Selasa, Januari 31, 2012

Umur (2)



31 Januari 2012, hari ke 64 saya  ada di dunia ini.
Waktu berjalan terus, dan umur saya sudah diatas 60 tahun. Pemerintah memberikan KTP seumur hidup kepada saya. Fasilitas dari Pemerintah yang saya terima  antara lain berupa diskon 20 % bila membeli tiket kereta api yang saya terima puluhan kali saat naik kereta api Cirebon – Jakarta pulang pergi.

Saya bersyukur kalau sampai saat ini saya diberi kesehatan yang cukup baik, sehingga saya dapat melayani diri sendiri dan orang-orang lain. Selama hidup saya pernah masuk Rumah Sakit sebanyak 5 kali dan Puji Tuhan semua penyakit yang saya derita  dapat sembuh dengan baik.

Suka dan duka dalam menjalani hidup ini telah saya alami. Kadang gembira saat menghadapi hal yang menyenangkan dan membuat saya nyaman. Sering pula merasa sedih dan kecewa saat menghadapi suatu masalah yang pelik. Saya mnyadari bahwa semua kemarahan tidak akan menyelesaikan masalah tetapi akan menambah masalah.

Sebagai petugas pelayanan Kesehatan sejak tahun 1980 saya bekerja di banyak Puskesmas di Kabupaten dan Kota Cirebon dan juga di Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas I Cirebon dalam 4 tahun terkahir menjelang saya Pensiun Atas Permintaan sendiri terhitung mulai tanggal ( TMT ) 1 April 2000. Sudah 12 tahun saya hidup dalam masa pensiun.

Banyak pasien yang merasa tertolong dan berterima kasih kepada saya, tetapi mungkin sekali ada banyak pula pasien yang merasa tidak sembuh dari penyakitnya dan bahkan meninggal dunia karena penyakit yang diderita selama bertahun-tahun. Sebagai manusia saya hanya dapat berusaha dan membantu menyembuhkan pasien tetapi masalah hidup dan mati seorang manusia tidak berkuasa.

Dalam hidup saya saya bersyukur dengan apa yang saya miliki saat ini. Berbuat kebaikan akan menuai kebaikan pula. Saya teringat akan perkataan seorang yang bijak yang berkata “Bersyukurlah dengan apa yang engkau miliki saat ini. Bila engkau tidak merasa puas dengan apa yang egkau miliki saat ini, maka bila matahari-pun engkau miliki, engkau tidak akan puas juga.”

Manfaatkan Talenta sebesar apapun yang engkau miliki bagi kepentingan diri sendiri dan orang lain. Orang bijak tadi berkata pula “Engkau memiliki 2 tangan. Tangan yang satu untuk menolong diri sendiri dan tangan yang kedua untuk menolong orang-orang lain.”

Saya sering kali melupakan bantuan apa yang telah saya berikan bagi orang-oarng  lain yang membutuhkan.  Saya tidak berharap orang-orang lain berbuat sebaliknya bagi saya, tetapi saya berharap  Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberkati saya. Amin.

Selamat pagi. Have a nice day.

4 komentar:

  1. Selamat ulang tahun , Dokter! semoga sehat dan sukses selalu , panjang umur dan senantiasa menjadi berkat bagi orang lain. God Bless!

    BalasHapus
  2. To Mikhael yg rajin berkunjung dan beri komentar,

    Terima kasih atas dukungan doanya. Tuhan memberkati.

    Tetap semangat.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Selamat ulang tahun, dr. Basuki.

    Better late than never. :)

    Semoga selalu sehat dan bahagia dalam setiap kegiatannya.

    BalasHapus
  4. Dear Love_sand,

    Amin.

    Terima kasih Anda masih rajin berkunjung dan memberi ucapan selamat. Aada termasuk salah satu dari relasi-relasi saya yang mengirimkan ucapan yang sama melalui message SMS dan email. Untuk kiriman itu semuanya saya hanya dapat mengucapkan terima kasih dalam bentuk banyak artikel yang saya publish ke Blog saya ini. Semoga tulisan saya dapat bermanfaat, minimal bagi yang membutuhkan.

    Tetaplah semangat dalam menjalankan tugas pelayanan. Masih banyak masyarakat yang membutuhkan pertolongan dan bantuan Dokter seperti Anda dan Rekan-rekan. Semoga Tuhan memberkati Anda semua. Amin.

    Salam.

    BalasHapus