Sabtu, April 17, 2010

Semua Umur





Saya sering mendapat pertanyaan dari Pasien / calon Pasien, seperti kisah berikut.

---

Suatu pagi, seorang wanita muda datang dan mengetuk pintu rumah kami. Setelah berhadapan dengan saya, ia bertanya “Dok, apakah hari ini buka praktik?”

Saya menjawab “Buka, pagi sampai pukul 10.”

Ia balik bertanya “Apa bisa periksa pasien Anak-anak?”

Saya jawab sambil tersenyum “Bisa, saya periksa pasien semua umur: Bayi, Anak-anak, Dewasa, Kakek dan Nenek.”

“Baiklah, sebentar saya beritahu orang tuanya dulu.”, wanita itu balik kanan dan meninggalkan rumah kami.

Tampaknya wanita itu low educated, tetapi sikapnya jujur dan lugas. Mau bertanya agar tidak sesat di jalan.

Benar. Malu bertanya sesat di jalan.
Bulan lalu ada 3 Pasien yang menunggu giliran diperiksa.
2 Pasien selesai diperiksa dan Pasien ke 3 seorang wanita, 30 tahunan masuk ke dalam Ruang Periksa saya.

Saya bertanya kepadanya “Nama anda siapa dan apa keluhan anda?”
Ia menjawab “Dok, saya mau cabut gigi!”

Glek…saya kaget juga. Wah…salah alamat nih.
Ia tidak bertanya kepada Pasien sebelumnya dan tidak membaca papan nama saya. Ia tidak tahu bahwa saya adalah dokter praktik umum. Kalau mau cabut gigi, mesti datang ke tempat praktik Rdg. E, tetangga kami. Lama ia menunggu giliran dan ketika tiba giliran masuk, ia salah alamat. Banyak waktu terbuang dan harus menahan malu lagi.

---

Isteri saya yang praktik umum juga sering mendapat kunjungan pasien yang mengikuti KB ( Keluarga Berencana ). Ada yang pasang Spiral, ada yang suntik KB ( tiap 1 atau 3 bulan ) atau ada yang pasang Susuk KB. Tidak jarang Pasien menganggap isteri saya adalah Ahli Kebidanan.

Pasien Anak-anak juga sering berkunjung ke tempat praktik isteri saya, sehingga dianggap Ahli Anak. Padahal kami yang dokter pratik umum melayani pasien dari bermacam golongan umur ( semua umur ) dan melayani semua penyakit. Tahu semua penyakit tetapi hanya tahu sedikit-sedikit. Berbeda dengan Teman Sejawat Dokter Spesialis yang tahu banyak tetapi hanya tahu penyakit Mata saja, hanya tahu penyakit Jantung saja atau hanya tahu penyakit THT saja dll tergantung dari spesialisasinya.

Pesan sponsornya: Jangan malu untuk bertanya, sebab sampai sekarang masih gratis.-

11 komentar:

  1. Salam damai sejahtera dokter.

    Blog ini sangat bermanfaat. GBU

    BalasHapus
  2. To J. Siahaan,

    Makasih sudah berkunjung.Semoga dapat bermanfaat bagi para Blogger.
    Kapan anda diwisuda?

    Salam sukses.

    BalasHapus
  3. Salam damai sejahtera dan salam sukses juga dokter.

    Menurut kalender akademik bulan mei akan diadakan wisuda, sekarang tinggal mempersiapkan ujian kompetensi aja dok.


    Dok, saya penggemar konsultasi kesehatan dokter elga cuman saya kecewa ternyata konsultasi kesehatannya sudah tutup ya?padahal dari dulu saya suka sekali berkunjung karena bagus bangat ruang konsultasinya dok...

    Kpan dibuka lagi dok?

    BalasHapus
  4. To J. Siahaan,

    Semoga semuanya berjalan lancar. Amin.

    ISP Cirebon Elga net sudah almarhum beberapa tahun yg lalu. Saya mengasuh Rang Konkes disana selama 7 tahun.

    Sekedar sharing dengan para Netter saat itu. Sata bekerja nonprfit bahkan biaya telepon saya bayar sendiri. Tidak apa semoga dapat berguna bagi yang membutuhkannya.

    Salam sukses.

    BalasHapus
  5. Shalom dokter.

    TUHAN YESUS akan meperhitungkan setiap jerih payah dokter dan semuanya tidak akn sia - sia. 1 kor 15 : 58. Sebab melayani dalam konkes tersebut, dokter sudah menjadi saluran berkat bagi orang lain dan akhirnya bisa memberikan kasih kepada setiap orang tanpa pamrih (Agape).

    Dok, saya boleh mendapatkan alamat email atau FB dokter untuk sharing?bagaimanapun saya adalah dokter baru yang masih perlu belajar banyak dari para senior seperti dokter.

    Saya sudah berkali - kali mencoba membuka web http://crb.elga.net.id, maksud hati membaca kembali isinya karena itu adalah kumpulan pengalaman yang berharga, sebagai contohnya yang sangat saya ingat adalah saat seorang pasien bertanya tentang batuk kronis. Dokter menyarankan memberi vermiside. ini memberi inspirasi yang sangat berharga bagi saya karena batuk kronis tidak selalu disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Sindroma loeffer juga dapat menyebabkan batuk kronis, terimahkasih telah menjadi inspirasi buat saya. TUHAN YESUS memberkati dokter dan keluarga aman dalam perlindunganNYA selalu, Amen.

    BalasHapus
  6. Shalom dokter.


    Setiap pelayanan dokter menjadi saluran berkat bagi orang lain tidak akan sia - sia (1 kor 15 : 58). Dokter telah memberikan kasih kepada orang lain tanpa pamrih (Kasih Agape) melalui web tersebut.

    Dok, bolehkah saya mendapatkan alamat email, Fb dokter untuk sharing? bagaimanapun saya sebagai dokter yang baru perlu belajar banyak dari para senior seperti dokter.

    Sayang sekali konkes di web http://crb.elga.net.id telah almarhum, padahal saya ingin kembali membacanya, karena isinya adalah kumpulan pengalaman yang sangat berharga. Satu pengalaman yang menjadi inspirasi saya adalah saat dokter melayani seorang yang batuk kronis. Dokter menyarankan vermiside. saya terkagum dengan penyelesaian yang dokter berikan sebab telah memberi inspirasi kepada saya untuk tetap memikirkan peny. Trop. Med. Sindroma loffer mgkn masih banyak dijumpai karena higiene dan sanitasi personal yang buruk. Terimahksaih telah menjadi inspirasi buat saya.Bolehkah saya mendapatkan copy pengalaman dari konkes dokter? TUHAN YESUS memberkati dan melindungi dokter sekeluarga. Amen.

    BalasHapus
  7. Shalom..waduh maaf dokter...saya mengirim comment terlalu banyak, saya lupa kalau semua comment harus disetujui dulu baru dimunculkan...maaf ya dokter, atas kelalaian saya. Saya dari tadi melihat hasil postingan tidak ada makanya saya kirim berkali - kali sampai saya membaca, kalau comment terlebih dulu diterbitkan baru muncul....

    BalasHapus
  8. To J. Siahaan,

    Ada seorang mantan guru SD saya ketika saya sekolah tahun 1957 yang bermarga Siahaan. Beliau orangnya tegas tetapi baik hati. Saat ini beliau masih hidup dan se Gereja dg kami. Isterinya bertahun-tahun menjadi salah seorang Majelis Jemaat Gereja kami. Hubungan kami tetap baik.

    Sejak 2004 saja menjadi dokter di Panti Wreda milik gereja kami. Saya bekerja nonprofit juga sebagai tugas pelayanan saya di tempat itu. Opa dan Oma disana banyak membutuhkan pelayanan kesehatan.

    ISP Cirebon Elga net sudah almarhum dan Pak H sebagai Webmasternya juga sudah bekerja di tempat lain sebagai seorang wiraswasta. Maka saya mencari lahan lain untuk memberikan pelayanan bagi orang-orang lain baik di Blog atau di Panti Wreda. Saya tidak mengharapkan pahala atau lainnya. Tuhan Maha tahu, Maha Mendengar dan Maha Melihat. Bila saya diberkati saya sangat berterima kasih. Dalam usia di atas 60 masih dapat menulis di Blog saja sudah merupakan berkat yang besar bagi saya. Kadang saya malu dengan yang masih muda yang kemampuannya tentu jauh lebih bagus dari pada saya. Yah..talenta saya hanya itu, saya syukuri saja talenta ini. Sekecil apapun talenta yang kita miliki akan sangat bermanfaat bagi orang-orang lain. Semoga Tuhan selalu memberkati kita semua. Amin.

    basuki.pramana@gmail.com

    BalasHapus
  9. To J. Siahaan,
    Emang di Blogger.com ada seetting spt itu. Bila ada Blogger yg beri Komentar, akan ada email yang masuk ke Inbox saya di gmal.com. Saya yang akan sortir apakah Komentar2 yg masuk itu layak tayang atau tidak. Kalau isinya Negatip/menghina perasaan orang lain, akan saya blacklist.

    Jadi komentar anda yang anda tuliskan itu tidak serta merta akan muncul ( emang menjengkelkan yg beri Komentar ) tapi menunggu saya ijinkan atau tidak. Kalai diijinklan, saya juga akan bersiap mau menjawab apa thd Komentar yg masuk itu.

    Selama ini sih baik-baik saja, meskipun ada satu / dua Komentar yang saya blacklist dari pada menjinggung perasaan orang lain atau bahkan saya sendiri.

    Salam sukses.

    BalasHapus
  10. Shalom dokter..


    Senang bisa berkenalan dengan dokter, pengen membaca semua isi blog dokter tapi waktu juga yang membatasi saya mengingat saya harus tetap blajar untuk mempersiapkan ujian kompetensi dokter indonesia bulan mei ini. Bulan mei sangat berarti buat saya agar bisa praktek seperti dokter melayani orang - orang yang membutuhkan kesehatan.

    Boleh jawaban ini dikirim juga ke Alamat gmail saya dokter? Email saya:JEKSON.SIAHAAN.Sked@gmail.com

    TUHAN YESUS memberkati.

    BalasHapus
  11. Dear J. Siahaan,

    o.k. no problem.

    Belajarlah sungguh-sungguh agar Ujian anda sukses.
    Bila ada waktu atau bila sedang Bt silahkan berkunjung ke Blog saya.
    Tuhan memberkati anda dan keluarga.

    Salam sukses,
    Basuki Pramana

    basuki.pramana@gmail.com
    http://www.basukipramana.blogspot.com
    http:///www.facebook.com/basuki.pramana

    BalasHapus