Minggu, Mei 10, 2015

Tidak selera makan


Bulan yang lalu, sore hari datang Ibu M, 35 tahun yang mengantar putrinya, ML, usia 3 tahun.

Keluhan Ibu M yaitu putri satu-satunya ini sudah 1 minggu ini tidak selera makan. Tidak ada batuk atau demam. Kalau makan hanya lauk pauknya saja yang dimakan. Sepertinya tidak gairah makan seperti biasanya.

Pada pemeriksaan fisik ML dalam batas normal.

Setelah berpikir akhirnya saya membuat resep sirop obat Cacing, pirantel pamoate 10 mg/hg BB, yg diberikan sekaligus dan dapat diulang setiap 3 bulan sekali pemberian.

Selain itu juga saya memberikan sirop multivitamin, untuk merangsang selera makannya.

2 minggu kemudian Ibu M datang berobat lagi untuk diri sendiri yang menderita demam, batuk dan pilek. Setelah saya memberikan resep obat untuknya, saya bertanya bagaimana hasil pengobataan putrinya yang saya beri resep.

Ibu M melaporkan bahwa setelah minum obat yang saya berikan, keesokan harinya selera makannya kembali normal dan putrinya mau makan seperti sedia kala. Ibu M mengucapkan terima kasih atas pemberian resep obat tadi.

Dalam hati saya bersyukur kalau pasien cilik saya ini kembali normal selera makannya.
Pada pasien anak-anak saya sering kali memberikan obat Cacing. Bila ada Cacing dalam tubuhnya maka akan membantu pencernannya. Bila tidak ada Cacing maka pemberian obat cacing ini tidak membahayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar