Rabu, Januari 04, 2012

Untuk apa menulis di Blog?



Suatu saat ada beberapa relasi yang bertanya kepada saya “Untuk apa Pak Basuki menulis di suatu Blog?” dengan nada sinis atau dengan nada ingin tahu lebih lanjut.

Pertanyaannya  singkat, tetapi jawabnya bisa panjang.

Ya apa gunanya menulis di sebuah Blog? Seperti tidak ada pekerjaan lain saja.

Ya terserah apa pendapat orang lain. Saya tidak begitu memperhatikan pendapat orang lain. Bagi saya menulis catatan perjalanan merupakan hal yang menarik, minimal untuk saya pribadi yang dapat dibaca kelak di lain waktu atau mungkin sekali ada manfaatnya bagi orang-orang lain yang berminat.

Pernah ada seorang Blogger yang bertanya tentang “Ada berapa banyak jumlah kebun Anggur / Red wine di Hunter Valley? ( suatu daerah perkebunan Anggur  diluar kota Sydney ), berapa tarif masuk ke kebuh anggur?” , setelah saya uploading reportase Melbourne Trip di Blog saya. Konon ia akan berkunjung ke objek pariwisata yang sama 1 bulan kemudian.

Jawaban pertanyaan di atas bisa berupa:
  • 1.       Salah satu cara untuk menghilangkan Stres adalah menulis. Ya menulis apa saja: catatan harian, pengalaman pribadi, ungkapan hati, puisi, cerpen, petunjuk atau bahkan sebuah novel yang mungkin  dapat menghasilkan uang.
  • 2.       Untuk mengisi waktu saat menunggu di: stasiun kereta api, isteri melahirkan, antrian dan sebagainya.
  • 3.       Merupakan sebuah hobi.
  • 4.       Sebagai laporan atau reportase perjalanan kantor atau perjalanan pribadi, yang sering saya lakukan. Sepulang kami dari perjalanan ke suatu daerah / kota, saya seringmendapat pertanyaan “Bagimana perjalanannya? Cerita dong!” dari relasi atau adik-adik saya. Kalau menjawab satu per satu tentu akan melelahkan dan akhirnya saya menulis sebuah catatan perjalanan pribadi atau reportase. Saya menjawab “Kalau berminat, silahkan membaca print out laporan saya atau silahkan mengunjungi Blog saya : www.basukipramana.blogspot.com

Apakah anda mempunyai pengalamana yang sama atau mendapat pertanyaan yang sama yaitu:  “ Untuk apa anda menulis Blog?”


Foto Sebuah Dep. Store dikota Sydney:


Foto sebuah Apartemen di kota Sydney:



2 komentar:

  1. mikhael7:13 PM

    saya juga sering ditanyakan hal serupa, untuk apa menulis di blog ? menurut saya menulis di blog selain sebagai bentuk refreshing juga merupakan cara kita menghargai diri sendiri, selain juga mensyukuri koneksi internet serta laptop yang ada dengan cara yang benar,.. he..he..

    salam

    BalasHapus
  2. To Michael yang rajin berkunjung,

    Kalau begitu alasan anda untuk menulis mirip dengan saya.he...he...

    Tetap semangat.

    Salam.

    BalasHapus