Sabtu, Januari 07, 2012

Berlibur di Sydney ( 20 )


6 Januari 2012.

-Makan Mie Kuah Vietnam.

Hari ini cerah dan tidak hujan.
Sore hari pk. 06.30 kami berlima drive menuju daerah Bankstown, sekitar 10 menit dari daerah Campsie. Menjelang malam hari, perkantoran sudah tutup, kecuali Rumah-rumah makan ( Vietnam, Lebabon, Mesir dan sebagainya ). Nampaknya Rumah Makan Vietnam banyak terdapat di daerah ini dan selalu banyak pengunjung.

Kami memasuki ” An Restaurant”, So Pho So Good, mungkin artinya So Far So Good or something like that ( seperti yang tertera pada Kartu Nama Restaurant yang berwarna merah ), 27 Greenfield Parade, Bankstown NSW 2200, www.anrestaurant.com

Foto Restauran:



Kami disambut oleh pintu kaca yang terbuka scara otomatis saat kami berdiri di depan pintu masuk. Pintu kaca otomatis ini juga ada di depan Toilet yang berada di bagian belakang gedung restaurant . Udara dalam gedung dingin ber AC. Ada banyak meja dan kursi yang penuh oleh pengunjung yang sedang bersantap malam.

Kami mendapat tempat di dekat meja Kasir. Kami segera memesan hidangan yang hanya tersedia Mie Kuah Vietnam. Boleh pilih: Daging Sapi (Beef ) atau Daging ayam ( chicken ).

Foto Mie Kuah Vietnam:




Pada Chinese atau Vietnam Restaurant mempunyai ciri khas yaitu harus bayar kontan ( cash ) dan tidak menerima Cek atau Kartu Kredit. Sistim pembayaran Kontan ini pasti ada alasannya.

Saya melihat semua meja dan kursi, penuh dengan pengunjung. Jumlahnya sekitar 175 – 200 orang. Ada meja yang tersusun untuk 12, 10, 6, 4 orang. Luar biasa larisnya. Tamu white people juga banyak yang Dinner disini.

Foto para tamu:



Menunggu pesanan hidangan disini cukup cepat, meskipun dalam keadaan “full house” dalam bilangan menit, pesanan kami sudah tersaji di atas meja. Pelayan  Restaurant ada 7 orang ( pria dan wanita Vietnam). Kasir wanita ada 1  orang yang khusus menerima dan mengembalikan pembayaran tamu. Koki ada 3 orang wanita. Semua karyawan bekerja cepat dan gesit.

Pelayan wanita yang mencatat pesanan kami, juga keren dengan seragamnya, mencatat di sebuah gadget PDA ( Personal Digital Asistant ) dengan sebuah Stylus ( pena khusus ). Tiap pesanan akan langsung terkirim ke tempat para Koki bekerja. Beberapa Restaurant juga sudah menggunakan alat PDA sebagai alat pencatat hidangan pesanan Tamu.

Hidangan pertama yang disajikan begitu kami duduk adalah 2 piring besar Salad ( semacam lalaban mentah), berupa setumpuk Taoge mentah dan segar, semacam daun hijau segar dan 3 potomg buah Lemon yang berwana Kuning. Porsi Lalaban ini nampaknya sudah tersedia di meja-meja Koki yang siap diantar ke meja para Tamu.

Mie Kuah Vietnam ini ini tersaji dalam sebuah Mangkuk yang besar, berkuah banyak dan bercita rasa yang cocok dan pas dengan selera kami. Mendapat porsi Mie yang besar ini sudah cukup kenyang dan rasanya tidak perlu memesan hidangan lain.



Minuman boleh pesan: Es Kelapa muda, es Campur, Es Jeruk dan lain-lain. Es Kelapa Muda ( Young coconut ice ) yang saya pesan, penampilannya unik. Hanya ada 3 lembar Kelapa Muda ukuran sekitar 3 x 4 Cm, beberapa potong kecil Es Batu, 1 sendok kecil dan 1 sedotan plastik. Air gula yang harum Vanila dan dingin menimbulkan aroma yang khas dan membuat segar tubuh.

Bila anda berkunjung ke daerah Bankstown, Sydney, silahkan Lunch dan Dinner disini yang buka selam 7 hari / minggu, pukul 07.00 a.m. sampai  09.00 p.m.

Selesai Dinner kami berjalan-jalan sekitar daerah pertokoan Bankstown. Pada sebuah persimpangan jalan / traffic light kami mendengar suara ribut burung semacam burung Nuri / Betet (?)  yang berwarna Hijau, Merah dan Kuning  di atas 2 buah Pohon besar yang tumbuh di tepi jalan ( kaki lima ). 

Rupanya 2 pohon itu menjadi tempat bermalam burung-burung itu. Kalau jumlahnya banyak sekali maka bisa menjadi hama juga bagi pertanian. Suasana sudah agak gelap dan jarak yang jauh sehingga saya mengalami kesukaran untuk membuat foto Burung-burung  di atas pohon itu.

Foto Burung di pohon:


Mobil putra kami di parkir di sebuah gedug parkir berlantai 5 secara gratis ( free ) di dekat An Restaurant. Biasa parkir harus bayar, disini gratis. Luar biasa.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar