Jumat, Maret 27, 2009

Serba-serbi Kondom




Kondom atau Karet KB saat ini sudah begitu populer di masayarakat. 
Saat ini Kondom terbuat dari Karet yang kuat, tidak mudah robek. Indonesia sudah dapat membuat Kondom.

Penggunaan Kondom:
Semula Kondom dipakai sebagai alat KB ( Keluarga Berencana ), tetapi juga dipakai sebagai alat pelindung agar tidak tertular penyakit Kelamin ( Syphilis, Gonorrhoe, Kencing Nanah, HIV / AIDS., dll ).

Cara memakai Kondom:
Alat pencegahan agar tidak tertular penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seks, sebaiknya di gunakan dengan benar.
Pasang Kondom ketika Penis dalam keadaan ereksi dan sebelum melakukan aktivitas seksual.
Memasang Kondom ketika sudah terjadi hubungan seksual adalah tidak benar, karena penyebab penyakit Kelamin sudah dapat ditularkan kepada pasangannya.
Kondom yang sudah dipakai, agar tidak digunakan lagi ( sekali pakai buang di tempat yang aman ).

Kegagalan penggunakan KB terjadi karena: Kondom robek yang dapat diakibatkan oleh:
1. Mutu Kondom yang jelek
2. Kondom robek ketika melakukan aktivitas seksual

Cairan pelumas Kondom:
Cairan atau minyak pada permukaan Kndom, dimaksudkan sebagai pelumas / pelicoin dan juga mengandung zat yang bertindak sebagai Spermaticide ( membunuh spermatozoa ).
Minyak pelumas ini pada beberapa wanita dapat menyebabkan reaksi alergi berupa rasa gatal / rasa panas sesaat setelah melakukan aktivitas seksual.
Hal ini dapat diatasai dengan cara mengganti merk Kondom yang dipakai.

Jenis-jenis Kondom:
Di pasaran sudah tersedia bermacam-macam: 
1. Merk Kondom ( merek Sutera, Durex dll ), 
2. Bentuk Kondom ( licin, bergerigi dll )
3. Warna Kodom ( hitam, pink, hijau dll ), warna Hitam di Jepang lebih banyak disukai dari pada warna lain.
4. Rasa Kondom ( strawberi, chocolate dll ) dg harga yamg lebih mahal dari Kondom tanpa rasa.

Kisah nyata tentang Kondom:

Ketika saya bekerja di Puskesmas pada tahun 1981 terjadi keributan di Poliklinik KB.
Terjadilah dialog antara Bidan Puskesmas dan seorang Bapak.
Pak A ini berkata kepada Bidan B. “Ibu Bidan kata Ibu bila saya menggunakan Kondom, maka isteri saya tidak akan hamil lagi. Tadi pagi isteri saya muntah-muntah dan hasil pemeriksaan Urinnya Positip Hamil. Ini bagaimana Bu. Kami sudah punya 5 orang anak. KB kami gagal.”

Bidan B. menjawab “Apakah Bapak sudah benar memakai Kondomnya?”

Pak A menjawab “Sudah Bu.”

Bidan B bertanya “Bagaimana Bapak memakai Kondom itu?”

Pak A berkata “Ketika kami akan melakukan hubungan kelamin, Kondom itu saya pasang di jari telunjuk saya, persis seperti pada penyuluhan KB yang Ibu adakan beberapa bulan yang lalu.”

Bidan B berkata “ Itu tidak benar cara pasangnya. Bukan pada jari telunjuk tetapi pada alat kelamin Bapak.”

Pak A berkata lagi dengan nada tinggi “ Lho, ibu kan bilang pasanglah demikian ( sambil menunjukkan jari telunjuknya ).”

Bidan B berkata lagi dengan sewot “Iya saya bilang begitu seumpama, ini alat bapak ( sambil menunjukkan jari telunjuknya ), maka Kondom itu dipasang demikian agar alat Bapak terlindiung dengan Kondom tadi. Bukan dipasang di jari telunjuk Bapak.”

Pak A berkata lagi dengan sewot “ Habisnya Ibu bilang pasang begitu, ya saya pasang begitu dan kami langsung melakukan hubungan suami isteri.”

Bidan B berkata lagi “ Apakah alat Bapak mau dipakai sebagai alat peraga di depan puluhan orang di Balai Desa ?”

Pak A ???????




39 komentar:

  1. Anonim4:03 PM

    Salam kenal Dok dari bloggernya Probolinggo nih...
    Aku dapat alamat ini dari blognya Yudhi Gejali, dr.
    Blognya asyik juga Dok saya senang baca artikel-artikelnya terutama yang dipostingan Rencana Tuhan, sungguh pengalaman hidup yang luar biasa, Tuhan benar-benar mengerti apa yang kita butuhkan pada waktunya yah???
    Nggak apa-apa kan Dok blognya saya add di blogroll saya, sekedar baca-baca seputar kesehatan kita...

    BalasHapus
  2. To Rudy: Boleh. Slahkan aja di Link di Blog anda. Semoga dapat bermanfaat bagi orang-orang lain Makasih mau berbagi dengan saya. Salam sukses.

    BalasHapus
  3. hahaha... ternyata hingga hari ini saya blom pernah merasakan 'pemakaian kondom' Dok...

    BalasHapus
  4. To Pande Baik: Kalau belum pernah mencobanya, maka sukar memberi komentar.

    Beberapa suami tidak mau melakukan anjuran saya utk pakai Kondom ( sebab isterinya tidak cocok dengan Pil Kb dan Suntik KB, badan makin gemuk )dg alasan tidak enak.

    Lho enaknya berapa menit? lalu tidak enaknya berapa lama? kalau isterinya hamil lagi mk selama 280 hari ia akan mengandung dan isteri yg menanggung akibatnya.

    Jadi sang suami juga hrs ikut berpartisipasi dlm KB keluarganya.

    Wah...jadi promosi pemakaian Kondom nih. he..he..

    BalasHapus
  5. Anonim7:13 PM

    pak, saya mau tanya...
    seandainya kondom yang masih bagus (blum lewat kadaluarsa) dipakai,,
    lalu saat bersenggama dengan kondom tidak pernah sampai ejakulasi si pria-nya, dapatkah wanita hamil, seumpama kondom robek?
    mengetahui kondom robek bagaimana pak?
    lalu apakah cairan semen yang mungkin keluar saat bersenggama menggunakan kondom itu dapat menyebabkan kehamilan?

    BalasHapus
  6. Kondom dg kwalitas baik dan cara pakai yg benar, jarang robek, kecuali digigit / tergigit, dan robeklah kondom itu.

    Kalau kondom robek maka tidak ada jaminan tidak bisa hamil. Pada saat ejakulasi, cairan mani pria akan tertampung di dalam kondom dan tidak masuk ke dalam rahim wanita shg tidak dapat menyebabkan kehamilan.

    Kalau tidak ejakulasi maka kecil kemungkinannya hamil. Tanpa kondom juga kalau tidak ejakulasi, kecil terjadi kehamilan.

    Ada faktor lain yaitu apakah saat itu sang wanita itu dlm kead. subur atau tidak? kalau tidak subur meskipun ejakulasi maka kecil terjadi kehamilan.

    Kondom ditiup, kalau kondom itu berkembang membentuk spt penis, maka kondom tidak robek/bocor. Kalau ditiup, kondom tetap kempes maka ia sudah robek/berlubang.

    BalasHapus
  7. Anonim7:03 PM

    dok, ada yang ingin ditanyakan nih...
    apakah gejala2 wanita sedang hamil?
    mksdnya sejak terakhir berhubungan, mengetahuin hamil bagaimana selain dengan test pack?
    adakah gejala2nya?
    terus, mulai kapan sejak terakhir berhubungan test-pack sudah dapat digunakan?

    BalasHapus
  8. Apakah anda sudah menikah?

    Bila seorang wanita mengalami ovulasi ( melepaskan sel telur dari indung telur / ovarium ) maka akan terdeteksi adanya hormon Luteinizing dalam urine. Saat itu adalah masa subur. Bila saat itu ada fertilisasi ( sel mani membuahi sel telur ) maka akan terjadi kehamilan. Test tsb ( namanya Ovutest )akan mendeteksi adanya ovulasi tadi, bukan utk mengetahui hamil / tidak.

    Seorang wanita yang mengalami kehamilan, tentu ia sudah tahu sejak awal o.k. ia tidak mendapat haid lagi pd bulan berikutnya. ( setiap wanita dewasa, sehat, tidak ikut KB maka akan mendapat haid setiap bulan satu kali ). Bila ia tidak dapat Haid maka penyebab utamanya adalah hamil ( bisa o.k. sebab lain ).

    Gejala hamil lainnya: pada trimester I, ia akan mengalami mual, muntah ( ngidam ), payudara membesar, nyeri, waarna kulit sekitar putting susu lebih gelap, hitam.

    Bila wanita itu tidak mendapat haid pada bln berikutnya, ada test kehamilan yg dapat dilakukan, bisa minta bantuan Lab. Klinik terdekat utk periksa Urine pagi hari. Bila ada 2 grs merah pada Strip test maka ia Hamil. Bila hanya ada 1 grs merah ia tidak hamil saat itu. Test kehamilan dapat dilakukan beberapa hari sesudah perkiraan tanggal haid berikutnya atau 1 minggu, tgt dari test kehamilan mana yg dipakai.

    BalasHapus
  9. Anonim11:04 AM

    dok, maaf ni pemula sekali...
    seandainya berhubungan tgl 15 juli kemarin, dan di bulan agustus sudah mendapat haid, apakah mungkin tetap terjadi kehamilan di bulan septembernya?maaf ya dok, saya kurang mengerti. mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  10. Wanita yang dewasa, sehat dan tidak ikut KB ( Kondom, Pil, Suntik Spiral, Sterilisasi )setiap bulan akan mendapat Haid.

    Bln Juli tgl berapa anda haid?

    BalasHapus
  11. Anonim9:08 PM

    bulan juli dapat haid tanggal 3, berhubungan tgl 15, 6 agustus dapat haid lagi, apakah mungkin bulan septembernya tidak dapat haid karen hamil?

    BalasHapus
  12. Bln Juli & Agust. anda Haid, berarti anda pada bln Juli & Agust tidak hamil.

    Kemudian bila bln Agust anda ML dg suami anda pd masa subur ( 14 hr sebelum haid y.a.d. / Sept ), mungkin anda akan hamil. Bila ternyata bln Sept dapat haid lagi berarti anda tidak hamil.

    Bila anda tidak ingin hamil ikutilah salah 1 cara KB yg anda berdua sukai. Silahan anda berkonsultasi di Klinik KB salah 1 Puskesmas terdekat. Dokter / Bidan disana akan menjelaskan lebih lanjut kpd anda.

    Salam.

    BalasHapus
  13. Anonim7:45 AM

    dok saya mau tanya. waktu itu pasangan saya sewaktu berhubungan memakai kondom. dan saat ejakulasi dikeluarkan di luar vagina dan masih menggunakan kondom juga. saat itu memang sedang saat-saat saya subur. apakah bisa menyebabkan kehamilan? terimakasih dokter. ditunggu jawabannya.

    BalasHapus
  14. To Anonymous,

    Kalau pasang Kondomnya benar, yi dipsang sebelum melakukan ML dan tidak robek, mestinya tidak terjadi kehamailan apalagi ejakulasinya diluar vagina.

    Utk memastikan hamil / tidak, beberapa hari setelah tgl perkiraan haid yg berikutnya, coba anda lakukan test kehamilan atas urine pagi hari anda di Lab. Klinik terdekat.

    Semoga jawaban ini dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  15. Anonim12:34 AM

    doc saya mau tanya ...bulan ockt saya datang bulan ...kira 2x tanggal pertengahan ,dan untuk bln nov tangla 13 .setelah selesai haid saya berhubungan dengan suami saya sekitar tanggal 26 sampai tanggal 30 memakai kondom yg sudah kedaluarsa....bulan dec tangl 7 kita berhubungan tanpa pengaman dan ada sedikit sperma yg masuk .setelah itu untuk bulan dec saya tidak haid doc ..sampai sekarang ... dan teryata saya hamil..dan setelah saya USg bidan bilang kalau usia kehamilan saya sudah 10 minggu lebih 5 hari .yg mau saya tanyakan .. bulan apa yg menyebab kan kehamilan saya ... karena usia kandungan saya sudah 10 lebih 5 hari .terimakasih doc .

    BalasHapus
  16. To Ibu Anonymous,

    7 Des saat anda berdua melakukan ML tanpa pengaman itulah kemungkinan terjadi kehamilan.

    Bila anda berdua ingin mengikuti KB maka lakukanlah dengan baik dan benar.

    Pakailah salah satu cara KB yang baik dan cocok bagi anda berdua spt: Pil KB, IUD, Sterilsasi.

    Kondom sering gagal karena cara pakainya tidak benar,misalnya ada pasangan yg melakukan ML kemudian Kondom dipakai kemudian, padahal saat pertama tanpa Kondom bisa ada cairan sperma yg sudah masuk ke dalam Vagina.

    Kalau mau pakai Kondom, pakailah Kondom yang baik dan pakailah sebelum melakukan ML, jaga jangan sampai Kondom robek saat dipakai ( o.k. itu pakailah Kondom dg kwalitas yg baik ).

    Kalau anda berdua sudah menikah, maka kehamilan itu merupakan sutau kebahagiaan o.k. anda berdua akan mendapat keturunan. Ada banyak pasangan sudah menikah beberapa tahun, toh masih belum mempunyai keturunan.

    Kalau anda belum menikah resmi, maka semestinya anda tidak melakukan ML. Ceritanya bisa jadi panjang.

    Semoga jawaban ini dapat bermanfaat.

    BalasHapus
  17. tentang kondom hitam yg ada fungsinya untuk tahan lama, apakah tidak ada efek sampingnya apabila di pakai terus menerus????.....

    BalasHapus
  18. To Made,
    Kondom sekali pakai dibuang, tidak dipakai terus menerus seumur hidup.

    Mungkin maksud pertanyaannya adalah dipakai dalam jangka lama, kondom yang baru dipakai dibuang dan diganti kondom hitam yang baru. Kalau tidak alergi bagi kedua belah pihak ( pria dan wanita ), bisa dipakai dalam jangka lama. Kalau ada efek amping ( gatal dll ) sefera stop dan ganti dengan merk yang lain.

    BalasHapus
  19. To Made,
    Kondom sekali pakai dibuang, tidak dipakai terus menerus seumur hidup.

    Mungkin maksud pertanyaannya adalah dipakai dalam jangka lama, kondom yang baru dipakai dibuang dan diganti kondom hitam yang baru. Kalau tidak alergi bagi kedua belah pihak ( pria dan wanita ), bisa dipakai dalam jangka lama. Kalau ada efek amping ( gatal dll ) sefera stop dan ganti dengan merk yang lain.

    BalasHapus
  20. Anonim1:58 PM

    Dok mo nanya, kl lg ml kondom dah di pakai duluan tp pasangan terlalu henboh hingga cairan sperma bocor keluar dr bawah kondom gimana dok apakah bs menyebabkan kehamilan.makasih

    BalasHapus
  21. Kondom harus dipergunakan secara benar. Bila ada cairan sperma yang keluar dan masuk ke dalam vagina isteri yang sedang dalam masa subur, maka dapat menyebabkan kehamilan.

    BalasHapus
  22. Anonim3:27 PM

    Maaf Dok saya mau nanya, saya berhubungan dengan istri saya memakai kondom sebagai alat kontrasepsi karena istri saya tidak mau KB dengan alasan takut gemuk, tapi ahir-ahir ini istri saya malah telat datang bulan sudah sekitar 5 hari, padahal setiap baerhubungan saya pake kondom dan pada waktu ejakulasi pun saya keluarkan dari V nya....,, istri saya telat Haid sekitar 5 hari tp dia sempat merasakan sakit seperti mau haid dan selangkangan berasa nyeri, tp itupun tidak lama. dan istri saya pun tidak mengeluhkan gejala-gejala yang lazim terjadi pada seseorang yang akan mengalami Haid ataupun tanda-tanda kehamilan. mohon pencerahannya dok. apakah istri saya hamil??

    BalasHapus
  23. Anonim4:22 PM

    apakah mungkin bisa hamil kalo hubungan intim mengunakan kondom dan pada saat ejakulasi penis di keluarkan dari V.

    BalasHapus
  24. Kalau pemakaian Kondom benar, maka tidak mungkin terjadi kehamilan. Isteri anda belum datang haid, ada kemungkinan terjadi keterlambatan haid yang disebabkan oleh ketidakseimbangan homon Estrogen dan Progesteron dalam tubuh isteri anda. Silahkan berkonsultasi dengan Dokter keluarga anda untuk meminta bantuannya agar haid isteri anda segera datang.

    BalasHapus
  25. Untuk memastikan apakah isteri anda hamil atau tidak, periksakanlah Urine pagi hari isteri anda di Lab. Klinik terdekat. Dari hasil pemeriksaan itu dapat diketahui apakah isteri anda hamil atau tidak.

    BalasHapus
  26. Make kondom di jari? Lucu. Lucu.

    Kalau nggak mau punya anak lagi, mending divasektomi saja. Kejam? Sakit? Namanya juga resiko.

    BalasHapus
  27. To Kencana,

    Memberikan penyuluhan kepada orang yang low educated emang harus sabar, karena mereka tidak mengerti, jadi harus diberi pengertian sejelas-jelasnya.

    Salam

    BalasHapus
  28. Yah. Saya heran kenapa Bidan malu-malu menyebut pen+s dan vag+na. Kan itu bagian tubuh manusia juga, kenapa dianggap seolah tabu dan terlarang? Kalau disebut "alat Bapak", justru mereka bingung.

    BalasHapus
  29. To Kencana,

    Sang Bidan sudah menjelaskan bahwa misalnya jari telunjuknya itu seumpama Mr. P maka pakai Kondomnya begini, tapi rupanya sang Bapak mengartikan bahwa Kondomnya dipasang benar-benar pada jari telunjuknya saat ia sedang ML dgn isterinya.

    Kalau sang Bidan bilang pakai Kondomnya pada Penis Bapak, mungkin sang Bapak juga tidak mengerti apa itu Penis. Maklum yang mendengarkan penyuluhan itu adalah orang-orang pedesaan.

    Salam

    BalasHapus
  30. Anonim7:47 PM

    salam,,
    mau tanya dok, apakah dalam plumas kondom (ex: sutra ) itu bisa membunuh sperma, dan apakah pada semua merek kondom, seperti sutra dkk itu menggunakan plumas/cairan pembunuh sperma?
    mohon pendidikannya

    BalasHapus
  31. To Anonim,

    Cairan pelumas kondom bisanya bersifat membunuh sel mani ( spermaticide ). Meskipun demikian jangan mengandalkan efek spermaticide ini. Pakailah kondomn secara benar. pakailah sebelum melakukan ML. Bila sudah melakukan penetrasi kemudian baru dipasang kondomnya mungkin sudah ada sedikit cairan sperma yg keluar yg dapat saja menyebabkan terjadinya kehamilan ( kalau wanitanya sedang dalam keadaan subur ). Cara memakai yg demikian tidak dibenarnya ( kalau kondom dimaksudkan sebagai pencegah kehamilan ).

    Ada berbagai merek kondom yg dipasarkan spt: Sutera, Durex ( www.durex.com ) dll. Indonesia juga sudah mempunyai pabrik Kondom sendiri.

    Bila membeli kondom, periksalah tanggal kedaluwarsa pada kotaknya. BIla sudah kedaluwarsa janganlah dipakai.

    Semoga dapat membantu.

    Salam

    BalasHapus
  32. Slam pak dktr
    Sya ingn brtnya
    Sya melakukan hbngn dgn istri sya mnggunakan kondom stlah slesai brhbngn sya ingin mlakukannya lagi kedua kali dengan menggunakan kondom baru yang ingin sya tanya apakah dgn melakukan hbngn yg ke dua kali dgn mnggunakan kondom baru apalah dpt mnyebabkan kehamilan
    Trima kasih

    BalasHapus
  33. To Mike Ronaldi,

    Melakukan ML dgn isteri dgn menggunakan Kondom tidak akan menyebabkan kehamilan, asal cara penggunaannya benar dan Kondom tidak robek saat melakukan ML.

    Salam.

    BalasHapus
  34. Anonim3:51 PM

    sy ingin bertanya dok

    1. apakah seperma menetes di luar vagina. menetessedikit kemudian di cuci menggunakan air (bukan dalam vagina)apakah bisa menyebabkan kehamilan?
    2. apakah wanita di buat organimse berkali-kali akan menyebabkan perut menjadi kram ke esokkan harinya. terima kasih

    BalasHapus
  35. To Anonim,

    Nama anda siapa ya?
    Yang dicuci apanya ya? Kondomnya atau vaginanya?
    Kalau cara pakai Kondomnya benar maka cairan sperma tidak akan keluar dari kondom. Lain kali pakailah yang benar.

    Orgasme merupakan keadaan yg kompleks. Biasanya tidak menyebabkan perut kramp pada keesokan hari. MUngkin hal ini disebabkan oleh faktor lain misalnya makanan yg tidak cocok ( terlalu pedas, terlalu asam dll ).

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam

    BalasHapus
  36. mantab artikelnya pak basuki saya tunggu updatenya

    BalasHapus
  37. To Farul,

    Terima kasih sudah berkunjung.

    Salam,

    BalasHapus
  38. Anonim7:27 PM

    Saya mau tanya dok.
    Saya biasa cuma pakai pelumas kondom aja saat berhubungan dg istri,agar lebih lama bertahan. Nah,Apakah pelumas kondom sutra OK berbahaya untuk rahim / vagina wanita jika terkena langsung..?

    Terimakasih untuk jawabannya dok

    BalasHapus
  39. Sewmua minyak pelumas yang ada di Kondom, aman bagi Vagina. dan tidak ada hubungannya dengan Rahim. Minyak pelumas ini tujuannya untuk melicinkan saat melakukan ML. Ada juga minyak pelumas yg bersifat mematikan sel-sel mani agar tujuan tidak terjadinya kehamilan terjadi.

    BalasHapus