Senin, Juni 06, 2011

Enuresis



Enuresis atau ngompol, sering terjadi pada Bayi ( usia muda ), karena mereka belum dapat mengatur proses b.a.k. Biasanya pada usia 3-4 tahun Balita  sudah dapat diajarkan untuk pipis dan tidak ngompol lagi.

Ternyata pada uia yang lebih besar, Enuresis masih sering dijumpai.
Ada seorang pasien wanita, usia 16 tahun, saat datang berobat, sang Ibu yang mengantarnya mengeluh bahwa putrinya selain menderita Flu juga masih ngompol terutama pada malam hari sampai usia 16 tahun.

Pertanyaannya adalah mengapa orang tuanya  tidak secepatnya membawa putrinya kepada dokter untuk memeriksakannya, seolah menyembunyikan penyakit yang diderita putrinya.

Di Panti yang merawat Manula, dari sekitar 18 warga Panti ada seorang Oma T, 71 tahun yang menderita Enuresis, baik siang maupun malam hari. Ibu Panti kewalahan juga merawatnya. Banyak pampers ( celana dengan penyerap air kecing ) untuk keperluan Oma itu.

Mendengar laporan tsb, saya memberikan resep ( juga bagi pasien Enuresis lainnya ) tablet T ( imipramine ), 1 tablet diminum sebelum tidur malam. Bila  Enuresis terjadi siang dan malam, diberikan 3 x 1 tablet/hari.

Oma T mendapat obat ini sekitar 2 bulan dan setelah itu Enuresis berkurang dan ia dapat pipis dengan teratur. Keluhan selama minum obat ini tidak dijumpai.

Urusan pintu belakang ternyata juga  sepenting  urusan pintu depan.
Kalau tidak mau makan dan minum, maka buang air besar dan kecil juga akan terganggu. Bila tidak ada yang masuk melalui pintu depan, maka tidak akan ada yang keluar / berkurang banyak dari pintu belakang.

Orang bijak pernah berkata: kalau bikin rumah, selain ada pintu depan, juga harus  dibuat pintu belakang. Apa gunanya? Kalau ada kebakaran rumah dan tidak bisa keluar melalui pintu depan, maka masih ada pintu belakang untuk menyelamatkan diri. Benar juga ya?

8 komentar:

  1. Pak Basuki terima kasih atas postingan bapak tentang penyakit enuresis, saya ada teman sepertinya dia menderita enuresis, karena tiap malam saat tidur dia mengompol terjadi bisa 2-4 kali dalam sebulan. Dia sudah mencoba akupuntur ttp tak berhasil. Apakah obat imipramine dapat menyembuhkannya? lalu berapa dosis yang harus diminum? dan selama berapa lama? Maaf jika saya banyak bertanya. Terima kasih atas bantuan bapak.

    BalasHapus
  2. Anonim12:01 AM

    Pak, Ada alamat e-mail?

    BalasHapus
  3. To Marion,

    Berapa umur teman anda itu?
    Utk mengatasi Enuresis pada malam hari dapat minum 1 tablet Tofranil ( Imipramin ) sebelum tidur malam. Cobalah minum selama 1 bulan dan evaluasi kemudian. Bila sudah tidak mengaklami Enuresis, boleh distop. Saat makan malam janganlah banyak minum dan sebelum tidur buang air kecil terlebih dahulu.

    Selamat mencoba.

    Salam.

    BalasHapus
  4. To Marion,

    Bila ada yang ingin ditanyakan lkagi silahkan hubungi saya di: basuki.pramana@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  5. Pak basuki mhon beser kandung kemih aktif pakai obat apa ya? Saya coba imipramine blm ada hasil

    BalasHapus
  6. To Yamaha Motor,

    Bila 1 tablet Imipramine (Tofranil) belum berhasil minumlah 2 tablet 1/2 - 1 jam sebelum tidur malam. Sebelum tidur pipislah terlebih dahulu. Semoga berhasil.

    Salam.

    BalasHapus
  7. Terima ksh pak basuki, dokter urologi juga nyuruh trofanil. Salam hormat 081555450013

    BalasHapus
  8. To Yamaha Motor,

    Iya semoga berhasil.

    Salam.

    BalasHapus