Minggu, Maret 28, 2010

Facebook






Beberapa bulan yang lalu gaung situs pertemanan FB ini begitu nyaring dan membuat kaum muda banyak yang mempunyai account FB. Di dunia ini sesuatu itu mempunyai 2 sisi yang berbeda yaitu sisi baik dan sisi buruk.

Sisi baiknya: FB dapat digunakan untuk hal-hal yang berguna seperti mencari teman yang sudah lama tidak bertemu, dapat menggalang suatu perbuatan yang baik, menggalang bantuan / dana dalam mengatasi bencana alam dll.

Sisi buruknya: FB membuat seseorang bisa menghabiskan banyak sekali waktu untuk FB via layar monitor Komputer dan melupakan tugas pokok sehari-harinya. Sang Bos akan marah besar bila menjumpai karyawan yang seharusnya bekerja tetapi hanya menghabiskan waktu kerja demi FB.

Jadi kalau membuka Internet jangan hanya mengakses FB saja, tapi manfatkanlah Internet untuk hal-hal yang berguna, begitu kata para orang tua kepada putra/i mereka.

Enggak mau dibilang ketinggalan jaman, maka sayapun membuat account di FB. Dalam sekejap bisa mempunyai banyak teman yang sebelumnya tidak saya kenal. Kalau diikuti terus maka dalam seminggu, dapat mempunyai ratusan atau ribuan teman.

Beberapa bulan yang lalu, saya disapa seseorang dengan sebuah message. Pengirimnya menyatakan bahwa ia ketika duduk di SD a pernah mendapat pelatihan program Dokter Kecil. Memang ketika saya masih bertugas di banyak Puskesmas tahun 1990-an mengadakan pelatihan Dokcil. Ada banyak Dokcil yang sudah kami latih. Saya tidak dapat mengingat banyak nama dan sudah bertahun-tahun tidak bertemu lagi.

Some one ini rupanya masih ingat nama saya dengan hanya melihat foto saya di FB. Saat ini ia sudah menyelesaikan pendidikan S1nya dan sudah bekerja di suatu perusahaan. Saya angkat topi kepadanya yang masih mau saling berkomunikasi dengan saya.

Saya surprise. Bagaimana seseorang dapat saling kontak lagi hanya melalui sebuah situs pertemanan, meskipun sudah bertahun-tahun tidak berjumpa dan berada di kota yanag berlainan dengan jarak yang cukup jauh bahkan lintas negara sekalipun.

Kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada kemajuan TI. Internet saat ini bak Coca-cola. Siapa saja, dimana saja dan kapan saja selama Internet dapat diakses, maka kita dapat saling berkomunikasi via FB, YM, Skype dll aplikasi.

Selamat berselancar di dunia maya alias Internet!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar