Senin, Maret 02, 2009

Penyakit Agogo (2)


Ada pasien Agogo yang lain, Zaenal ( bukan nama sebenarnya ), 35 tahun, karyawan sebuah toko dan masih bujangan. Pasien ini sering bergaul dengan wanita.

Sudah 3 kali ia datang berobat. Kunjungan pertama dengan suntikan sejenis Antibiotika, 2 hari kemudian langsung sembuh. Urethritis gonorrhoica dapat disembuhkan untuk membunuh bakteri Neisseria gonorrhoeae penyebab GO. 

Kunjungan kedua, dengan suntikan yang sama , ia masih mengeluh ada nanah dilubang kencingnya. Saya curiga selain menderita Urethritis gonorrhoica ia juga menderita Urethritis Nongonorrhoica, artinya selain terdapat bakteri N.gonorrhoea, terdapat pula bakteri yang bukan N.gonorrhoea, misalnya mikroorganisme Chlamydia trachomatis ( paling sering ) dan Mycoplasma hominis Terdapat kombinasi penyebabnya. Penyakit ini sukar disembuhkan hanya dengan antibiotika biasa. Harus diberikan antibiotika yang lain yang khusus untuk membunuh mikroorganisme Nongonorrhoea yang kadang-kadang terlupakan.

Dengan dasar kemungkinan ini pasien G.O. harus mendapatkkan 2 jenis antibiotika secara berbarengan.

Kunjungan ketiga, Zaenal menderita penyakit yang sama dengan kunjungan kedua. Selang waktu antara kunjungan ke dokter, sekitar 1 bulan antara kunjungan pertama dengan kunjungan berikutnya. Luar biasa….ia mempunyai hobi yang heboh yang selalu membuat ia sakit kencing. Tidak kapok-kapok dia.

Zaenal tidak melakukan kunjungan keempat. Mungkin ia menghentikan hobinya atau ia pindah ke dokter lain. Semoga kemungkinan yang pertama yang ia lakukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar