Minggu, Maret 22, 2009

Menjadi Blogger


Pagi ini sambil menikmati secangkir Teh Hijau yang banyak mengandung antioksidan saya duduk menghadapi layar monitor komputer saya.

Hemm…mau nulis artikel apa ya? Saya mencari ilham, topik yang melintas di benak saya tentang: Blogger.

Ketika selama 3 hari berturut saya melakukan posting artikel di Blog saya ini, beberapa rekan Blogger beri komentar bahwa saya Blogger yang mantap ( apa iya sih?).

Salah satu Blogger bahkan berkomentar, katanya wah sampai kewalahan membaca banyak artikel yang saya post-kan dalam satu hari. Dalam hati saya berkata “Kalau membacanya saja sudah kewalahan, apalagi mengetiknya lebih kewalahan lagi.” He..he…

Orang lain menyangka saya punya banyak waktu, sehingga dapat ngetik berjam-jam untuk membuat dan mengirim artikel-artikel ke Blog saya.

Sebenarnya tidak begitu. Sejak bertahun-tahun saya selalu menyimpan artikel-artikel yang menarik dalam Harddisk saya. Sekembali dari pergi melancong, saya membuat Reportase perjalanan dan disimpan dalam Bank Naskah saya dalam HD komputer saya. Bahkan selama perjalanan saya menulis di sebuah buku Catatan dan membaca Brosure yang saya dapatkan secara gratis baik ditempat pariwisata yang kami kunjungi atau di meja kamar Hotel selama kami bermalam. Banyak artikel saya backup dalam banyak CD dengan judul tertentu yang sesuai dengan topiknya.

Sambil menunggu pasien datang berobat, saya juga dapat mengetik / mengedit artikel ( memakai MS. Word ) atau mengedit Foto ( ACDSeee atau Adobe Photoshop). Kadang-kadang Foto disuatu majalah yang saya baca, saya scanning dengan alat scanner merk Umax yang dapat saya sisipkan dalam artikel saya. Bila tidak ada yang cocok saya melakukan googling di Internet. Di saat luang melayani pasien yang datang berobat, saya dapat ngeBlog sambil menikmati Teh hangat di sore hari.

Begitu ada semangat untuk posting artikel ke Blog, maka saya hanya sedikit mengedit dan mengkombinasikan dengan Foto-foto yag sesuai dengan judul artikel. Kalau tidak cocok, saya download Foto-foto dengan bantuan mesin pencari Pak Google ( http://www.google.com ) atau Pak Yahoo ( http://www.yahoo.com ). Keduanya merupakan mesin pencari ( search engine ) yang tangguh dan canggih.

Saya terkejut ketika saya masukkan kata kunci ( key word ) nama saya ( Basuki Pramana ) ke dalam kolom pencarian di kedua mesin ini. Beberapa detik kemudian di layar monitor saya tampak banyak Link ( kalimat atau kata yang mempunyai kaitan dengan URL tertentu tentang saya ). Saya sangat kagum akan mesin-mesin ini yang memelihara data base semua hal yang pernah masuk dalam ingatan mereka.

Bila anda ingin tahu Link apa saja tentang diri anda, silahkan anda berbuat yang sama seperti saya mencarinya. Bila tidak ada sama sekali Link itu maka nama anda belum dikenal oleh database dalam kedua search engine tsb. Oleh karena itu anda sebaiknya segera membuat Blog atau website dengan nama yang sesuai dengan Blog yang anda buat dan dipromosikan ke dalam data base search engines tsb.

Selamat ngeBlog. Ciao.-



2 komentar:

  1. wah saya kagum dgn dokter
    walau sibuk tapi tetap setia ngeblog
    database nya banyak, sampai yang baca jadi kewalahan (lha gimana yang nulis ya, hahaha)

    BalasHapus
  2. To Mr. Sectiocadaveris,

    Wah anda terlalu memuji saya..

    Hobi saya menulis, jadi banyak juga yang dapat saya posting ke Blog saya.

    Terkadang timbul rasa males menulis, jadi tidak heran dalam 1 bulan hanya posting beberapa artikel saja.

    Kalau sedang semangat ada banyak artikel per bulan yang saya uploading ke Blog.

    Tulisan saya ini berkisar pengalaman saya menghadapi pasien atau pengalaman dalam kehidupan sehari-hari saja.

    Blog ini bukan Blog ilmiah, karena yang demikian sudah ditulis oleh Teman Sejawat yang lain.

    Anehnya ada banyak pertanyaan yang masuk. Mau tidak mau harus saya bales juga, padahal Blog ini bukan Ruang Konsultasi Kesehatan.

    Terima kasih Anda sudah berkunjung dan memberi komentar.

    Salam.

    BalasHapus