Sabtu, Mei 23, 2015

Insect bite


Insect bite atau gigitan serangga sering terjadi saat kita berada di dalam rumah atau di kebun. Gigitan serangga ini dapat menyebabkan reaksi hebat dari penderitanya.
Saya peribadi juga beberapa kali mengalami gigitan semut merah saat bekerja di kebun di halaman rumah kami. Gigitan semut merah ini mengakibatkan, rasa nyeri yang hebat dan kulit terasa sedikit panas. Gigitan semut ini biasanya akan reda dengan segera mengoleskan krim kulit yang mengandung anti peradangan dan antibiotika. Dalam waktu 2 hari sembuhlah dari rasa nyeri ini.

----

Kemarin sore datang berobat Ibu ML, 30 tahun, mengantar putranya S, 9 bulan.
Ibu ML mengatakan tangan kanan putranya sejak 2 hari yang lalu tampak agak bengkak, kulitnya agak kemerahan, putranya sering menggerak-gerakkan tangan kanannya (mungkin karena merasa sakit pada tangan kanannya).

Pada pemeriksaan tangan kanan pasien saya melihat: punggung tangannya tampak hiperemi (kemerahan), sedikit edema ( bengkak) dan ada satu bekas lubang gigitan serangga. Adanya gigitan serangga ini menyebabkan penderita memberikan reaksi peradangan (bengkak, kemerahan, rasa sakit).

Saya mendiagnosa sebagai Insect bite (gigitan serangga) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya.

Segera saya membuat resep: puyer racikan anti nyeri dan anti peradangan dan sirup antibiotika sebagai pencegah infeksi pada kulitnya.

Saya berharap pasien ini segera membaik. Amin.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar