Rabu, Juni 29, 2011

Kulit kering



Gatel.
Ya gatel. Siapa yang belum pernah merasa gatel?
Obat manjur apa untuk Gatel?
Obat manjurnya adalah digaruk.

---

Kemarin pagi datang berobat Pak L, 65 tahun.
Keluhannya sering merasa gatel di kulit lengan bawah atau  tungkai bawah.
Tidak ada sebab yang dapat dicurigai sebagai penyebab Gatelnya itu.

Keluhan gatel seperti Pak L ini sering dijumpai pada orang yang sudah berumur atau setengah baya. Gatel merupakan sensasi sakit derajat yang paling ringan. Kalau lebih berat, maka sensasi itu dirasakan sebagai rasa sakit.

Pada usia lanjut, kulit akan lebih kering sebab aktifitas kelenjar minyak di kulit mulai menurun, sehingga kulit tidak terlumasi minyak dan kulit menjadi kering. Udara yang panas di negara-negara tropis seperti Indonesia, maka penguapan cairan tubuh akan makin cepat sehingga kulit lebih kering.

Rasa gatel bukan monopoli karena faktor usia saja, tetapi ada suatu penyakit yang terkenal memberikan komplikasi rasa gatel di kulit. Penyakit itu adalah Kencing manis atau Diabetes Mellitus. Ada teman saya yang menyebutkan sebagai Diabetes Meletus. Mungkin maksudnya guyon tetapi oleh penderita penyakit ini dapat dianggap sebagai ledekan.

Saya memberikan advis agar Pak L:

  • Mau memeriksakan Darahnya apakah kadar Glukose ( Gula ) nya meninggi atau tidak, meskipun menurut pengakuannya ayah dan Ibunya tidak menderita sakit gula ini. Bila ada sakit DM, maka segera diterapi.
  • Mengolesi kulitnya dengan Hand and body lotion ( aroma bunga Laveder cukup lembut dan nyaman ) agar kulitnya lembab untuk mengurangi kekeringan kulitnya terutama  pada daerah yang tidak tertutup pakaian.
  • Cukup minum, minimal 2 liter / hari ( 1,5 liter utk mengganti cairan tubuh melalui urine yang keluar dan 0,5 liter cairan tubuh yang menguap melalui udara pernafasan ). Bila  banyak berkeringat misalnya  olah raga, suhu ruangan kerja cukup panas maka masukan cairan ( minum ) agar diperbanyak.
  • Mandi cukup 2 kali sehari saja. Makin sering mandi, maka makin sering kulit terkena sabun dan akan makin kering kulit sebab minyak  pada permukaan kulit akan terbuang karena sabun mandi yang dipakai.

Untuk keluhan gatelnya sementara hasil pemeriksan Gula Darah belum didapat, saya berikan resep Krim kulit penghilang gatel. Minum tablet Antihstamin ( mereknya banyak dijual di apotik ) sering membuat sensasi tidak nyaman, sebab akan memberikan rasa ngantuk, sehingga badan lemes dan sulit diajak bekerja pada siang hari. Kalau mau minum tablet golongan ini mesti dicari tablet yang tidak mempunyai efek samping rasa ngantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar