Senin, Desember 31, 2012

Manager disease



Saat saya masih kuliah di Fakultas Kedokteran tahun 1970-an, penyakit Maag ( Gastritis, Dispepsia ) sering diderita oleh para Manager perusahaan. Penyakit ini sering disebabkan oleh adanya Stress atau terlambat makan. Oleh karena itu di buku teks penyakit yang satu ini disebut sebagai: Manager disease.

Dimasa sekarang, penyakit ini tidak hanya diderita oleh para manager saja, tetapi sudah meluas kepada golongan masyarakat lainnya seperti: murid sekolah, karyawan, ibu rumah tangga dan lain-lain. Penyebabnya mirip dengan para manager.

Stres di dalam kehidupan kita selalu ada. Para murid sekolah, stres karena takut tidak lulus ujian. Para Karyawan, stres karena takut di PHK. Ibu Rumah Tangga, stress karena gaji suami tidak cukup untuk kebutuhan Rumah Tangga setiap bulannya, karena harga kebutuhan pokok rumah tangga kian hari kian melonjak.

---

Suatu sore datang berobat Ibu N, 40 tahun. Keluhannya perut sering nonjok ( nyeri di ulu hati ) sejak 1 minggu yang lalu. Ternyata Ibu N ini menderita Manager disease.

Dalam anamnesa ( wawancara penyakit ), Ibu N tidak sering terlambat makan, meskipun makan seadaanya. Keluarga Ibu N tergolong keluarga kecil dengan 3 orang anak. Yang seorang masih usia Balita, yang dua anak lainnya sudah duduk di bangku Sekolah Dasar. Suami Ibu N adalah karyawan di sebuah toko kelontong dengan gaji yang pas-pasan. Ibu N yang seorang ibu rumah tangga sering mengeluh kepada suaminya bahwa uang yang diterima setiap bulannya tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga. Sudah banyak pinjaman Ibu N di warung-warung tetangga rumahnya yang belum bisa dilunasi.

Ibu N sudah berobat ke Puskesmas terdekat, tetapi penyakitnya belum sembuh juga. Ya selama penyebab dasar penyakitnya belum teratasi maka penyakitnya akan hilang timbul.

Saya menyarankan kepada Ibu N agar ia dapat juga bekerja membantu pendapatan sang suami. Bisa bekerja sebagai pembantu rumah tangga yang harian lepas ( tidak usah bermalam di rumah majikan ), atau bekerja sebagai tukang cuci pakaian tetangga yang membutuhkan tenaganya. Dengan demikian diharapkan dengan uang lelah yang ia terima dapat membantu keperluan keluarganya. Jadi Stressnya dapat berkurang dan penyakit Manager diseasenya dapat sembuh.

Saya membuatkan resep obat penetral asam lambung dan tablet anti stress yang generik untuk Ibu N ini. Doctor fee tidak saya pungut bagi Ibu N ini. Semoga saran saya dapat dipertimbangkan oleh Ibu N dan semoga penyakitnya lekas sembuh. Amin.-

5 komentar:

  1. Ah, penyakit ini juga berlaku di semua kalangan, baik miskin maupun kaya.

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Terima kasih sudah berkunjung.

    Anda benar penyakit ini sudah merakyat, bisa mengenai golongan yang sosial ekonominya tinggi maupun yang rendah. Sama seperti Stres yang dapat menghinggapi semua golongan masyarakat.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Ya, biasanya yg miskin repot ngatur keuangan yg pas-pasan. Apalagi kalau jumlah anak mereka lebih dari dua.

    BalasHapus
  4. To Kencana,

    Jadi semboyan "Banyak anak, banyak rejeki," tidak selalu benar, bukan?

    Salam.

    BalasHapus
  5. Anonim8:48 AM

    Ya Bukan masalah ekonomi saya Dok..ya pokoknya stress

    BalasHapus