Selasa, Januari 30, 2007

Melatonin

Setibanya di kota Sydney pada tanggal 23 Desember 2000 dengan pesawat Garuda, saya mengalami jet lag. Perbedaan waktu antara Jakarta ( GMT + 7 ) dan Sydney ( GMT +4 ) atau 3 jam sebenarnya tidak begitu besar pengaruhnya terhadap tubuh saya. Meskipun demikian jam biologis yang ada di dalam tubuh saya perlu menyesuaikan diri terhadap waktu Sydney. Jet lag ini teratasi setelah 1-2 hari saya berada di Sydney.

Ketika saya mengunjungi kota Sydney pada tanggal 8 Desember 2005 dengan pesawat Qantas, jet lag ini hampir tidak terasa. Khasiat Melatonin kaplet yang saya minum pada malam hari setibanya di Sydney sangat membantu jam biologis saya. Kebiasaan bangun pagi pada pukul 05.00 WIB ternyata juga terjadi ketika saya di Sydney. Padahal saat itu masih pukul 02.00 dini hari ( WIB ) di Jakarta.

Melatonin ( N-acetyl-5methoxytryptamine ) merupakan hormon yang dihasilkan oleh Kelenjar Pineal yang terletak di otak manusia. Kelenjar Pineal memproduksi Melatonin pada malam hari sehingga Melatonin sangat dianjurkan dikonsumsi pada malam hari. Asam amino Tryptophan dirubah menjadi Serotonin oleh enzym Tryptophan hydroxylase dan 5-HTP decarboxylase. Serotonin akan dirunah menjadi Melatonin, oleh enzym Serotonin N transferase dan Hydroxy indole O-methyl transferase.

Melatonin sudah banyak diproduksi oleh beberapa negara ( USA, Australia dll ) dan sudah dipasarkan di Indonesia dalam bentuk kaplet atau kapsul 1, 2, 3 mg yang tergolong sebagai Food suplement. Melatonin dapat dibeli tanpa resep dokter.

Melatonin akan makin menurun dengan bertambah umur manusia, paling tajam terjadi penurunan pada umur 50 tahun keatas. Menjelang umur 60 tahun, kelenjar Pineal hanya akan menghasilkan setengah dari jumlah Melatonin yang dihasilkan ketika umur 20 tahun.

Sebenarnya hormon Melatonin ini banyak manfaatnya.

Melantonin antara lain berkhasiat:
Mengatasi Jet lag dan susah tidur ( insomnia )
Merupakan anti oksidan dan pemelihara kesehatan jantung
Anti Kanker
Anti gangguan endokrin
Menunda proses penuaan
Memelihara potensi seksual

Jet lag dan gangguan tidur:
Jet lag terjadi akibat perjalanan jarak jauh yang melewati batas waktu dan terjadi pada waktu yang singkat. Hal ini akan mengganggu ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian membutuhkan waktu 1 hari untuk beradaptasi untuk melintasi setiap zona waktu. Dengan perkataan lain perbedaan waktu 5 jam akan membutuhkan rata-rata 5 hari penyesuaian. The Oxford Textbpook of Medicine menganjurkan penggunaan Diazepam ( obat penenang ) 10 mg untuk mengatasi gejala jet lag. Penyelidikan lebih lanjut terhadap awak pesawat penerbangan luar negeri, menunjukkan bahwa penggunaan Melatonin 5 mg selama 5 hari sejak kedatangan disuatu tenpat akan mempercepat gangguan jet lag, mood dan tidur.
Penggunaan 1 mg Melatonin mempunyai efek yang bagus terhadap gangguan tidur yang menahun. Penggunaan Melatonin tidak memberikan efek hangover ( perasaan tidak nyaman / melayang ) pada saat bangun pagi hari. Hang over sering terjadi pada penggunaan tablet Luminal pada malam hari sebelumnya.
Melatonin tidak hanya mempengaruhi ritme tidur tetapi juga mempengaruhi jenis dan kwalitas tidur yang kita alami. Tidur yang cukup ( 7- 8 jam ) akan membuat tubuh menjadi fit kembali ibarat aki mobil yang telah distrom semalaman, menjadi lebih segar.

Sebagai anti oksidan dan pemelihara kesehatan jantung:
Melatonin merupakan anti oksidan yang kuat. Radikal bebas adalah suatu eletron yang tidak berpasangan. Bila sebuah elektron ditambahkan O2 akan membentuk O2 radikal anion superoksid. O2 akan mengalami reduksi olen enzym Superoxyde dismutase menjadi H2O2 yang bersifat toksis bila terdapat dalam konsentrasi yang tinggi. H2O2 akan direduksi menjadi gugus OH. Radikal OH ( .OH ) akan merusak sel-sel tubuh. Melatonin efektip untuk menetralisir gugus OH ini.
Bila dibandingkan dengan anti oksidan yang lain seperti Vit. E, Vit. C, Selenium dan Gluthatione, maka daya anti oksidan Melatonin lebih kuat.
Banyak peneliti percaya bahwa plak yang menghambat aliran darah mulai tumbuh dalam arteri sebagai akibat dari luka di pusat arteri bagian dalam.
Penyebab luka ini adsalah disebabkan oleh oksidasi LDL ( kolesterol jahat ), oleh radikal-radikal bebas atau molekul-molekul Oksigen yang tidak stabil.
Melatonin adalah pemangsa radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya luka awal dengan melahap radikal-radikal bebas sebelum mereka dapat menyerang LDL.
Mereka yang minum Vit E akan terserang penyakit Jantung sebanyak 40 % saja bila dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.
Melatonin juga merendahkan Kolesterol sehingga mencegah pembentukan endapan-endapan plak yang dapat menyumbat arteri dan aliran darah. Melatonin dapat menormalkan tekanan darah dan menghalangi kerja radikal-radikal bebas yang keduanya dapat merusak arteri dan melukai Jantung. Melatonin akan membantu menjaga agar Jantung tetap kuat dan efisien sepanjang hidup kita.

Sebagai anti Kanker:
Melatonin akan memperlambat proses penuaan sistim kekebalan yang dipercaya merupakan faktor anti kanker yang sangat ampuh. Melatonin akan meningkatkan keagresifan dan keefektipan sel-sel T atau pelawan-pelawan kanker alami tubuh manusia. Sel-sel inilah yang mencari dan menghancurkan sel-sel abnormal dan ganas sebelum dapat berkembang biak. Pada saat manusia menua maka sel-sel T akan kehilangan sebagian kekuatannya. Mempertinggi kinerja sel-sel T sangatlah penting yang dimiliki Melatonin dalam perlindungan manusia dari kanker. Kesimpulan dari penelitian oleh National Institutes of Health ( NIH ) pada tahun 1978, mengatakan bahwa wanita-wanita muda lebih kecil resikonya terkena Kanker Payudara dari pada wanita-wanita yang lebih tua umurnya, karena kadar Melatonin mereka lebih tinggi.


Anti gangguan endokrin:
Melatonin juga dapat membuat seks sebagai pengalaman yang menyenangkan pada usia berapapun. Melatonin mempertinggi efek Endorphin, suatu penenang alami yang dihasilkan oleh tubuh kita dan yang dapat meredakan rasa sakit dan stres. Pelepasan Endophin menghasilkan sensasi akan kesenangan dan kesehatan. Melatonin juga mengendalikan produksi 2 hormon pada Ibu-ibu baru melahirkan yang memicu produksi ASI yakni hormon Prolactin dan Oxytosin.


Melatonin untuk menunda proses penuaan:
Pada umur 20 tahun kadar Melatonin dalam darah manusia berada pada puncaknya sekitar 125 pikogram. Setelah itu kadarnya makin menurun secara pelan-pelan dan pada umur 40 tahun terjadi penurunan kadar Melatonin yang drastis dan pada umur 80 tahun kadar Melatonin tinggal setengahnya bila dibanding pada umur 20 tahun. Untuk mengatasi hal ini maka sejumlah Melatonin diburtuhkan untuk mengembalikan kadar Melatoin seperti pada waktu muda. Dengan memulihkan Melatonin pada kadarnya di waktu muda, maka akan terjadi pemulihan lonceng penuaan manusia dan membantu memelihara tubuh dalam kondisi muda.

Berapa banyak Melatonin yang dibutuhkan?
Untuk memelihara kadar Melatonin pada puncaknya dimasa muda, dianjurkan dosis-dosis berikut:

Umur / Dosis Melatonin:


40 – 44 tahun / 0,5 – 1,0 mg pada jam tidur

45 – 54 tahun / 1,0 – 2,0 mg pada jam tidur

55 – 74 tahun / 2,0 – 2,5 mg pada jam tidur

74 ke atas / 3,5 – 5 mg pada jam tidur




Dari daftar diatas dapat dilihat bahwa Melatonin diminum pada jam tidur dan dosis ditingkatkan seiring dengan umur. Bagi sebagian orang, Melatonin menyebabkan rasa mengantuk sehingga yang terbaik adalah meminumnya setengah jam sebelum tidur.

Melatonin dan potensi seksual:
Melatonin juga menghambat enzym 5-alfa-reductase yang menguraikan hormon Testosteron menjadi bentuk yang lebih ampuh yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel Prostat. Penghambat enzym ini dimiliki oleh obat Proscar sebagai obat untuk mengatasi Hypertrophy Prostat.
Melatonin menghambat proses arteriosclerosis yang menyebakan terjadinya penurunan aliran darah ke Penis sehingga menimbulkan Impotensi atau Disfungsi ereksi pada pria.
Melatonin pada wanita meninggikan dorongan seks mereka dan memperbaiki kehidupan seks mereka. Melatonin membuat wanita merasa lebih sehat secara umum.
Oleh karena khasiat-khasiatnya yang menunda proses poenuaan, Melatonin juga dapat membantu mencegah masalah-masalah fisik yang berkenaan dengan proses penuaan yang sering kali mengganggu hubungan seksual yang memuaskan. Singkat kata, Melatonin adalah hormon yang meninggikan daya seks yang membantu mendukung minat yang sehat terhadap seks seumur hidup.

( Dari berbagai sumber, Dr. Basuki Pramana )

8 komentar:

  1. dimana dapetnya tablet melatonin Dok. syafii

    BalasHapus
  2. Tablet Melanotin sudah banyak di jual di Apotik tanpa resep Dokter. Apotik di Jakarta sudah abnyak yg jual. Kemasan 2 dan 3 mg.

    BalasHapus
  3. dok,kalau melatonin yang alami apa?maksudnya makanan apa yang banyak melatoninnya?atau yang banyak triptofannya?

    BalasHapus
  4. Iya nih dok, benernya kadar melatonin tertinggi itu apa pada herbal medicine apa ya? semacam ada apa tumbuhan apa gitu, dok?

    Penelitian lanjutan ttg melatonin belum banyak ya?
    padahal saya tertarik sama ini, sayangnya saya baru mahasiswa kedokteran tingkat 3, jadi rada mikir2 juga klo ngangkat penelitian melatonin, soalnya perkiraan saya biayanya butuh banyaaak...

    dok, saya penasaran sama hub, melatonin dgn kondisi tubuh manusia tengah bulan (full moon,red). dan penasaran juga sama hub. melatonin n hipoglikemia..

    ada referansi yang bs saya baca, dok?

    makasi...

    BalasHapus
  5. To: Rie gae, iya saya juga sedang cari adakah makanan yg mdg Melatonin. Sebenarnya tubuh kita membuatnya sendiri, tapi kalau sudah dpt umur produksinya menurun.

    BalasHapus
  6. To: Meralda N., Betulk biaya riset mahal dan butuh waktu bertahun-tahun. Seringkali pabrik obat buat me too-nya, tanpa banyak riset. Referensinya sudah banyak. Rajin2 aja googling di Internet. he..he..

    BalasHapus
  7. Anonim12:00 AM

    Dok, kalo 5-HTP yg dijual bebas biasanya dosisnya 100-200mg per kapsul. Sedangkan dosis dari Dokter jauh lebih sedikit dan tergantung usia. Saya 32 tahun, apakah aman kalo minum 1 kapsul dan dosis 100-200mg? Baiknya gimana Dok? Terima kasih

    BalasHapus
  8. To Triananess,

    Melatonin yg dijual dosisnya 1,2,3 mg. Rasanya tidak benar kalau 100 / 200 mg. Saya tidak anjurkan anda minum yang 100 / 200 mg.

    Usia anda baru 32 tahun belum 50 tahun keatas. Rasanya tidak perlu minum Melatonin.

    Untuk indikasi apakah anda merasa harus minum Melatonin?

    Salam,

    BalasHapus