Senin, Maret 02, 2009

USB Modem CDMA ( 1 )



Hari Sabtu 28 Pebruari 2009 siang sekitar pukul. 12.30 saya tidak dapat mengakses Internet. Satu-satunya Modem yang aku miliki tidak menampakkan sinyal, dengan demikian tidak dapat untuk mengakses Internet. Hatiku jengkel. Tiada hari tanpa ngeBlog, bakalan tidak dapat saya nikmati. Huh…..

USB Modem CDMA Starone itu kubeli bulan November 2008, dengan garansi 1 tahun. Jadi masih ada harapan untuk minta garansi perbaikan. Aku melepas RUIM card Starone dari Modem dan kumasukkan ke Handphone CDMA. Ternyata disini menampakkan sinyal 4 bar. Berarti tidak ada gangguan RUIM card atau jaringan Starone. Yang rusak Modemnya, demikian aku berpendapat. Aku mencoba bicara dengan seorang teman via Handphone ini ternyata berhasil.

Ah...baru 3 bulan kupergunakan, Modem itu sudah ngadat. Aku harus menunggu hari Senin dimana Toko Komputer milik temanku buka untuk minta perbaikan dan kalau bisa pinjam Modem CDMA sebagai backup-nya. Hari Senin aku akan posting beberapa artikel untuk Blog saya ( http://www.basukipramana.blogspot.com ).

Dalam masa promosi Starone memakai tarif Rp. 25,-/menit. Sejak 11 Pebruari 2009 tarif berubah menjadi Rp. 75,-/menit dengan Speed 153,6 Kbps. Jadi tarif lebih mahal 3 kali lipat. Saat ini dimana para operator berlomba-lomba menurunkan tarif. Eh...Starone kok malah menaikkan tarif ( 3 x lebih mahal ). Bah....

Aku membaca iklan Mobi Fren, Mobile 8, tentang paket Mobi PMCIA modem seharga Rp. 499.000,- termasuk RUIM card dengan pulsa perdana Rp. 10.000,- Saat ini dikota Cirebon masih menggunakan Speed dari CDMA 2000­1X ( 153,6 Kbps ). Untuk Kota-kota besar sudah dapat menggunakan EVDO Rev O ( 2,4 Mbps ) atau EVDO Rev A ( 3,1 Mbps ), Tarif yang digunakan sebesar Rp. 0,1,-/Kb ( sepersepuluh kalil ebh murah dari pada Starone ) pada pukul 00.00 – 12.00 yang berlaku sampai 31 Maret 2009. Diluar waktu itu dipakai tarif sebesar Rp. 0,25/Kb ( seperempat kali lebih murah dari pada Starone ).

Terdorong oleh rasa penasaran aku mengunjungi Kantor Cabang Fren, Mobile 8. Meskipun aku tidak membeli Modem Mobi Fren, aku diperbolehkan membeli RUIM card Mobi CDMA ( Rp. 15.000,- ) yang dapat digunakan pada Modem USB Starone-ku. Aku bersyukur kalau bisa terpakai dengan tarif yang lebih murah dari pada Starone.

Pakai Starone dengan quota Volume Rp. 1,-/Kbps atau quota Time Rp. 75/menit, dirasakan masih mahal kalau dibandingkan Mobi Fren, Mobile 8 yang mengunakan tarif Rp. 0,1/Kb ( sepersepuluh lebih murah ). Bila ini dapat dipakai maka aku akan membeli pulsa Fren yang lebih besar untuk mengakses Internet.

Aku mengganti RUIM cad Starone dengan Mobi Fren dan berhasil! Bisa konek ke Internet.
USB Kodem CDMA Starone ini sudah ada setting otomatis untuk dapat dipakai dengan RUIM card: Starone, Fren, Flexi atau Esia. Modem ini sebenarnya bagus. Bisa ganti-ganti RUIM card, 4 operator CDMA dalam 1 Modem ini. Juga tidak panas walaupun dipakai sampai 1 jam.

Sayang kenyamanan ber-Internet ini terputus ketika tiba-tiba Modem ini tidak berhasil menangkap sinyal sampai 5 Bar di ruangan aku bekerja ( dengan memakai penguat sinyal operator handphone ). Tidak ada sinyal yang tertangkap!!. Huh...jengkelnya. Aku tidak mempunyai Modem cadangan. Aku nganggur minimal 2 hari menunggu sampai hari Senin berikutnya.

Senin 2 Maret 2009, atas kebaikan temanku, pemilik Toko Komputer, aku dapat pinjaman Modem USB merk ZTE, MG880, CDMA 1X. Sementara USB Modem Starone mengalami proses penelitian, apanya yang tidak beres.

Aku pakai RUIM card Starone. Aku gembira dapat sinyal 5 Bar. Aku dapat buka Inbox di Gmail dan posting beberapa artikel ke Blog saya.

Mungkin lebih baik kalau saya mempunyai 2 buah Modem untuk akses Internet. Bila satu ngadat, masih ada yang lainnya. Double setup.

26 komentar:

  1. Anonim11:28 AM

    Bos Bas,
    bisa sharing donk pemakaian Mobi Fren nya. Karena rencana saya juga mo pake.

    Gmn sinyal klo di dalam rumah?
    Kecepatan stabil ga? Rata2 klo download sekitar brp gitu?

    Klo ga salah, klo kita beli di outlet resmi Fren gratis quota 1GB, bener ga?

    asp
    needyourcomment

    BalasHapus
  2. To ASP: Kemarin saya coba pakai RUIM Fren, Mobi Mobile 8. Sinyal di Ruang Keluarga & di Ruang Kerja ( dg Penguat sinyal ) 5 Bar, bagus. Saya masuk ek Yahoo.com, Detik.com, Kompas.com bisa, tetapi kalau saya akan buka Inbox saya di Google.com atau masuk ke Blog saya di www.blogger.com ( milik Google?) tidak bisa /gagal, lama tidak dapat masuk. Entah kenapa. Saya coba pakai Browser: IE, Moxilla Firefox dan Opera.
    Kalau pakai RUIM Starone pakai Browser apa saja bisa konek ke semua Website. Mailbox saya kan ada di gmail.com. Jadi saya tidak pakai lagi RUIM Mobi Fren, Mobile 8, kecewa berat. Saya tetap pakai Starone. Dalam sebulan pulsa uang saya pakai sekitar Rp. 140.000 - 150.000,- yg lebih rendah dp Speedy ( Rp. 220.000,-/bl utk quota 1 Gb ). Download speed juga dibawah 10 Kbs, lambat tapi mantap tidak terputus-putus. Upload selalu berubah-ubah mengikuti traffic Internet di seluruh dunia, naik turun, sekitar 20 Kbps ( 40 - 2 Kbps ). Speed yang diiklankan ( 153/Kpbs )itu mungkin sekali speed dari Modem ke Laptop/PC yang tetap segitu dan bukan dari Laptop ke Internet. Jangan terkecoh iklannya.

    BalasHapus
  3. iseng, baru sj sy coba akses intrnet pake modem nokia cdma 3105, kabel DKU5, uninstall PC suite bawaan kemasan, gunakan windows Vista plus kartu fren (sy beli dulu sbelum sy tau ada program Mobi..). Alhmdllah berhasil..! aksesnya terbilang cukup cepaat (boleh jdi speed-nya selevel 3G-GSM). Cuma krn sy belon bisa ngitung dari computer brapa Kb yg sdh dipake selama akses, jadinya agak sdikit ribet ngitung pastinya hrg Rp/Kb yg ditawarkan oleh operator Fren. Bgitu jg dgn stabilitas modemnya sy belum bisa comment, karena pakenya baru sebentar.
    Ada saran? Tks. Salam.

    BalasHapus
  4. To Pendawa: Dlm Komputer saya sering lakukan "Trial and error". Kalau gagal diulangi lagi.

    Mengenai Trip Mobi yg Rp. 0,1,-/Kb tentu lebih murah dp Starone yg Rp. 1,-/Kb ( Volume base ) atau Rp. 75,- ( Time base ).

    Saya pakai RUIM Mobi di USB Modem ZTE MG880, kok susah masuk kegmail.com ( inbox saya ada disini ), meskipun sinayla 5 Bar ( full ). Saya coba dg Browser IE6, Opera dan Firefox. Jadi saya tetap pakai Starone ( Vol base ).

    Saya sdh sarankan kepada Pimpinan Starone di kota Cirebon agar tarif kembali ke Rp. 25,-/Kb. Saat ini para operator saling menurunkan tarif, kok Starone menaikkan tarif.

    emang kalau mau service kenceng, ada harga yg harus kita bayar. kalau gratisan, rasanya tidak mungkin ya. Bgm mereka bisa bertahan hidup?

    Silahkan anda coba aja selama 1 bulan lalu hitungberapa Rp. untuk pemakaian Pulsa.

    Patokan saya jangan lebih dari Rp. 200.000,- ( spt utk Speedy yg sdh jadi Slowly ). Diatas itu saya anggap mahal, tapi mahal itu relatip ya. Bagi saya yg pensiunan PNS, diatas nilai itu dianggap mahal.

    Salam sukses.

    BalasHapus
  5. Ikut Menambahkan. Saya coba MOBI dengan membeli perdananya di kantor perwakilan Fren di Bandung. Dicoba dengan HP Nokia CDMA + DKU 5, sinyal didapat 3-4 bar (dalam ruangan). Koneksinya cukup bagus (jauh di atas Telkomnet instan, atau Melsa yang lagi lelet, yang selama ini sering saya gunakan). Untuk membuka situs koran KOMPAS dan Pikiran Rakyat, hanya perlu beberapa detik. Tapi... kalau kita sudah buka 2 - 3 link, kecepatannya jadi ngedrop cukup lama (tapi tidak sampai putus), agar kecepatan naik lagi, di disconnect lalu di sambunging/connect lagi. Dibandingkan dengan paket sejenis dari SMART, saya pikir MOBI lebih baik, setidaknya untuk daerah saya di sekitar Jl. Nagrog / Gending Mas Ujungberung Bandung.

    BalasHapus
  6. To Aep SAR:

    Syukurlah kalau dgMobi, anda sudah dapat akses Internet di daerah anda.

    Saya mendapat kesan bahwa bagaimanapun juga kenyataan di lapanaganlah yg turut menetukan. Ilannya bagus2 tapi kalau di tempat kita tidak bagus maka percuma saja pakai operator ini dan itu.

    Kalau sudah cocok maka pakailah yg sudah cocok bagi masing-masing netter di masing-masing daerah.

    Fren cocok disini tapi tidak cocok disana, maka pakailah yg paling sesuai. lagi-lagi "Trial and error yg kita pakai".

    Saat ini saya masih pakai USB Modem Starone. Oleh karena sudah ada Paket Post paid Rp. 99.000,-/ bln dg quota 1 Gb, maka saya pakai paket ini. Bulan Mei 2009 saya dikenakan biaya Internet Rp. 105.000,- dg Speed 153 Kbps.

    Utk saat ini saya cukup puas dg Starone ini.

    Saya ingin coba pakai Telkomsel Flash yg broadband, tapi harga modemnya masih mahal ( Rp. 1,4 jt ).

    BalasHapus
  7. wah wah akhirnya dapat juga nih tulisan tulisan tentang Mobi, saya dah nyoba neh, cepet sih cuman sayang ada beberapa website yang kagak bisa dibuka,,,padahal aku perlu neh....ada yang tahu kenapa?

    untungnya sih aku pake starone, jadi tetep bisa browsing seenaknya..bayar 99rebu dapat 1 giga.....ah walaupun ada MOBI ternyata Starone tetep the best

    BalasHapus
  8. To Kang Artha:

    Sampai saat ini saya masih pakai Modem USB Starone, paket unlimited Rp. 99.000/bln, quota 1 Gb, speed 153 kbps. Cukup baik.

    BalasHapus
  9. Adennata8:33 AM

    Wah,Starone bagus ya? niatnya juga pingin beli modem cdma yg agak terjangkau bvuat mahasiswa kaya saya ini. tapi masih lagi cari2 info ni. lokasi saya ada di jogja. kira2 cepat ga ya?

    BalasHapus
  10. To Adennata:

    Saat ini saya pakai USB Modem Starone. Sejak tgl 1 Jun 2009 di kota saya, Cirebon sudah ada paket Starone Post paid Unlimited dgn tarif Rp.113.000,- ( + PPN 10 % ). Speed tetap 153 Kpbs. Cukup baik dan jarang ngadat. Bagi saya cukup murah dan baik.

    Speed sebesar itu antara Desktop & Modem. Kalau download speed tampil di layar monitor sebesar sekitar 10 Kbps. Sudah baguslah.

    Kalau di luar ruang kerja saya, sinyal bisa sampai full bar ( 5 bar )dicoba dg memakai HP CDMA, tetapi di dalam ruang kerja hanya 2 bar. Jadi saya akalin dengan membeli Antene penguat sinyal HP/Modem harganya Rp. 55.000,- sdh berikut kabel 13 meter. Ujung kabel ini didekatkan kpd modem dan penguat ini akan menambah sinyal sampai 5 Bar. Bagus untuk akses Internet. Kalau 2 bar tidak bisa akses Internet.

    Utk di tempat kerja anda, sebaiknya anda memeriksa RUIM card dg HP CDMA, berapa Bar yg terlihat. Modem USB bisa pakai Fren ( paket Mobi ) atau Starone ( paket Unlimited kalau sdh ada di Yogya ). Pakailah yg sesuai dg tempat kerja anda.

    Enaknya pakai USB Modem ( baik CDMA atau GSM spt Telkom Flas dan IM2 / Broom ) bisa dipakai dimana-mana tempat ( dg laptop ). Kalau Speedy yg fixed telepon ( sudah ada paket yg murah juga ) maka hanya dpt dipakai di rumah saja. Kalau berada di Kampus atau lain tempat tidak bisa.

    Selamat mencoba dan berInternet ria.

    BalasHapus
  11. @ Basuki Pramana : Jadi saya akalin dengan membeli Antene penguat sinyal HP/Modem harganya Rp. 55.000,- sdh berikut kabel 13 meter.
    dimana mas belinya?

    BalasHapus
  12. To Rudyanto,

    Saya beli alat itu di sebuah Toko yg jual Antene TV, sparepart radio/TV. Silahkan anda mencari dan membeli di toko semacam itu di kota anda / kota terdekat / anda dapat googling di Internet. Salam.

    BalasHapus
  13. Diki Saeful12:44 AM

    Waduh saya sudah terlanjur membeli Modem MOBI,,

    di wilayah saya sudah termasuk dalam Coverage
    EVDO.Rev-A tetapi entah kenapa untuk mendapatkan sinyal Rev-A sangat sulit,paling tinggi 2 Bar,padahal tempat saya tidak jauh dari Network server Mobile-8, kurang dari 1 Km.
    Setelah sinyal manteng di Rev-A pun kadang Dormant atau terhenti,sinyal baru bisa lancar bila sudah lewat tengah malam,jadinya begadang terus.

    saya belum mencoba test device Modem Starone,tapi mungkin akan lebih baik dari Mobi.

    To Pak Basuki:Alat penguat sinyal yang anda sebutkan itu apakah memang khusus untuk hape/modem?apakah tersedia di setiap toko accesories electronic?saya berminat untuk membelinya,,

    Terima Kasih,,

    BalasHapus
  14. To Diki S.,

    Benar Antene Penguat Sinyal itu tugasnya utk menguatkan sinyal HP. Say apikir kalau HP aja bisa, mungkin utk Modem juga bisa sebab di dalam HP itu kan ada modemnya juga. Ternyata berhasil. Harganya murah meriah sekitar Rp. 55.000,- an, tapi khasiatnya memuaskan.

    Pagi ini saya posting artikel ttg Antene Penguat Sinyal lengkap dg Fotonya. Silahkan berkunjung.

    BalasHapus
  15. Anonim11:57 PM

    to:Basuki Pramana
    Sekedar konfirmasi saja speed 153Kbps(Kilo bits per second) itu bukan speed download data KBs(Kilo
    Byte/second) 1KBs = 8Kbps. Jadi 153/8 = 19.125Kbps
    Itu Maxnya, biasanya unlimited klo quota abis diturunin jadi 56/64Kbps = 7/8KBs(Max)

    Klo pengen cepet pake paket HSPA(GSM)/EVDO(CDMA)
    tapi surabaya lom ada EVDO buat Mobi ... Hizk TT

    BalasHapus
  16. Terima kasih atas informasi anda.

    Fasilitas EVDO dari Mobi belum menjangkau seluruh kota di Indonesia, masih di kota-kota tertentu saja.

    Salam.

    BalasHapus
  17. PENGUAT SINYAL GSM MADE IN TAIWAN Clear Cast SG-45.
    GSM Repeater & Booster Antenna (penguat sinyal), dengan small pack dan daya yang Besar ini cukup menguatkan sinyal yang lemah menjadi kuat untuk area cover 60-200 m2. Cocok untuk digunakan untuk kartu As, IM3, XL, Mentari, Telkomsel, xl dan operator gsm lainnya secara portabel dan pribadi. Kini dimanapun anda berada, komunikasi akan tetap berjalan mulus, dan bisnis anda akan lancer . Modul repeater ini bekerja pada frekuensi 900 Mhz. Tidak perlu kabel konektor yang ditancap ke handphone. Mampu menguatkan penerimaan sinyal bahkan dalam kondisi tanpa sinyal sekalipun di dalam ruangan.
    Info Lengkap Hubungi : ARDY
    Hp : 085224873514
    YM : ardygsm

    BalasHapus
  18. To Penguatsinyal,

    Terima kasih atas informasi anda.
    Mohon tanya berapa juta rupiah harga Alat tsb?

    BalasHapus
  19. Anonim7:01 AM

    Maz Basuki,,tolongin qw dong...ada bnyak pertanyaan qw ne bwt mz..

    mz klu mw bli tu bilangnya penguat sinyal hp ato penyuat sinyal modem usb??

    truz modem qw edvo/cdma 1x,,tp gak ada colokannya,,jd gimana masangnya penguat sinyal ke modem qw??

    ada satu masalah lagi,,modem qw tu sebenarnya gak support untuk windows XP qw sudah tertipu waktu beli di bungkusannya bilang suport windows XP bhwan juga vista..tapi setelah qw cek ternyata cuma mendukung Windows 95/98/2000..
    selama ini aq makeknya dengan cara pemaksaan yang kadang2 aj connectnya,,truz lambat banget waktu pagi sampek jam 9 malam..
    klu ad drivernya untuk modem qw,,boleh minta gk mz??biar bisa berjalan dengan mulus modem qw..

    trima kasih banget bwt mz Basuki atas perhatiannya,,n sya menunggu jawabannya..
    alamat email saya ..
    anto_lonely@yahoo.com

    BalasHapus
  20. Anda tinggal dimana? Kalau di kota-kota saat ini sinyal operator CDMA sudah kuat bahkan ada yg sudah berfasiitas EV-DO shg speednya lebih kenceng ( Smart, Fren dibeberapa kota ). Kalau anda tinggal jauh dari kota memang untung2an, kekuatan sinyal bisa kuat dan bisa lemah. Kalau lemah coba diakalin dg Antene Pwenguat Sinyal MOdem/HP ( prinsipnya sama saja ).

    Kabel Penguat Sinyal didekatkan / dilingkarkan ke Modem, maka sinyal akan berubah menjadi lebih kuat. Itu saja.

    Modemnya pakai yg sesuai dg O.S. Kompi anda. Bila tidak compatible, maka hasilnya tidak sempurna. Coba beli MOdem yg bagus agar hasilnya bagus.

    Saya sudah menceritakan pengalaman saya pd artikel terkait dg jelas, gambarnya jelas. Saya anggap sudah jelas.

    Saat ini ada dijual Penguat sinyal HP / Modem dg harga sekitar 1-2 jutaan.

    Saya pakai yg paling sederhana ( sp[t pd foto ) harganya Rp. 50.000,-. Bahkan saat ii saya pakai USB MOdem dari Smart ( CDMA ) di kota Cirebon, Jabar, sinyalnya Fullbar ( tanpa penguat sinyal ). Bila pakai Starone Modem CDMA harus pakai penguat sinyal ( di ruangan saya ) tetapi kalau di ruangan lain sinyal sudah Fullbar. Jadi lokasi ruangan dimana ada Kompi itu juga berpengaruh thd pendapatan sinyal Fullbar atau tidak.

    Kalau mau lebih murah lagi, modem anda di dekatkan pada kabel power Laptop / Kompi anda, sinyal akan lebih kuat o.k. ada interverensi thd modem dari kabel yg yg teraliri listrik PLN.

    BalasHapus
  21. Anonim8:25 PM

    Maaf nyelang dikit neh. Mo tanya toko elektronik-ny dimn yg menjual antene penguat sinyal u/ smua jenis modem? Kebetulan sy berdomisili di cirebon jg & qta jg se-iman.

    U/ informasi-nya tolong qrim via email..
    surya_cell9@yahoo.com.sg

    GBU

    BalasHapus
  22. Kalau anda membaca teliti artikel saya dan semua komentar yang diberikan oleh para Blogger yg sudah berkunjung, maka jawaban anda sudah terjawab. Saya kutipkan disini:

    PENGUAT SINYAL GSM MADE IN TAIWAN Clear Cast SG-45.
    GSM Repeater & Booster Antenna (penguat sinyal), dengan small pack dan daya yang Besar ini cukup menguatkan sinyal yang lemah menjadi kuat untuk area cover 60-200 m2. Cocok untuk digunakan untuk kartu As, IM3, XL, Mentari, Telkomsel, xl dan operator gsm lainnya secara portabel dan pribadi. Kini dimanapun anda berada, komunikasi akan tetap berjalan mulus, dan bisnis anda akan lancer . Modul repeater ini bekerja pada frekuensi 900 Mhz. Tidak perlu kabel konektor yang ditancap ke handphone. Mampu menguatkan penerimaan sinyal bahkan dalam kondisi tanpa sinyal sekalipun di dalam ruangan.
    Info Lengkap Hubungi : ARDY
    Hp : 085224873514
    YM : ardygsm

    Saya membeli antene penguat sinyal ( spt antene UHF ) di toko Elektronik di Jl. Kalibaru Selatan, seberang Toko Besi yang jual pipa2 ledeng.

    Saat ini setelah saya beralih ke USB Modem CDMA Smart dimana antene yang tertangkap cukup kuat / Fullbar, saya tidak lagi memakai antene penguat sinyal.

    BalasHapus
  23. nice share pak.. :)
    btw aqu juga punya tips biar koneksi internet gak gampang putus, mampir yah ke blogku.. ;)

    BalasHapus
  24. To beginner_boy,

    Wah makasih sudah berkunjung dan juga atas infonya.

    BalasHapus
  25. makasih buat share infonya.
    sangat bermanfaat buat saya..

    BalasHapus