Jumat, Desember 07, 2012

Pasien minta suntik


Hari Jumat, 7 Desember 2012, pagi hari sejak pukul 06.00 turun hujan. Hujan terus turun sampai siang dan sore hari. Jemuran pakaian tidak bisa kering.

Sekitar pukul 08.00 datang berobat Pak M, 55 tahun. Ia naik sepeda motor dan memakai jaket. Dihujan gerimis ia masih mau bepergian ke luar rumah.

Pak M ini pasien langganan saya, ia menderita Flu berat, mungkin karena cuaca dingin. Selesai diperiksa Pak M berkata “Dok, biasa saya minta disuntik.”

Pasien langganan saya ini memang kalau berobat selalu minta disuntik alasannya agar lekas sembuh. Kalau saya berkata “Tidak usahlah, minum obat saja pasti sembuh.”
Ia menolak dan berkata “Dok, saya minta disuntik, titik.”

Wah... ngotot juga nih pasien yang minta disuntik. Saya beri suntikan vitamin B di bokongnya agar badannya segar dan nafsu makannya baik. Setelah disuntik sang pasien tersenyum lebar, dengan keyakinan sakitnya cepat sembuh.

Semoga cepat sembuh, Pak.-

6 komentar:

  1. Lucu juga, ya. padahal banyak orang yang taku jarum suntik dan sebisa mungkin nggak ingin disuntik.

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Menghadapi jarum suntik, tiap pasien berbeda-beda penerimaannya. Pasien pak M ini gemar minta suntik, tapi ada pasien yg lain takut disuntik meskipun badannya tinggi besar spt seorang Satpam saat datang berobat dg keluhan demam. Saat saya bilang disuntik saja ya? Ia turun dari bed pemeriksaan dan lari menuju Pintu keluar Ruang periksa saya. he..he.. Ya sudah, kemudian saya beri resep obat saja tanpa disuntik.

    Salam

    BalasHapus
  3. "Ia turun dari bed pemeriksaan dan lari menuju Pintu keluar Ruang periksa saya."
    Wah, parah juga ya. Hehehehe.... asal si bapak jangan lupa bayar.

    BalasHapus
  4. To Kencana,

    Isteri pak Satpam ini berkata "Biar, Dok disuntik saja biar lekas turun demamnya." Sang suami menengok ke arah isteri dan saya sambil menggelengkan kepalanya berulang-ulang dan wajahnya pucat, ketakutan disuntik.

    Ah..saya tidak tega menyuntiknya.

    Salam.

    BalasHapus
  5. Anonim10:01 PM

    salam kenal dok,
    apakah benar rumor yg beredar bahwa di suntik itu hanya sekedar pemberi sugesti positif dok?
    krn menurut pengamatan saya dosis obat suntik& dosis obat minum totalNy jauh lebih banyak untk obat minum. tp hampir kebanyakan pasien saat setelah di suntik merasa badan mereka lebih cepat fit dr pda mereka yg minum obat.

    mohon maaf kl pertanyaanNy agak ngelantur. :D

    BalasHapus
  6. To Anonim,

    Salah satu kebaikan kalau disuntik adalah onset of action obat itu jauh lebih cepat dari pada kalau obat tsb diminum.

    Kalau disuntik vit. B efeknya akan meningkatkan metabolisme Karbo hidrat dalam tubuh, akibatnya orang menjadi lebih fit dan selera makan akan timbul.

    Kalau pasien sedang Kejang dan disuntik obat anti kejang, maka efek meredakan kejangnya akan lebih cepat dan kalau pasien sedang kejang sering sulit ia menelan air atau obat.

    Efek sugesti pasti ada terutana bagi yg gemar disuntik, karena emang ada efeknya yg lebih cepat dibanding kalau minum tablet / kapsul obat.

    salam.

    BalasHapus