PM

    Sore Dok,mau tanya donk, bagus mana gardasil ato cervarix? makasi banyak ya, Doook..

    BalasHapus
  18. To Sydnee,

    Perusahaan GlaxoSmithKline, Vaksin Cervarix, yang dapat mencegah Human Papilloma Virus tipe 16 dan 18, Recombinant, ASO4 adjuvanted. Dengan adanya komponen ASO4 ini maka kekebalan yang dibentuk oleh tubuh dapat berlangsung lama sampai 6 tahun.

    Berbeda denga Cervarix, maka Vaksin Gardasil, produk dari perusahaan Merck & Co., Inc., merupakan vaksin rekombinan untuk mencegah virus HPV tipe 6, 11, 16 dan 18 . Jadi dapat mencegah lebih banyak tipe Virus HPV. Harga vaksin Gardasil 2 kali lebih mahal dari pada Cervarix.

    Dengan demikian Gardasil dapat menangkal 4 type Virus, jadi lebih banyak type virus yg dapat dicegah.

    BalasHapus
  19. Anonim8:15 PM

    dok, info yg diberikan benar2 bermanfaat, tp ada yg perlu saya tanyakan..

    1.mengapa vaksin harus disuntik sampai 3kali??apa itu untuk menjamin suksesnya vaksin??

    2.apa tidak ada tes lab untuk mengecek tingkat kekebalan kita setelah di vaksin??(seperti vaksin hepatitis, kan bisa tahu kekebalan tubuh masih berapa persen) Kalau tidak ada tes, bagaimana kita tahu klo vaksin yg telah disuntikkan, telah memberi kekebalan pada tubuh??

    3.kalau lagi menstruasi, apa ada efek jika disuntik vaksin??atau vaksin nya malah tidak berguna saat mens??

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  20. 1. Benar, tehnik pemberiannya harus 3 kali untuk tercapainya terbentuk antibody yang cukup utk melawav Virus HPV.

    2. Literaturnya tidak menyebutkan perlu tidaknya pemeriksan lab utk hal tsb. Pabrik pembuatnya menjamin bila diberikan vaksinasi sesuai prosedure maka akan melindungi pasien dari serangan Virus HPV. Utk mengetahui lebih rinci silahkan membaca artikel di web:
    http://www.majalah-farmacia.com/rubrik/one_news.asp?IDNews=327

    3. Tidak disinggung kontra indikasi pemberian vaksinasi HPV ktk sedang haid, berarti boleh dilakukan.

    BalasHapus
  21. Anonim9:26 PM

    dok,tgl 3mei kemaren saya suntik vaksin hpv,padahal saya sedang menyusui.gimana donk?

    BalasHapus
  22. Kalau anda membaca dg teliti artikel diatas sebenarnya pertanyaan anda sudah terjawab.

    Pada Wanita hamil dan menyusui, pemberian semua obat termasuk vaksin seebaiknya tidak diberikan sebelum ada penelitian khusus. Saiapakah yang mau jadi manusia percobaannya?

    vaksin HPV, misalnya merk Gardasil tidak diberikan pada wanita hamil. Tunggu sampai ia melahirkan.

    Pada wanita yang sedang menyusui, pabriknya menyatakan vaksinasi dapat diberikan pada wanita menyusui.

    Yang paling ideal adalah vaksinasi ini diberikan kepada wanita yang belum menikah, jadi belum kontak dengan smegma yang berada di permukaan penis suami. Smegma dicurigai sebagai salah satu penyebab kanker leher rahim.Kalau anda membaca dg teliti artikel diatas sebenarnya pertanyaan anda sudah terjawab.

    Pada Wanita hamil dan menyusui, pemberian semua obat termasuk vaksin seebaiknya tidak diberikan sebelum ada penelitian khusus. Saiapakah yang mau jadi manusia percobaannya?

    vaksin HPV, misalnya merk Gardasil tidak diberikan pada wanita hamil. Tunggu sampai ia melahirkan.

    Pada wanita yang sedang menyusui, pabriknya menyatakan vaksinasi dapat diberikan pada wanita menyusui.

    Yang paling ideal adalah vaksinasi ini diberikan kepada wanita yang belum menikah, jadi belum kontak dengan smegma yang berada di permukaan penis suami. Smegma dicurigai sebagai salah satu penyebab kanker leher rahim.

    Silahkan anda berkonsultasi dg Dr. Kebidanan terdekat.

    Silahkan anda berkonsultasi dg Dr. Kebidanan terdekat.

    BalasHapus
  23. Anonim10:06 PM

    dok mau tanya kalo yang udah menikah masih bisa melakukan vaksin hpv tidak???bagaimana dengan hasilnya????terimakasih dok...

    BalasHapus
  24. To Anonymous,

    Vaksin ini diberikan pada Remaja putri dan Wanita Dewasa. Jadi jawabannya : bisa. Hasilnya: diharapakan tidak terjangkit Kanker Leher rahim.

    BalasHapus
  25. dok,
    terima kasih infonya, saya & puti saya yg berusia 10,5 thn dalam waktu dekat ini ingin menjalankan vaksin tsb.
    yg saya tanyakan : remaja putri usia berapa yg efektif diberikan vaksin ini?
    terima kasih dok...

    BalasHapus
  26. To Dina,

    Menurut petunjuk dari Brosure pabrik vaksin Gardasil ( Merck & Co, Inc , USA) yang efektip pada Anak dan Remaja : 9-15 thn, dan pada Dewasa: 16-26 thn.

    Vaksin ini diberikan dalam 1 seri ( 3 kali injeksi ) yaitu pada: 0, 2, 6 bulan.

    Silahkan berkonsultasi dengan Dokter anda terdekat. Salam.

    BalasHapus
  27. dokter Basuki yg baik, tanya lagi boleh ya...
    1. Harga Eceran Tertinggi vaksin tsb brp?
    2. Kenapa penyuntikannya sampai 3x dok? padahal
    dosis per sekali suntikan masing2 sama ya...
    3. Selain via toilet umum, apakah virus tsb dpt
    menular via air kolam renang umum?
    4. Terakhir saya papsmear 10 bulan yg lalu &
    hasilnya bersih, jd jika saya menjalankan
    vaksin tsb, apakah perlu dipapsmear lagi?
    5. Selama 0 s/d 6 bln tsb, tdk boleh menjalankan
    vaksin jenis lain, benar ngga dok?
    Matur nuwun dok, sukses utk doker ya...

    BalasHapus
  28. To Dina,

    1. Harga HET-nya dapat ditanyakan kepada Apoti terdekat. Harga setiap saat dpt berubah.
    2. Diberikan 3 x injeksi agar titer antibody-nya dapat meningkat, shg dpt mempunyai efek perlindungan thd virus penyebabnya.
    3. Kolam renag biasanya mengandung kaporit/ zat antieptis shg bakteri mati. Virus juga mati terkena sinar matahari. Virus juga mati kalau berada diluar tubuh host-nya. Jadi oenukaran peny. ini tidak melalui kolam renang.
    4. Pap smear dilakukan pada wanita biasanya > 40 thn , setiap tahun 1 kali . Kalau P.S. ilakukan juga seenarnya tidak apa2, sbab tidak merugikan kesehatan wanita tsn ( hanya dana yg dkeluarkan saja 0 dan bila diteukan adanya Infeksi bakteri pada P.S. akan terdeteksi. Jadi P.S. bukan hanya utk penyakit Kaner saja tetapi juga peny.2 lain ( akteri ), misalnya G.O. dll.
    5. Selama pasien sehat rasanya tidak masalah ya. Setiap hari kita mendapat vaksinasi alami dari lingungan hdup, makanan, minuman , udara dll. Kita tetap sehat selama kita punya daya tahan ubuh bagus.

    6. Bila masih ada yang ingin ditanyakan , silahkan kirim email atau dalam Blog ini. T.K. Salam.

    BalasHapus
  29. Halo dokter yg baik,
    Dok, saya sudah menjalankan imunisasi Gardasil ke-2 (sekedar info : biayanya @Rp.1.200.000), setelah suntik tangan terasa pegal sekali (begitu juga isi dompet, he3x).
    Sebulan yg lalu, saya 'dikagetkan' dgn putri saya yg berusia 10.5 thn, dia sudah mendapatkan haid pertamanya.
    Yg saya akan tanyakan :
    1. Apakan putri saya itu usianya terlalu muda utk mendapatkan haid? (dulu saya mendapatkan haid usia 13 thn)
    2. Bagaimana mencegah supaya tidak merasakan nyeri perut pada anak saya sebelum mendapatkan haid berikutnya?
    3. Pertumbuhan/tinggi badan anak perempuan sampai usia brp dok? & juga pd anak laki2 usia brp?
    Maaf ya dok, pertanyaannya melenceng dari ulasan dokter diatas.
    Terima kasih banyak dok, salam :)

    BalasHapus
  30. To Dina,

    Haid pertama ( Menarche ) saat ini makin muda usia. Dulu isteri saya, dapat M pada usia sekitar 14 th. Banyak pengaruh dalam Fisik Gadis saat ini ( Gizi lebih baik, pengaruh lingkungan hidup spt majalah, Film TV dll ) shg Pubertas terjadi lebih dini.

    Dysmenorhe ( nyeri pada saat haid ) terjadi o.k. kontraksi otaot Rahim ( uterus ) utk melepaskan Endometrium / selaput lendir Rahim dan mengeluarkannya bersama darah haid. Bila berebihan mesti dicari penyebab lain ( spt Endometriosis ). Kalau masih dapat ditahan maka itu msh normal. Minum obat anti nyeri kalau perlu.

    TB seseorang akan berhenti pada usia 20 tahun. Jadi kalau mau tahu berapa TB sseorang maka lihat ktk ia berumur 20 thn.

    BB seseorang sangat tgt dari: Gizi, pola makan, aktifitas sehari-hari, faktor genetik dll. Ada 3 tipe bentuk tubuh manusia: 1. normal ( atletis ). 2. Kurus 3. Gemuk ( obese ). Kalau Ortunya gemuk maka ketuunannya gemuk dan sebaliknya. BB sebenarnya dapat diatur dengan perubahan Pola hidup ( banyak gerak, banyak olah raga ) dan Pola makan ( makanan berlemak atau vegetariant ).

    Hidup banyak pilihan. Keputusan ada ditangan kita masing-masing. Mau pilih yang mana?

    Orang Amrik bilang "You are what you eat ".
    Kalau makannya banyak Daging / berlemak maka badan akan cederung gemuk dan Kolesterol tinggi. Bila Vegetariant dan rajin O.R. maka umumnya BB ideal.

    Selamat menimati hidup sehat! Ciao.-

    BalasHapus
  31. Anonim3:30 PM

    Halo dokter,
    Saya mau tanya apakah vaksinasi hpv dapat diberikan pada kondisi pra kanker? Sebelumnya hasil pap smear saya menunjukkan infeksi hpv tapi tanpa gambaran displasia dan oleh dokter obgyn disarankan untuk divaksinasi saja. Apakah nantinya akan efektif dan aman? Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  32. To Anonymous,

    Saat ini usia anda berapa? Sudah Menopause atau belum? ( tida ada data ).

    Pra Kanker. Kanker apa ya?

    Hasil Pap Smear, lendir Leher rahim anda dikatakan ada Infeksi HPV, tanpa gambaran displasia dan Obgyn anda menyarankan vaksinasi HPV saja!

    Tindakan Vaksinasi dilakukan kepada orang yg sehat. Kalau sudah menderita penyakitnya atau diduga ada gejala penyakitnya, utk apa vaksinasi itu?

    Kalau Obgyn anda menyarankan demikian, mungkin beliau punya pendapat lain.

    Paps Smear bagi anda sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali.

    Semoga dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  33. Anonim2:48 PM

    Apakah penderita condyloma boleh malakukan vaksinasi, berhubung sudah terkena hpv?
    sebelum vaksin apa sebaiknya pap smear dulu ato tidak?

    BalasHapus
  34. To Anonymous,

    Vaksin ini untuk mencegah ( tindakan vaksinasi adalah untuk mencegah ) Kanker Leher rahim ( Cervical carcinoma , High grade Cervical dyspla sia ( CIN 2/3 ), External Genital Wartz ( Condyloma acuminata ) yg disebabkan oleh Human Papilovirus ( HPV ) type 6,11, 16 dan 18.

    Kalau diberikan pada penderita Condyloma, tindakan ivaksinasi ni tidak banyak mnanfaat sebab sudah terjangkit penyakitnya. Lebi baik dilakukan tindakan terapi ( pengobatan ) bukan vaksinasi.

    Pabrik pembuatnya tidak menganjurkan melakukan pemeriksaan pap Smear terlebih dahulu. Usia pemberian vaksinasi ini pada umur: 9-26 tahun.

    Semoga dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  35. Susanna7:05 PM

    Dokter,
    kenalkan nama saya Susanna.
    2bulan yg lalu saya sudah divaksin gardasil yg pertama, dan pada saat hendak divaksin yg kedua kalinya, saya mendapati bahws diri saya tengah hamil. maka vaksin kedua tidak jadi saya lakukan.

    kini saya tengah bingung, akan dikemanakan kah sisa 2 jarum yg telah saya beli ( saya belinya per paket langsung dr dr. spog yg bersangkutan, 1 paket isi 3 jarum, katanya tidak dijual per buah)

    yg ingin saya tanyakan,
    Benarkah gardasil tidak dijual per buah? haruskah kita membelinya 3 jarum sekaligus?
    saya dengar kalo sempat hamil selama jadwal pemberian vaksin, maka efek vaksin tersebut dianggap hangus (tak berefek lagi), benarkah demikian?


    bisakah wanita yang sudah menopause diberikan vaksin gardasil? apakah mash ada efeknya?
    karena saya berencana memberikannya sisa vaksin tersebut kepada mama saya.

    terima kasih

    BalasHapus
  36. To Susanna,

    Berapa umur Anda saat ini?

    Apakah Dokter Anda tidak memberi informasi bahwa Imunisasi ini akan dilakukan selama 3 kali pada: 0,2 dan 6 bulan dan tidak menyarankan agar anda sebaiknya tidak hamil dahulu sebelum vaksinasi ini selesai dalam wkt. 6 bulan?

    Pemberian 3 kali sesuai jadwalnya adalah untuk memberikan efek agar pembentukan antibody yang optimal. Pemberian < 3 kali, tidak banyak manfaatnya. Pabriknya merancang seperti itu. Pemberian vaksin Gardasil tidak dianjurkan untuk Ibu Hamil sebab belum ada penelitiannya ( tidak ada Bumil yg mau menjadi manusia percobaan ).

    Kalau anda teliti membaca artikel ini maka jelas bahwa vaksin ini diberikan pada usia 9 - 26 tahun. Tidak untuk wanita diatas usia tsb, menopause dll.

    Berapa usia Mama anda saat ini? Saya yakin sudah diatas 26 tahun. Jadi tidak baik diberikan kepadanya.

    Penjualan vaksin ini untuk 3 kali vaksinasi, sebab diharapkan setelah vaksinasi ke 1, akan dilanjutkan dg yg ke 2 dan ke 3 sampai selesai dlm wkt 6 bln.

    Kalau anda akan mengembalikan sisa 2 vaksin ini kepada Dokter anda, rasanya sulit sebab tidak dapat diberikan hanya 2 kali pemberian saja ( kepada pasien lain ) tetapi harus 3 kali pemberian ( 1 paket ).

    Sisa vaksin utk 2 kali vaksinasi rasanya tidak bisa dipakai utk pasien lain. Maf, ini suatu resiko anda sebagai pasien dlm situasi seperti ini.

    Jangan berkecil hati. Bicaralah kepada Dokter anda, semoga ada jalan keluarnya.

    Semoga jawaban ini dapat bermanfaat bagi anda.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dok kalau lagi menstruasi apa boleh divaksinasi? Tolong dijawab dok,saya bsk vaksinasi. Makasih

      Hapus
    2. To Dewi Sawitri,

      Boleh diberikan.

      Salam.

      Hapus
  37. Anonim2:12 PM

    dok, kalau sudah selesai vaksin (3x suntik), perlindungan thd kanker serviksnya bisa sampai berapa tahun? krn sy baca dr beberapa sumber, ada yg bilang hanya 5 tahun. ada jg yg bilang sampai 20 tahun? mana yg benar dok?

    thanks

    BalasHapus
  38. To Anonim,

    Idealnya sekali vaksinasi dapat melindungi utk seumur hidup, demi kepraktisan dan hemat biaya. Ternyata vaksin yg demikian belum ada ( sedang dalam penelitian lebih lanjut ).

    Vaksinasi alami pada anak yg terkena penyakit: Campak ( Morbilli ), Varicella ( cacar air ), Mumps / Parotitis epidemica ( Gondongan ), mereka akan kebal seumur hidup. Lebih bagus ciptaanNya dari pada buatan manusia.

    Vaksin Cervarix dapat melindungi selama 6 tahun.
    Vaksin Gardasil untuk 4,5 tahun ( The duration of protection is currently unknown. Sustained protective efficacy has been observed for 4.5 years after completion of the 3-dose series. Longer term follow-up studies are ongoing ).

    Vaksinasi Hepatitis B ( 3 kali berturut-turut dg selang 1 bulan ) juga melindungi utk 5 tahun. Setelah 5 tahun titer antibody akan menurun dan perlu di lakukan re-vaksinasi kembali. Biaya Vaksinsai jauh lebih murah dari pada biaya untuk berobat bila terkena penyakit-penyakit yang dapat dicegah dgn tindakan vaksinasi.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  39. Anonim11:14 PM

    dok mau nanya
    1. knapa penyuntikan vaksin HPV harus melalui otot lengan atas?
    2. kira-kira dosis untuk 1 x penyuntikan itu berapa yah dok,

    terima kasih

    BalasHapus
  40. 1. Suntikan vaksin yg disarankan oleh pabriknya adalah pada Lengan atas, dapat pula pada paha. Tidak dianjurkan secara intra vaskular, subcutis atau intradermal. Hasil penelitiannya demikian.

    2. Dosis vaksin yang diberikan sebanyak 0,5 cc per 1 kali penyuntikan.

    3. Informasi selanjutnya dapat diberikan oleh Dokter yang melayani vaksinasi anda.

    Salam

    BalasHapus
  41. Cahyana8:54 AM

    dokter, minggu depan istri akan menerima suntikan kedua, sedangkan suntikan pertama adalah 3 bulan yg lalu.
    Apakah ini tidak menyimpang dari aturan yg diberikan pabrik, yaitu 2 bulan? Pertimbangan apa shg jadwal tsb dirubah oleh dokter kami.
    Bgmn apabila ternyata ini adalah kelalaian? Apakah suntikan pertama masih efektif dan apakah lebih baik suntikan kedua tsb kami batalkan. Mohon petunjuk dokter, terima kasih.

    BalasHapus
  42. To Cahyana Wiyana,

    Jadwal vaksinasi Gardasil adalah: 0, 2, 6 bulan.

    Bila diperlukan maka vaksinasi ke 2 dapat dilakukan pada minimal 1 bulan setelah vaksinasi ke 2 dan vaksinasi ke 3 dilakukan 3 bulan setelah vaksinasi ke 2.

    Ke 3 vaksinasi ini dilakukan dalam periode 1 tahun.
    Begitu menurut brosure dari Gardasil vaksin.
    Bila ada jadwal yang berlainan maka pertimbangannya mungkin vaksinasi dilakukan dalam waktu tahun selesai.

    Untuk lebih jelasnya anda dapat bertanya kepada Dokter anda.

    Bila setelah vaksinasi ke1 tidak dilakukan vaksinasi ke 2 dan ke 3 maka tindakan pencegahan tidak akan berhasil sebab pembentukan antibody terhadap penyakitnya karena tidak akan tercapai kadar antibody-nya. Biaya yang telah dikeluarkan akan sia-sia. Sayang kan.

    Demikian, semoga dapat membantu.

    Salam,
    dr. Basuki Pramana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cahyana2:11 PM

      Terima kasih atas jawaban dokter.
      Apabila suntikan ke:2 ini terlambat 1 bulan dari anjuran brosur, seberapa persen efektivas kerja vaksin dibanding apabila diberikan tepat waktu (0,2,6 bulan.
      Salam

      Hapus
    2. To Tjahyana W,

      Di dalam brosure tidak dicantumkan efektifitasnya bila vaksinasi dilakukan diluar waktu yang di rekomendasikan.

      Sepengetahuan saya tindakan preventip ( imunisasi ) tidak menjamin 100 % terhindari dari penyakitnya, meskipun itu yg diinginkan. Walaupun demikian bilapun terjangkit penyakitnya, maka keadaannya tidak separah bila dibandingkan pasien sama sekali tidak diberi vaksinasi. Jadi tindakan vaksinasi lebih baik dari pada tidak sama sekali.

      Anda dan siteri apakah sudah berkonsulatasi langsung kepada Dokter anda?

      Salam,
      dr. Basuki Pramana

      ======================

      Hapus
  43. Anonim8:03 PM

    dok,saya mau nanya setelah vaksin cervarix yang ke 3 selesai,wanita bisa hamil dengan aman jarak berapa lama(bulan) setelah suntikan terakhir.wanita dengan hipertensi bisa divaksin cervarix,makach

    BalasHapus
  44. To Anonim,

    Maaf saya belum mendapatkan informasi atas pertanyaan anda itu. Anda dapat bertanya kepada Dokter yang memberikan vaksinasi itu kpd isteri anda.

    Dari brosure Gardasil ( vaksin sejenis ) pada wanita hamil ( 1.115 wanita ), bila vaksinasi dberikan 30 hari setelah diberikan vaksinasi dapat terjadi kelainan bawaan ( 5 kasus ) bila dibandingkan terhadap 1.151 wanita yang diberikan obat Placebo ( bukan vaksinasi tsb ).

    Oleh karena itu pemberian vaksin ini tidak dianjurkan pada saat wanita sedang hamil.

    Vaksinasi dapat diberikan kepada wanita yang sedang menyusui.

    Salam.

    BalasHapus
  45. Anonim10:06 AM

    dokter,
    apakah ada kontra indikasi jika di tengah2 0-6 bulan itu saya mendapatkan vaksin yang lain (vaksin TT)?
    mohon penjelasannya,
    terima kasih

    BalasHapus
  46. Vaksinasi TT boleh saja dilakukan.

    Salam.

    BalasHapus
  47. jesslyn12:31 AM

    Hi dok,karna blum ada yg menanyakan,saya mau tanya,kalo suntik anti hpv ini efektif utk remaja yg belum aktif secara seksual,apakah sama efektifnya bila di lakukan terhadap yang sudah menikah? Atau harus melakukan papsmear saja?

    Terima kasih

    BalasHapus
  48. To Jesslyn,

    Vaksin anti HPV diberikan kepada Remaja putri dan wanita dewasa. Sebaiknya diberikan vaksin ini kepada Remaja putri. Pemeriksaan Papsmear dilakukan kepada wanita usia 40 th keatas atau bila sudah ada keluhan misalnya Keputihan ( Fluor albus ). Bila ada kelainan pada hasil Papsmear berarti sudah ada kelainan pada organ Reproduksi.

    Demikian semoga dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  49. Anonim4:23 PM

    Saya wanita usia 24th. Saya sdh dpt vaksin 2 kali. Yg ketiganya bulan desember nanti. Sedangkan saya akan menikah pada bulan november.
    Ada yg bilang sebaiknya sblm vaksinasi selesai tidak boleh hamil. Dan hal in berlanjut sampai dengan 3 bulan stelah vaksin ketiga. Jd dia menyarankan agar saya berKB dlu setelah menikah...
    Mohon solusi dari dokter. Trims

    BalasHapus
  50. Vaksin anti HPV sebaiknya tidak diberikan kepada wanita hamil, sebab dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada Janin yang dikandung.

    Vaksinasi harus ditunda sampai setelah selesai kehamilan.

    Pada kasus anda jangan hamil dahulu sebelum vaksinasi yg ke 3 selesai. Benar anda harus ber KB dahulu ( suami pakai Kondom, minum Pil KB atau suntik KB ).

    Salam.

    BalasHapus
  51. Jika seorang wanita ditemukan hamil selama rangkaian dosis vaksinasi, vaksinasi akan ditunda sampai kehamilan telah selesai.

    Jadi bila sedang Hamil, vaksinasi jangan diberikan. Setelah melahirkan berapa bulan baru boleh divaksinasi, dalam literatur tidak disebutkan. Silahkan anda bertanya kepada Dokter yang memberikan vaksinasi ini.

    Salam.

    BalasHapus
  52. Anonim1:26 PM

    Yang ingin saya tanyakan...
    Setelah saya mendapatkan vaksin ketiga apakah saya sudah boleh langsung stop berKB atau harus menunggu dulu.. Dan berapa lama?? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  53. Should pregnant women be vaccinated?

    Pregnant women are not included in the recommendations for HPV vaccines. Studies show neither vaccine caused problems for babies born to women who got the HPV vaccine while they were pregnant. Getting the HPV vaccine when pregnant is not a reason to consider ending a pregnancy. But, to be on the safe side until even more is known, a pregnant woman should not get any doses of either HPV vaccine until her pregnancy is completed.
    What should a woman do if she realizes she received HPV vaccination while pregnant?

    If a woman realizes that she got any shots of an HPV vaccine while pregnant, she should do two things:

    Wait until after her pregnancy to finish the remaining HPV vaccine doses (http://www.cdc.gov/vaccines/vpd-vac/hpv/vac-faqs.htm).

    Setelah vaksinasi ke 3 selesai, KB dapat dihentikan setelah 3-6 bulan kmudian.

    Salam

    BalasHapus
  54. Anonim6:18 AM

    Dok,

    kalau saya suntik cervarix yang pertama dan dilanjutkan dengan gardasil untuk yang kedua dan ketiga boleh tidak?

    menurut dokter, para wanita seharusnya suntik gardasil atau cervarix?

    Terima kasih

    BalasHapus
  55. To Anonim,

    Kalau anda telah disuntik dg Cervarix , maka paket vaksinasinya ( 3 dosis ) tetap sama, tidak bisa diganti-ganti.

    Sebaiknya vaksinasi dg Gardasil, sebab utk virus type yg lebih banyak ( tipe HPV 6, 11,16 dan 18 ).

    Salam

    BalasHapus
  56. In the end mesti nahan fasu sex dan merokok ya. Saya punya senior perempuan lebih tua 4 tahun dan dia perokok padahal sebentar lagi mau nikah. Semoga dia berhenti merokok biar nggak merusak janinnya.

    Heran deh... kenapa setiap penyakit ujung2nya ada hubungannya dgn rokok atau sex bebas tanpa pengaman.

    BalasHapus
  57. To Kencana,

    Merokok merupakan suatu kebiasaan, yg kadang dimulai sejak umur muda. Ayahnya merokok, anaknya juga merokok. Like father like son. Meskipun sudah diingatkan akan bahaya merokok, tetapi masih banyak orang yg merokok.Saat ini di DKI sudah ada sangsi begi yg merokok di tempat-tempat umum, tapi ya mesti diawasi juga. Peraturan bukan utk ditaati tetapi utk dilanggar. Jadi susah juga utk melarang merokok.

    Sex merupakan kebutuhan biologis sehingga banyak kejadian yg berhubungan dgn sex. Salah satu cara utk menghindari penularan penyakit sex adalah dgn menggunakan Kondom, tetapi masih banyak juga pria yg tidak mau pakai Kondom. Ya resiko ditanggung sendiri lah.

    Salam

    BalasHapus
  58. Terimakasih dokter atas pencerahannya..
    Setelah membaca artikel ini sy memutuskan untuk disuntik vaksin HPV minggu depan..
    Umur sy 23 tahun dan belum menikah..
    Yang ingin sy tanyakan, sebaiknya sy ke rumah sakit negeri atau swasta ya dok?
    Terimakasih sblumx..

    BalasHapus
  59. To Raoda Ismai,

    Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan anda berkonsulktasi lebih lanjut kepada Dokter praktik swasta terdekat.

    Salam

    BalasHapus
  60. Anonim7:57 AM

    Halo pak,

    Mau tanya setiap habis suntik vaksin Gardasil saya demam,sakit kepala, pusing dan badan sakit. apakah masi boleh suntik dosis yang ke tiga?

    Erna

    BalasHapus
  61. To Anonim,

    Ada reaksi yang tidak diinginkan setelah dilakukan vaksinasi Gardasil. Kejadiannya 1 % ( dari 100 pasien yg divaksinasi, terdapat 1 pasien yg mendsapat reaksi ini ). Reaksi itu berupa sedikit demam, nyeri pada tempat suntikan, kulit kemerahan, rasa gatal dll. Reaksi ini akan hilang setelah beberapa hari.

    Setelah vaksinasi gardasil yg pertama dan kedua, adakah reaksi yg seperti anda rasakan?
    Kalau iya, lalu apa yg anda perbuat? Minum obat anti demamkah?

    Kalau reaksi tsb yg berupa Demam, Sakit kepala, Pusing dan Badan sakit dirasakan sangat mengganggu maka anda dapat minum tablet pain killer,spt: Paracetamol 500 mg atau Ibuprofen 400 mg, sehari 3 x 1 tablet selama 1-2 hari.

    Kalau anda stop vaksinasi Gardasil yg ke 3 ini, maka zat kekebalan yang dibentuk oleh badan anda tidak maksimal hasilnya ( sayang kan ). Vaksinasi mesti 3 kali spt yg dianjurkan oleh pabrik pembuatnnya setelah penelitian yg dilakukan salama bertahun-tahun.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim10:01 AM

      Terima kasih banyak pak atas responnya.

      Cuma khawatir saja atas reaksi efek negatifnya. Jawaban bapak membuat saya tenang, sangat membantu.

      Hapus
  62. salam dok, umur istri 30th dia dinyatakan mengidap kanker serviks, yg ingin sy tnya kan apakah dengan suntik vaksinasi secara rutin akan dapat sembuh dari kanker tersebut?,,dan kira-kira type dan jenis vaksinasi apa yang harus di berikan ke pada istri saya ini, dan bagaimana menjalani pola hidup sehari-hari untuk dapat menunjang kesembuhan, trimakasi dok

    BalasHapus
  63. To Ronny,

    Kalau benar isteri anda sudah dinyatakan menderita Kanker Cervix, maka pemberian vaksinasi itu tidak ada gunanya lagi. Vaksinasi diberikan dgn tujuan utk mencegah terjadinya suatu penyakit.

    Utk pengobatan selanjutnya silahkan berkonsultasi langsung dgn Dokter Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandungan terdekat.

    Salam.

    BalasHapus
  64. Dok, saya kan suntik kedua itu jarak dr suntik pertama 2bulan 2hari. Apa perlu diulang dr awal ato tdk apa2?

    BalasHapus
  65. To Mareta Chandra,

    Pemberian vaksin ini dilakukan sebanyak 3 kali suntikan dalam bulan ke 0, 2 dan 6.

    2 bulan 2 hari masih dalam batas 2 bulan, tidak apa-apa. Yang ketiga pada bulan ke 6, jangan lupa divaksinasi lagi tepat waktu. catatl;ah pada Kalender yg mudah dilihat tgl jatuh tempo itu.

    Salam.

    BalasHapus
  66. Anonim9:21 PM

    Dok. Saya sdh vaksin cervarix. Vaksin ke 3 dilakukan pada bln agustus. Pada bln sept saya menikah. Sampai sekarang sudah 5 bulan saya masih belum juga hamil. Apa karena suntik itu sy jd gk bs hamil ya dok? Hrs tggu berapa lama lagi ya dok? Tq

    BalasHapus
  67. To Anonim,

    Vaksinasi dengan vaksin Cervarix tidak menyebabkan seorang wanita tidak dapat hamil.

    Kehamilan dapat terjadi setelah anda menikah. Dalam Ilmu Kebidanan bila selama 1 tahun setelah menikah masih belum hamil maka pasangan suami isteri ini harus dievaluasi kesehatan masing-masing.

    Yang paling mudah adalah diri suami anda dahulu. Periksakanlah di Lab. Klinik terdekat, minta petunjuknya utk dilakukan Analisa sperma. Bila hasilnya bagus maka diri isteri yang diperuiksa oleh Dokter Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandungan terdekat. Bila suami hasilnya terdapat kwalitas sperma yg kurang baugus, silahkan berkonsultasi kepada Dokter Androlog terdekat.


    Coba lakukan hubungan suami isteri pada saat anda sedang subur ( 14 hari sebelum haid berikutnya ). Setelah melakukan ML, isteri jangan langsung berdiri tetapi usahakan berbaring dahulu selama 30 menit, agar sperma suami masuk ke dalam rongga rahim dan selanjutnya sel-sel mani diharapkan dapat membuahi sel telur isteri.

    Semoga jawaban ini dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  68. Selamat pagi dokter , mohon di bantu sarannya..
    Saya sudah di vaksin merk cervarix baru suntik yg pertama kali,
    setau sy cervarix hanya untuk 2 type virus 16,18 .
    Tapi setelah saya tau ternyata ada vaksin gardasil yg lebih lengkap untuk mencegah virus type 6,11,16,18 .
    Jika saya ingin berganti merk vaksin ke gardasil apa boleh ? Sedangkan saya sudah di vaksin suntik pertama menggunakan vaksin cervarix .
    Apa dilarang berganti vaksin ?
    Atau memang boleh berganti vaksin dengan catatan vaksin gardasil yg baru mulai vaksin dari awal lagi ( mulai dari pertama lagi penyuntikan vaksin merk barunya )

    BalasHapus
  69. To Meary,

    Secara teoritis bisa saja anda menganti vaksin Cevarix dgn vaksin Gardasil. Anda mulai lagi dari suntikan pertama, kedua dan ketiga.

    Biasanya suntikan vaksin utk Kanker Leher Rahim ini bersifat paket ( dibayar utk 3 kali penyuntikan) dan biayanya juga lumayan besar.

    Kalau anda saat penyuntikkan vaksin Cevarix itu tidak bersifat paket, maka penyuntikan vaksin yg kedua bisa langsung ganti dgn vaksin Gardasil, 3 kali penyuntikan spt dlm daftar penyuntikannya.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim5:16 PM

      Terimakasih banyak dok atas jawabannya...
      Sebaiknya jarak berapa lama kalau ingin suntik ulang dan beralih ke merk vaksin yg lain dok?

      Dan yg ingin sy tanyakan bila ada pasien yg pernh terjangkit hpv tipe 6 dan 11 yg penyebab condyloma dan sudah sembuh dengan terapi dokter. . Apakah jika ingin di vaksin gardasil ada manfaatnya? setidaknya untuk mencegah persenan dari kekambuhannya dan menjamin untuk kualitas hidup yg lebih baik...
      Apa kalau hpv 6 dan 11 sudah pernah ada riwayat dan akhirnya sembuh total dengan terapi dokter apa vaksin gardasil untuk mencegah tipe 4 virus menjadi ada gunanya untuk hpv tipe 16 dan 18 nya yg notabene berbeda dengan tipe virus 6 dan 11 yg penyebab condyloma..

      Dgn maksud vaksin gardasil masih bermanfaat bagus untuk mencegah tipe 16 dan 18 nya begitu..

      Wassalam dan terimakasih banyak dokter yg begitu ramah menjawab setiap pertanyaan kami..

      Hapus
  70. Anonim8:17 AM

    Selamat pagi dok,
    Maaf mengganggu dok. Sy mau bertanya apakah vaksinasi gardasil efektif diberikan bersamaan dengan pengobatan kondiloma?mohon petunjuknya terimakasih banyak dok.

    BalasHapus
  71. To Anonim,

    Nama anda siapa ya? Mau bertanya tetapi malu menyebutkan nama sendiri.

    Pemberian vaksinasi Gardasil diberikan dengan cara suntik. Kalau anda menderita juga Kondiloma ( Condyloma acuminata / genital warts) yg disebabkan juga oleh virus ( virus papiloma ), terapinya adalah dengan mengoleskan cairan Podophyllum 25% tiap selang sehari pada daerah yg terkena.

    Bila dengan terapi ini tidak berhasil maka dokter akan melakukan tindakan: Electrocauterization ( membakar dengan cara listrik daerah yg terkena) dengan pembiuasan lokal.

    Jadi rasanya bila melakukan vaksinasi Gardasil dan pengobatan thd Condyloma secara bersamaan tidak menimbulkan reaksi yg merugikan.

    Salam

    BalasHapus
  72. Anonim6:34 AM

    Maaf dok. Nama sy wati

    Sy hampir 5x sdh pengobatan phodopilin tiap seminggu sekali dok. Kmrn sempat 80% sdh ilang tp saat sy flu dan batuk. Kutilnya ada lagi dok itu gimana dok?? Pdhl kan sdh diimunisasi juga. Dok apakah phodopilin hrs diberikan di rs? Tiap sy ke apotuk dan beli pada gk pny dok. Mohon jawabannya. Terimakasih bnyk dok

    BalasHapus
  73. To Wati,

    Olesan Podopilin sering kali penyakit kambuh kembali. Kalau begitu anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan Dokter Ahli Kulit terdekat. Penyakit anda mungkin perlu dilakukan tindakan operasi kecil utk menghilangkannya, atau dengan cara Laser therapy utk menghilangkannya.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  74. Dok, apAah utk wanita yg menaupose bsa kena kanker serviks

    BalasHapus
  75. To Eddie Ionno,

    Penyakit ini sering di diagnosa pada usia 25-40 tahun pada stadium preinvasive. 2-10 tahun kemudian penyakit akan menyebar lebih dalam lagi. Kematian terjadi dalam waktu 3-5 tahun tanpa pengobatan atau yang tidak berreaksi dengan pengobatan.

    Kanker Leher Rahim sering ditemukan pada wanita dalam usia postmenopause ( setelah usia menopause / mati haid, antara 48-51 tahun ).

    Salam.

    BalasHapus
  76. Terimakasih banyak dok atas jawabannya...Sebaiknya jarak berapa lama kalau ingin suntik ulang dan beralih ke merk vaksin yg lain dok?Dan yg ingin sy tanyakan bila ada pasien yg pernh terjangkit hpv tipe 6 dan 11 yg penyebab condyloma dan sudah sembuh dengan terapi dokter. . Apakah jika ingin di vaksin gardasil ada manfaatnya? setidaknya untuk mencegah persenan dari kekambuhannya dan menjamin untuk kualitas hidup yg lebih baik... Apa kalau hpv 6 dan 11 sudah pernah ada riwayat dan akhirnya sembuh total dengan terapi dokter apa vaksin gardasil untuk mencegah tipe 4 virus menjadi ada gunanya untuk hpv tipe 16 dan 18 nya yg notabene berbeda dengan tipe virus 6 dan 11 yg penyebab condyloma..Dgn maksud vaksin gardasil masih bermanfaat bagus untuk mencegah tipe 16 dan 18 nya begitu..Wassalam dan terimakasih banyak dokter yg begitu ramah menjawab setiap pertanyaan kami..

    BalasHapus
  77. To Meary,

    Vaksin anti HPV, merk Cevarix berguna utk virus HPV tipe 16 dan 18, sedangkan vaksin Gardasil utk mengatasi virus tipe 6,11,16 dan 18, jadi lebih banyak yg dapat diatasi.

    Lebih baik kalau divaksinasi dengan Gardasil yg jangkauannya lebih luas. Kita tidak tahu akan terkena ( kalau bisa sih jangan terkena Kanker ini ) dengan virus tipe berapa. Jadi kalau ada vaksin yang jangkaunnya lebih banyak itu lebih baik, meskipun tentu harganya akan lebih mahal. Iya benar Sehat itu mahal ya. Kalau ingin vaksinasi dgn Gardasil, sebaiknya dilakukan secepatnya dalam kondisi tubuh anda sedang sehat.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  78. lamat malam dok.
    teman saya msh gadis tp diketahui αϑα polip serviks & sdh dioperasi. hsl biopsi tdk αϑα tanda2 keganasan,∂ɑи dokter menganjurkan utk vaksin HPV. Vaksin sdh dilaksanakan. Apakah jk sdh αϑα polip serviks,maka vaksin hpv mjd efektif atau tdk dok?

    Terimakasih & sukses sll utk dokter

    BalasHapus
  79. To Dona Indo,

    Polip Cervix adalah tumbuhan yg jinak dan tidak disebabkan oleh Virus HPV. Biasanya hasil biopsinya juga tidak menunjukkan tanda-tanda keganasan ( kanker ).

    Anjuran utk dilakukan vaksinasi HPV adalah anjuran yg bijaksana. Baguslah kalau sudah diberi vaksinasi HPV yg efektip utk mencegah Kanker Leher Rahim ( cervix ).

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  80. Anonim9:58 PM

    Selamat malam dok,
    Sy wati dok maaf mau tanya jadwal sy imunisasi gardasil ke duakan.bulan september ini.tangal 24, tp seandainya telat sampai oktober apa boleh dok? Atau.apa.harus mngulang dr pertama? Mohon penjelasannya dok, terimakasih banyak dok

    BalasHapus
  81. To Wati,

    Jadwal imunisasi Gardasil sudah dfitentukan ole3h pabrik pembuatnya, sbb:

    - diberikan vaksinasi ke 1,2 dan ke 3 yaitu pada bulan ke o , bulan ke 2 dan ke 6 , yg diberikan dalam masa 1 tahun.

    - bila ada peribahan jadwal, maka vaksinasi ke 2 diberikan pada minimal 1 bulan setelah vaksinasi ke 1 dan vaksinasi ke 3 diberikan 3 bulan setelah vaksinasi ke 2.

    Mengapa anda menunggu sampai bukan Oktober ( vaksinasi ke 2 ), bukankah saat ini masih bulan September tgl 17. Masih keburu bukan?

    Dalam keadaan yg tidak dapat diatasi ( pergi keluar kota atau keluar megeri ), maka vaksinasi ke 2 dapat diberikan pada bln Oktober dan seluruh vaksinasi ( 3 kali vaksinai ) ini diberikan dalam waktu 1 tahun.

    Silahkan anda berkonsultasi langsung dengan Dokter anda.

    Salam.

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. To Meary,

    Pertanyaan sebenarnya sudah dijawab oleh saya.

    Vaksin Gardasil utk mencegah virus HPV tipe 6, 11, 16 dan 18, jadi bisa utk penyakit Condyloma acuminata yg diusebabkan oleh virus tipe 6 dan 11.

    Salam.

    BalasHapus
  84. Terimakasih dok... Yg saya ingin tanyakan vaksin ini kan untuk yg belum pernah terjangkit dan untuk mencegah virus 6 dan 11 penyebab condyloma... Tapi ini masalahnya lain saya sudah pernah ada riwayat terkena condyloma dan saya mendapat terapi dari dokter kulit dan akhirnya bisa sembuh total.. Apakah jika saya setelah sembuh ingin vaksin gardasil bisa terhindar dari virus itu kambuh atau datang lagi? atau malah tidak bermanfaat lagi jika di vaksin karena sebelumnya sudah pernah terkena..

    BalasHapus
  85. To Meary,

    Genital wartz ( Condyloma acuminata ) disebabkan pleh virus HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. Kalau sudah sembuh dari kelainan ini dan kalau anda ingin melakukan vaksinasi Gardasil yg dapat mencegah infeksi Virus HPV tipe 6, 11, 16 dan 18. mestinya sih dapat mencegah infeksi Condyloma acuminata.

    Sebenarnya tindakan vaksinasi terhadap sesuatu penyakit tidak 100 % melindungi terhadap penyakitnya, tetapi kalaupun masih terkena penyakitnya maka tidak akan sehebat kalau dibandingkan bila tidak dilakukan vaksinasi. Harap anda maklum.

    Salam.

    BalasHapus
  86. Dok.. kalo hbsag (+) boleh tidak vaksin hpv? Trims

    BalasHapus
  87. To Veronika


    Dalam brosur vaksinnya (Gardasil) pemberian vaksin ini tidak ada kontra indikasi bila pasien
    mempunyai mempunyai HbsAg +. Jadi boleh diberikan.

    Salam

    BalasHapus
  88. Selamat malam pak dokter..
    Saya ingin bertanya..apakah vaksin hpv ini aman dok?karena saya baca diartikel ada yg mengatakan vaksin sebenarnya berbahaya dan berasal dari virus hewan atau yang lain...dan bisa mengakibatkan kematian.. terima kasih dok.

    BalasHapus
  89. To Ivana Lie,

    Di dunia maya ada banyak berita atau artikel yg dapat kita baca. Ada yang benar, ada yang tidak benar dan ada yang meragukan.

    Di dunia farmasi atau obat-obatan sebelum obat, vaksin dan lain-lain produk sebelum dijual, sudah mengalami clinical trial bertahun-tahun. Bila masih ada keburukan maka produk itu tidak bisa dijual utk konsumsi masyarakat.

    Untuk membuat ATS ( Anti Tetanus Serum ) di pergunakan Kuda yang disuntik kuman Tetanus dan Kuda akan membentuk zat kekebalan. Zat ini kemudian diolah kembali untuk mendapatkan ATS yang dijual utk masyarakat yg membutuhkan. Demikian pula vaksin HPV, bertahun-tahun dilakukan penelitian dan percobaan dilakukan untuk mendapatkan vaksin HPV yang siap dipergunakan utk masyarakt yg membutuhkan. Biaya penelitian ini juga membutuhkan biaya besar sehingga harga vaksin juga relatip tinggi.

    Saya belum pernah mendengar orang yg divaksinasi dgn vaksin HPV meninggal dunia. Seseorang meninggal dunia dapat disebabkan oleh banyak hal spt: usia lanjut, penyakit dan komplikasinya, kecelakaan, dibunuh orang, bunuh diri dll sebab.

    Kalau anda khawatir tentang vaksin HPV ini maka sebaiknya anda tidak usah divaksinasi HPV.

    Salam.

    BalasHapus
  90. Hi Dok, sy barusaja menemukan artikel ini. Sy mau tnya, hrsnya sy suntik hpv yg ke 3 tgl 5 januari kmrn tp smpai skrg (feb 25) sy blm suntik krn sy brada d luar negri. Apabila sy suntik yg k 3 skrg masih bisa? Atau sy hrs mengulang dri awal? Trimakasih dok.

    BalasHapus
  91. To Ellen Lian,

    Jadwal vaksinasi seharusnya ditepati kalau sudah jatuh tempo. Kalau anda sedang diluar kota / diluar negeri anda bisa minta bantuan Dokter terdekat.

    Mengingat vaksinasi HPV anda untuk yg ke 3 ( 5 Jan ) sekarang sudah tgl 26 Peb, ya mau tidak mau harus dilakukan juga utk menggenapi banyknya vaksinasi yi 3 kali penyuntikan. Segeralah anda berkonsultasi dengan dokter yg menyuntik HPV yg ke 1 dan ke 2.

    Salam,
    Basuki Pramana

    BalasHapus
  92. Anonim6:22 AM

    Selamat pagi dokter..saya rima 22 th.. pada saat saya usia 18 th saya sudah di vaksinasi cevarix sepaket (3x suntikan), nah setelah saya tau gardasil memiliki komposisi untuk pncegahan HPV lebih lengkap saya ingin di vaksin Gardasil...apakah boleh dokter jika telah di vaksin cavarix sebelumnya?
    Terimakasih dokter

    BalasHapus
  93. To Rima,

    Vaksin HPV Cervarix dapat melindungi diri dari virus tipe: 16 dan 18, sedangkan vaksin Gardasil melindungi dari virus tipe: 6,11,16,18. Jadi lebih banyak tipe virus yg dapat dilindungi.

    Bila masalah dana tidak menjadi soal, anda bisa saja divaksinasi ulang dgn vaksin Gardasil. Silahkan anda berkonsultasi langsung dengan Dokter anda.

    Salam,
    Basuki Pramana

    BalasHapus
  94. Malam dok,

    Untuk pemberian ketiga rangkaian suntik cervarix apa harus dilakukan di RS yg sama? Atau boleh di RS yg berbeda?
    Kemudian apakah akan ada efek negatif bila suntikan yg ketiga terlambat dilakukan dari jadwal yg seharusnya?

    Trims

    BalasHapus
  95. To Fitri,

    Vaksinasi ini bisa dilakukan di RS yg berbeda asal diberi vaksin yg sama.
    Vaksinasi hendaknya dilakukan tepat pada waktunya ( jatuh temponya benar ). Kalau beda 1-2 hari tidak apa2, tapi kalau sampai 1 bulan te3ntu akan mempengaruhi terbentuknya antibody untuk penyakit Kankernya.

    Semoga bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus
  96. pagi dokter.. sy ingin bertanya.. untuk vaksin cervarix, suntikan kedua dan ketiga jika diberikan sebelum satu bulan dan 6 bulan jadwal yg direkomendasikan bgmn dok? (sekitar 10 hari lebih awal) apa mengurangi efektivitas vaksin dokter? terima kasih

    BalasHapus
  97. To Andjasti R,

    Jadwal pemberian vaksin itu sudah diadviskan oleh pabrik pembuatnya. Bila diberikan tidak pada jadwalnya dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pembentukan zat anti ( antibody) oleh tubuh pasien. De3mikian semoga membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  98. Dok, apakah vaksin hpv bisa diberikan pada pasien dgn herpes simplex?
    Dan apakah efektif?

    BalasHapus
  99. To Ari,

    Vaksin HPV utk pencegahan Kanker Leher Rahim. Menurut brosure vaksin ini tidak bisa untuk pencegahan penyakit Herpes simplex.

    Salam.

    BalasHapus
  100. terimakasih banyak untuk pembahasannya ini sangat membantu

    BalasHapus
  101. Terima kasih sudah berkunjung.
    Salam.

    BalasHapus
  102. Anonim12:20 PM

    Halo Dok, nama saya Intan, umur 25 tahun dan belum punya anak. Yg saya mau tanyakan :
    1. Saya belum pernah vaksin HPV tapi saya sudah pernah berhubungan seksual (namun tidak mengeluarkan sperma di dalam, dan memakai kondom) sejak umur 22 tahun. Saya pun hanya berhubungan dengan suami saya seorang. Dan sekarang saya berencana untuk suntik HPV. Apakah saya perlu di papsmear terlebih dahulu?
    2. Jika perlu papsmear, apakah boleh setelah papsmear langsung suntik HPV di hari yang sama?
    3. Misalnya suntikan ke-3 saya di tgl 11 Januari, apakah setelah itu saya boleh langsung berhubungan seksual untuk punya anak, misalnya di tgl 15 Januari?
    Terimakasih Dok

    BalasHapus
  103. To Intan,
    1. Di dalam brosure vaksin Gardasil, tindakan pap smear tidak disinggung. Tidak perlu Papsmear dahulu.
    2. Tergantung dari hasil papsmearnya, kalau hasilnya baik, boleh langsung divaksinasi HPV.
    3. Disebutkan bila wanita sedang hamil kemudian dilakukan vaksinasi HPV, dapat menyebabkan ganguuan Janin yg dikandungnya. Kalauy mau Hamil, silahkan hamil dahulu setelah melahirkan boleh divaksinasi HPV. Pada Ibu yg sedang menyususi boleh di vaksinasi dg vaaksin HPV..

    Semoga dapat membantu.

    Salam,
    Basuki Pramana.

    BalasHapus
  104. Anonim5:53 PM

    Maaf saya putri, saya ingin bertanya apakah suntik hpv berpengaruh dengan datang bulan ?
    Lalu ibu saya sudah 5 thn sudah tidak haid lagi, pada dua bulan terakhir ini. Beliau kembali haid. Dahulunya beliau pernah vaksin tersebut. Apakah vaksin tersebut memang punya efek seperti itu atau memang normal org yg sudah tidak haid kembali haid lg ?

    BalasHapus
  105. Halo Dokter mau tanya nih..
    Saya ada jadwal vaksin cervarix ke 3 hari ini tpi saya lupa.. kbetulan besok lgi longweekend ,poli nya tutup, saya balik ke RSnya 3 hari lgi untuk vaksin...
    kalo telatnya smpe 3 harian gtu gmna dok..?? Saya takutnya jadi sia" vaksinnya.. :(

    BalasHapus
  106. To Putri,

    Vaksinasi HPV tidak berpengaruh terhadap siklus haid.
    Ibu anda yang sudah berhenti haid ( menopause ) kemudian 2 bulan terakhir datang bulan ( haid ) lagi, ini perlu diperiksa lebih lanjut. wanita yg sudah menopause 5 tahun biasanya tidak akan mendapoat haid kembali, karena sudah tidak subur lagi. Sebaiknya Ibu anda berkonsultasi kepada Dokter Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandung terdekat.

    Salam

    BalasHapus
  107. To Pramesti Putri,

    Lupa memang sifat manusia, karena kesibukan kita bisa menjadi lupa.

    Agar tidak lupa bagi akseptor KB yg mesti suntik ulang tiap 1 atau 3 bulan, cacatlah tgl jatuh tempo suntik ulang ini di kalender yg tiuap hari dilihat.

    Demikian pula bagi yg harus divaksinasi ulang, cacatlah di kalender tgl tsb.

    Kalau sudah terlewat beberapa hari karena alasan tertentu, lakukan saja vaksinasi nya. Jangan ditunda-tunda lagi.

    Salam.

    BalasHapus
  108. Anonim3:44 PM

    Dok saya sudah suntik dua kali menggunakan gardasil, lalu yang ke tiga kalinya menggunakan obat cevarix karna beda dokter. Apakah itu tidak apa2 dok? Apakah berpengaruh dengan suntik saya yg pertama dan kedua?

    BalasHapus
  109. To Anonim,

    Vaksin HPV ada 2 yaitu: Gardasil dan Cevarix. Masing-masing diberikan 3 kali dengan vaksin yg sama merknya agar memberikan hasil yg baik menurtut pabrik vaksinnya.

    Kalau anda pindah dokter, anda bisa minta diberikan vaksin yang sama dgn yg sebelumnya (gardasil). Kalau sudah terlanjur disuntikkan, ya apa mau dikata lagi.

    Masing2 vaksin mempunyai efek kerja yg khas.

    Salam,

    BalasHapus
  110. Sore dok
    Saya tika. Saya sedang menjalani vaksin hpv sudah melakukan suntik yg kedua. Dan besok tgl 16 oktober saya akan melakukan suntik yg ke tiga. Seumpama saya hamil sebelum melakukan suntik yg ketiga, apa saya harus mengulang suntik vaksin hpv dr awal? Karena dokter menganjurkan untuk tdk hamil dulu dan tdk bole berhubungan dengan suami. Tapi kemarin pada tgl 5 oktober saya berhubungan disaat masa subur. Di khawatirkan akan terjadi kehamilan pd saya. Terimakasih dok mohon jawabanya.

    BalasHapus
  111. To Tika,

    Anda melakukan vaksinasai HPV sudah suntikan ke 2. dan dokter anda menganjurkan jangan hamil dahulu. Tgl 5 Okt anda melakukan ML dg suami. Sebaiknya suami anda memakai Kondom agar mencegah kehamilan. Kalau tidak pakai Kondom dikhawatirkan dapat hamil. Jadi anda melanggar advis dokter anda. Kalau anda benar hamil ( bln depan lakukan tes kehamilan ). maka suntikan ke distop dahulu. Sebab ibu hamil tidak boleh divaksinasi HPV.
    Silahkan anda berkonsultasi dengan dokter yg melakukan vaksinasi HPV.

    Salam

    BalasHapus
  112. Selamat mlm dok, sy vivi sy ingin brtnya sy kan sudah vaksin hpv yg kedua, yg ktiga jdwlny 5 bln lg. Sy itu divaksin tanpa papsmear dulu pdhl sdh prnh aktif berhub seks. Yg mw sy tnykan adl knp ya kdg2 sy suka keputihan brwarna cklt tp hny sdkit dan sy tdk mrs skt atau gatal n tdk berbau jg. Kira2 pnyebabnya apa ya dok? Apakah bisa krn kecapean atau stress atau memang krn hal2 lain? Trs stlh dvaksin jg keluar sprti itu tiap hri. Ini sih baru 1 mnggu sejak vaksin yg kedua. Trs dok apabila sy ingin cek keadaan sy k dktr kandungan apakah blh mengingat sy msh hrs vaksin hpv yg ketiga 5 bln lg? Tktny kl diperiksa sy dsruh papsmear dan diberi obat? Mhn bantuannya ya dok.

    BalasHapus
  113. To Vivi,
    Wanita normal tidak mengeluarkan cairan berwarna, kuning, putih, kemerahan, kehijauan, tidak terasa gatal. Bila anda merasa ada gangguan pada organ seks anda, anda dapat melakukan tes Pap smear. Dokter anda akan mengambil sedikit lendir dan organ anda dan mengirimkan ke Lab. Klinik terdekat utk melihat ada kelainan apa. Bila berwarna putih dan terasa gatal, kemungkinan infeksi oleh jamur Candida albicans, yang dapoat diobati dengan minum tablet anti Jamur. Selain warna putih, penyebabnya bisa karena bakteri lain. Nanti bisa dilhat bakteri apa yang ada dari hasil papsmear anda. Silahkan berkonsultasi dengan Dokter anda.

    Semoga dapat membantu.

    salam.

    BalasHapus
  114. dear dokter

    saya sudah vaksin cervarix di tgl 28 oct , menurut dokter saya , saya harus kembali lagi utk suntik ke dua di tanggal 28 des , tetapi jika saya browsing di internet soal vaksin cervarix harus ny saya kembali di 28 nov, yg mana yg benar ya dok? mohon di bantu ya dek

    terimakasih

    salam

    nisya

    BalasHapus
  115. selamat sore dokter, ingin bertanya.. apabila saya ingin vaksin hpv cervarix yg ke-3 yang dijadwalkan tgl 28 november sedangkan skrg masih tgl 2 apakah boleh tanggal skrg saja asal bulan november begitu? Namun setelah saya baca dari pertanyaan para pembaca, kasus yang mirip seperti ini 10 hari lebih awal dari tanggal yang dijadwalkan dan dijawab oleh dokter sebaiknya sesuai tanggal karena dikhawatirkan berpengaruh terhadap pembentukan zat antibodi pada tubuh pasien. Jadi dalam kata lain, pemberian vaksin yang terlalu awal dari tanggal dan terlalu lama dari tanggal sama-sama tidak boleh? benar begitu dok?

    terimakasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Anggara,

      Oleh pabrik pembuat vaksin HPV diberikan pada: 0, 2, 6 bulan.
      Jadi sebaiknya taatilah/upayakan tanggal jatuh tempo ini tepat waktunya. Pemberian vaksin ini akan berpengaruh pada pembentukan antibody ( zat kekebalan ) pada pasien.

      Jadi kalau vaksinasi ke 3 ini jatuhmya tgl 28 Nov ya suntiklah pada tgl tsb.
      Anda dapat menanyakan langsung kepada dokter yang memberikan vaksinasi ini.

      Salam.

      Hapus
  116. To Anisya Suganda,

    Jadwal vaksinasi HPV adalah: 0, 2, 6 bulan.

    Jadi bila anda divaksinasi yg pertama tgl 28 Okt 2015, maka yg ke 2 jatuhnya tgl 28 Des dan yg ke 3 jatuhnya tgl 28 Maret 2016.

    Semoga dapat membantu.

    Salam.

    BalasHapus
  117. indah..
    selamat sore dok saya usia 40 thn.tadi saya vaksinasi gardasil pertama dengan sebelumnya saya pap smear hasil bagus..tapi tadi dokter tidak menyarankan saya vaksinasi hanya meyarankan saya pap smear rutiin saja 1 thn sekali...apakah benar dok tadi saya vaksinasi tidak pengaruh apa apa buat saya karena usia saya 41 thn..terimakasi dok

    salam

    BalasHapus
  118. To Indah,
    Vaksinasi HPV diberikan kpd wanita remaja, wanita dewasa dan tidak diberikan kpd wanita sedang hamil dan menyusui.
    Hsl Papsmear anda bagus. Jadi tidak ada halangan utk vaksinasi ini.
    Anda dapat bertanya langsung kpd Dokter anda apa alasan tidak usah vaksinasi lagi? Faktor usia kah atau alasan lain?

    Salam

    BalasHapus
  119. To Indah,
    Vaksinasi HPV diberikan kpd wanita remaja, wanita dewasa dan tidak diberikan kpd wanita sedang hamil dan menyusui.
    Hsl Papsmear anda bagus. Jadi tidak ada halangan utk vaksinasi ini.
    Anda dapat bertanya langsung kpd Dokter anda apa alasan tidak usah vaksinasi lagi? Faktor usia kah atau alasan lain?

    Salam

    BalasHapus
  120. Slamat pagi, Dok....
    Dok mw nanya ni, skrg sy usia 30 thn Mw menikah , pd saat usia 29 sy sudah pernah vaksin HPV , apakah skrg perlu suntik vaksin tetanus dok? Trimakasih dok.. Sbelumnya...

    BalasHapus
  121. Terima kasih banyak pak dokter, penjelasan serta jawaban atas pertanyaan pertanyaan di blog ini sangat membantu saya.......

    BalasHapus
  122. Anonim5:08 PM

    Dok.. saya mau tanya... saya menyimpan gardasil di dalam freezer dari jam 20.30 sampai jam 8 pagi... apakah vaksin tersebut menjadi rusak atau masih bisa berfungsi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Anonim,

      Vaksin Gardasil mesti disimpan pada suhu 2-8 derajat Celsius. Bila dibekukan ( freeze ) vaksin akan rusak dan jangan kena sinar matahari langsung, bisa rusak.

      Salam,

      Hapus
  123. Anonim7:19 AM

    Sore dok saya Igna,

    Apakah boleh pasien kanker lain seperti kanker payudara (bukan kanker serviks) mendapatkan vaksin HPV?apakah vaksin itu tetap efektif? Atau malah membahayakan pasien kanker tersebut?trima kasih

    BalasHapus
  124. To Igna,

    Vaksin HPV misalnya Gardasil dipergunakan untuk mencegah Kanker Leher Rahim yg disebabkan oleh HGuman Papillomaq Virus tipe 611, 16 dan 18. Vaaksin ini tidak dapat melindungi penderita dari Kanker jenis lain. Di dalam brosure vaksin Gardasil tidak disinggung efek penggunaannya terhadap Kanker lain seperti Kanker Payudara.
    Demikian semoga maklum.

    Salam.

    BalasHapus
  125. Dok, sya sblmx pndrita cin 2 dn sdh d oprsi. Dn doktr mnytkan sy sdh bbas dr cin 2. Yg sy mw tnyakan bhyakah jika vaksin ke 3 tdk d lkkukn? Jd hnya vaksin 1 dn vaksin 2 sja.

    BalasHapus
  126. To Kemuning,

    Vaksin HPV mesti diberikan sebanyak 3 kali suntikan. kalau hanya diberikan 1 atau 2 kali maka zat kekebalan yg terbentuk tidak akan semaksimal, bila dibandingkan kalau diberikan sebanyak 3 kali. Jadi kurang bermanfaat.

    SAalam,

    BalasHapus
  127. dokter bagaimana kalo vaksi yg kedua terlambat 1 bulan dan apakah mempengaruhi hasil dan jadwal yg selanjutnya?terima kasih

    BalasHapus
  128. To Faruk S,

    Oleh pabrik pembuatnya sudah ditentukan tanggal pemberian vaksinasi itu. Sebaiknya ditaati. Berilah tanda di kalender anda agar tidak lupa, tetapi kalau sudah terlanjut terlambat suntiknya, ya teruskan saya, dari pada vaksinasi tsb tidak diberikan.

    Salam.

    BalasHapus
  129. Dok, jadwal suntik gardasil saya yg pertama tgl 21/3, yg kedua kalo ga slh tgl 24/5 krn ktemu weekend, dokternya gak praktek. Seingat saya, dokter saya pernah bilang kalo ada halangan, telat bbrp hari gak masalah, biar suntikan sebelumnya bisa bekerja lebih maksimal. Tapi dari komentar diatas, vaksin bisa diberikan pd saat menstruasi, apa masih efektif vaksin nya kalo telat seminggu?

    BalasHapus
  130. To Sinsilya Y,

    Vaksinasi Gardasil oleh pabrik pembuatnya sudah ditentukan jadwal pemberiannya. Jadi sebaiknya dituruti jadwal jatuh temponya, tetapi kalau ada alasan tertentu ya apa boleh buat.

    Salam,
    dr. Basuki P.

    BalasHapus
  131. Anonim11:51 PM

    Dok saya mau tanya..
    Istri saya displasia sedang dan tidak ganas,sudah dioperasi 2x tapi belum sembuh.dokter nganjurin utk program hamil terlebih dahulu.cuman istri saya minta divaksin hpv karena takut penyakitnya makin parah.gimana solusi dari dr Basuki.
    Salam,
    Saeful

    BalasHapus
  132. Si;lahkan anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Ahli Kebidanan terdekat.

    Salam

    BalasHapus
  133. Anonim7:39 AM

    Pagi dok, sy ingin bertanya dok.. Jika sy suntik gardasil hanya 2x karena yang ketiga waktu itu diluar kota selama 1 tahun.. Apakah sy harus suntik ulang atau gimana dok? Terima kasih dok

    BalasHapus
  134. To Anonim,

    Maaf baru dibalas karena kesibukan saya.

    Semua vaksinasi diberikan sesuai jadwal yang diberikan oleh pabrik pembuatnya, termasuk Gardasil.

    Bila untuk yang ke 3 kalinya, anda sedang berada di tempat lain / diluar negeri, anda sebenarnya bisa menghubungi klinik/Rumah Salit/ Dokter praktek terdekat di negara tsb. Mengapa anda tidak melakukannya?

    Vaksinasi Gardasil diberikan dgn jadwal: 0, 2, 6 bulan. Semuanya diberikan dalam jangka waktu 1 tahun.
    Vaksinasi Gardasil tidak perlu diberikan vaksinasi booster ( ulangan ).

    Untuk lebih jelasanya silahkan anda berkonsultasi dengan Dokter yang memberikan vaksinasi Gardasil terdahulu.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam,

    BalasHapus
  135. Mlm dok..saya mau tanya setelah baca2 tanya jawab dokter diatas bahwa vaksin sebaiknya dilakukan sesuai jadwal yaitu 3x dlm 1 thn..kebetulan untuk vaksin yg ke 3 ini sya terlambat seminggu dikarenakan vaksin masih kosong (stoknya dipabrik masih kosong) ini apa saya harus mengulang vaksin ke 1 dan 2 ? Dan bila sya tidakvharus mengulang vaksin ke 1 dan 2 brp lama lagi batas waktu saya untuk vaksin ke 3? Mohon bantuan jawabannya dokter trimakasih byk sebelumnya..

    BalasHapus
  136. To Herna A,

    Bila stok vaksinya kosong ya saya juga tidak bisa menjawab.

    Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yg memberikan vaksin tsb. Mungkin dokter tsb mempunyai kenalan apotik / dokter lain di kota terdekat untuk vaksin tsb.

    Salam,
    dr. Basuki P.

    BalasHapus
  137. Anonim3:52 AM

    Pagi dok,

    Mau tanya, kalau misal dulu (sudah lama sekali sebelum menikah) saya pernah vaksin anti hpv gardasil disuntik oleh teman yg kebetulan dokter umum tapi saya tidak yakin/lupa sudah 3x atau belum itu bagaimana ya? Harus ulang lagi dari awal atau bagaimana? Masalahnya saya sudah lama lost contact sama teman saya itu.

    Kondisinya sekarang saya sedang menyusui, apakah boleh saya mengulang suntik vaksin anti hpv?

    Terima kasih dokter

    BalasHapus