Kamis, Maret 11, 2010

Multi talenta






Saya punya langganan Abang Becak, Pak Solihin ( bukan nama sebenarnya ), 35 tahun.
Bila hendak pergi ke suatu tempat yang berjarak dekat dari rumah kami, saya menggunakan jasa Abang Becak tadi. Pak Solihin biasa mangkal di pinggir jalan dekat rumah kami. Disitu ada seorang Ibu penjual Serabi yang berjualan pagi hari bertahun-tahun. Tukang serabi itu adalah isteri Pak Solihin. Suami isteri Solihin setiap hari mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

Kemarin pagi ketika saya akan membuka pintu pagar besi rumah ibu kami, kok terasa berat. Sepertinya roda pagar besi iti tidak berputar mulus, mungkin akibat karat atau jarang dilumasi minyal pelumas ( oli ).

Saya minta bantuan Pak Solihin untuk membongkar 2 roda pagar besi tsb. Saya bertanya kepadanya apakah bisa melepas roda-roda itu dan kalau perlu diganti dengan membeli yang baru. Pak Solihin menyanggupi tugas itu. Katanya sebelum narik Becak ia pernah bekerja disebuah Toko Besi di kota kami. Jadi paham kalau Roda seperti itu ada di jual di toko besi.

Roda yang sudah bertahun-tahun itu akhirnya harus diganti baru. Dengan cekatan Pak Solihin mengganti kedua Roda pagar tsb. Dalam waktu sekitar 1 jam ahirnya tugasnya selesai dengan memuaskan. Pagar besi mudah digeser dengan sentuhan ringan setelah kedua rodanya diganti baru.

Keesokan harinya saya minta bantuan Pak Solihin untuk memperbaiki lantai semen di dekat pagar besi itu yang berlubang. Saya memberikan bahan-bahannya berupa seember Semen, sekantong plastik Pasir, sebuah Sekop dan sebuah Ember untuk adukan. Pak Solihin bekerja dengan cekatan. Dalam waktu 15 menit tugasnya selesai.

Saya kagum dengan Talenta, kemampuan yang dimiliki Pak Solihin. Jadi Tukang bisa dan jadi penarik Becak juga bisa. Masih adakah orang-orang lain yang bermulti talenta seperti Pak Solihin?

4 komentar:

  1. Saya yakin setiap manusia didunia ini memiliki multitalenta dalam sudut pandang mereka masing". Hanya saja masih sedikit yang mau memanfaatkan kelebihan itu dan memilih fokus pada satu hal atau pekerjaan. :)

    BalasHapus
  2. To PanDe Baik,

    Benar, dari banyak Talenta yang mereka miliki akhirnya dipilih hanya satu yg terbaik.

    Pada saat diperlukan maka Talenta lain pun akan dipakai juga spt Abang Becak tadi.

    BalasHapus
  3. salam kenal pak,aku follow di blog bapak.Sowan ya ke blog aku :http://omnovyar.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. To MNN,

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Salam.

    BalasHapus