Kamis, Juli 04, 2013

Radang Kandung Kencing


Kemarin berobat Pak R, 51 tahun. Keluhannya nyeri di daerah kandung kencing, dibawah pusar, kencing keluar sedikit-sedikit, tidak ada demam. Ia bilang ia sakit anyang-anyangan, istilah medisnya Cystitis acuta atau Radang Kandung Kencing.

Pak R 3 hari yang lalu sudah berobat ke dokter, teman sejawat dan sudah diberi 3 macam obat, tetapi belum sembuh juga. Mungkin antibiotika ( anti infeksi ) yang diberikannya kurang cocok. Akhirnya ia datang berobat kepada saya. Beberapa waktu yang lalu Pak R juga pernah berobat kepada saya.

Pada pemeriksaan fisik di dapatkan: tekanan darah normal, Jantung Paru-paru: dalam batas normal, terdapat nyeri tekan didaerah supra symphisis ( daerah kandung kencing ), suatu tanda adanya radang kandung kecing yang disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri.

Saya berpesan kalau dalam waktu 3 hari nyerinya belum sembuh juga, harap datang untuk kontrol lagi. Mungkin juga ada terdapat batu Kandung Kencing yang perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti Foto polos Kandung Kencing, bahkan dilakukan USG ( Ultra Sono Graphy ). Semoga tidak perlu dilakukan.

Saya memberikan resep obat antibiotika yg sesuai , tablet anti spasme dan pain killer untuk keluhan Pak R ini.

Selamat pagi.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar