Senin, Maret 22, 2010

Tetaplah beraktifitas






Pagi ini saya mendapat panggilan ke rumah pasien.
Ny. T, 26 tahun adalah putri teman saya Pak S, 60 tahun. Ny. T menderita Diare sejak semalam setelah makan makanan yang pedas-pedas. Setelah memeriksa Ny T dan memberikan resep obat, saya diminta untuk mengukur tekanan darah Pak S.

Pak S ini sejak 3 tahun yang lalu menderita Stroke. Lengan kirinya sukar digerakkan dan kaki kirinya sedikit lemah sehingga untuk berjalan ia harus dibantu dengan tongkat kaki 5 .
Penyakit Tekanan Darah Tingginya sudah mendapat terapi dari Dokter yang merawatnya.

Kondisi fisiknya cukup baik. Pak S sebelum sakit bekerja di bagian Keuangan di sebuah perusahaan swasta di kota kami. Untuk menilai bagaimana kondisi kesehatannya saya bertanya kepada Pak S ini, tentang aktifitas apa yang ia lakukan selama ini.

Pak S bercerita dengan tutur bahasa yang sedikit mengalami gangguan bicara, tetapi secara umum pembicaraannya masih dapat saya mengerti. Untuk exercise, Pak S setiap hari berjalan-jalan di dalam rumah dengan bantuan tongkatnya. Untuk aktifitas Otaknya, Pak S mencatat pengeluaran isterinya ketika belanja di pasar, sehingga kemampuan menulis dan berhitung tetap dijalankan.

Untuk memberikan semangat kepada Pak S, saya menyetujui dan sependapat tentang segala aktifitas selama ini. Perkataan saya ini tampaknya membuat hati Pak S tetap semangat dalam hidupnya.

Saya katakan juga bahwa otak kita harus tetap kita pergunakan, terutama di kala kita sudah mencapai usia 60 tahun ke atas. “Use it or lose it.” Pakailah atau itu ( kemampuan otak ) akan hilang. Bila otak tidak atau jarang dipakai maka kemampuannya akan cepat menghilang dan daya ingat akan cepat menurun atau pikun.

Bila Pak S berkenan, saya menganjurkan untuk menulis lebih banyak, misalnya menulis Diary atau Otobiografi.

Saya memberi advis kepada pak S “Pak, tentu anda banyak mempnyai waktu saat ini. Cobalah lebih banyak menulis tentang sesuatu.”

Pak S bertanya kepada saya “Untuk apa, Dok? Sebenarnya saya tidak pandai menulis.”

“Pak S, menulis adalah salah satu cara untuk menghilangkan Stres. Anda yang semula banyak beraktifitas baik di Kantor atau di lain tempat sekarang, anda banyak mempunyai waktu di rumah. Manfaatkanlah waktu anda dengan banyak menulis. Anda dapat melatih Otak anda agar tetap fit.” Saya menjelasakan lebih lanjut.

Semula Pak S kurang setuju dengan anjuran saya, tetapi setelah berpikir bahwa aktifitas menulis tentu dapat dilakukan dan dapat bermanfaat bagi keluarganya dari pada kerjanya hanya makan, lihat TV, baca Koran dan tidur.

Setelah dirasa cukup, saya mohon pamit, untuk melanjutkan praktik pagi saya.

---

Dalam hidup ini seringkali kita tidak dapat memilih mana yang terbaik, oleh karena itu serahkanlah semua masalah anda kepadaNya.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar