Minggu, Agustus 30, 2009

Corpus alienum


Pagi ini saya kedatangan Pak S, 39 tahun, seorang Tukang Las. Keluhan Pak S mata kanan terasa nyeri, tidak nyaman setelah mata terkena serbuk besi ( gram ? ) ketika kemarin ia bekerja. Padahal katanya saat bekerja, ia selalu memakai kacamata hitam, tetapi tidak memakai Topi pengaman sehingga mungkin saja benda asing yang lembut dan keras dapat memasuki mata kanan Pak S.

Dengan lampu senter dan kaca pembesar saya memeriksa mata kanan Pak S.
Di bagian kiri ( posisi jam 03.00 ), pada Kornea mata kanannya terdapat suatu garis keputihan sepanjang sekitar 1 mm. Mungkin suatu corpus alienum ( benda asing ) atau luka kornea.

Mata Pak S mesti diperiksa lebih lanjut dengan alat yang lebih canggih seperti suatu Slit lamp ( mikroskop mata yang dilengkapi dengan lampu senter ). Alat ini tentu ada di Klinik Mata yang cukup lengkap ( Eye Centre ) dan tenaga ahli Dokter Mata .

Oleh karena hari Minggu, saya hanya memberikan resep obat Salep Mata Antibiotika untuk mencegah adanya infeksi dan tablet penghilang rasa nyeri. Pak S dipesan agar besok pagi segera memeriksakan mata kanannya ke Eye Centre di kota kami.

Semoga mata Pak S dapat disembuhkan.

Pesan:

Di saat kita melakukan pekerjaan, kita mesti menggunakan alat-alat keselamatan kerja seperti: Masker, Kacamata, Topi, Helm, Sarung tangan, Sepatu boot, Jaket, Tali pengikat tubuh dll  yang sesuai dengan pekerjaan masing-masing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar