Kamis, Maret 26, 2009

Yogurt


Yoghurt atau yogurt adalah dairy product yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri pada susu. Berbagai jenis susu dapat digunakan untuk membuat yoghurt, tapi produksi yoghurt yang modern kini didominasi oleh susu sapi. Pembuatan yoghurt merupakan proses fermentasi dari gula susu (laktosa) menjadi asam laktat yang menyebabkan tekstur yoghurt menjadi kental. Biasanya yogurt dijual dengan rasa buah, vanila, atau coklat, tapi ada juga tanpa penambahan rasa (plain).

Yoghurt dibuat dengan menambahkan bakteri yang menguntungkan ke dalam susu yang tidak dipasteurisasi (untuk mengatur keseimbangan antara bakteri dan enzim dari susu) pada suhu dan kondisi lingkungan yang dikontrol. Bakteri akan mengolah gula susu alami menjadi asam laktat. Hal itu akan meningkatkan keasaman sehingga menyebabkan protein susu menyusut menjadi masa yang padat atau kental. Peningkatan keasaman (pH 4-5) juga mencegah proliferasi (perbanyakan sel) dari bakteri patogen lainnya. Umumnya kultur yoghurt melibatkan dua atau lebih bakteri yang berbeda untuk proses fermentasi, biasanya yaitu Streptococcus salivarius dan thermophilus dan genus Lactobacillus, seperti L.acidophilus, bulgaricus, casei dan bifidus.

Karena kultur yoghurt mengandung enzim-enzim yang dapat memecah Laktosa, beberapa individu yang menderita Lactose intolerant dapat menikmati yoghurt tanpa efek yang merugikan. Secara nutrisi, yoghurt memang kaya akan protein dan beberapa vitamin B serta mineral penting lainnya.

Yoghurt umumnya dijual dengan penambahan kemanisan dan rasa, atau dengan penambahan buah untuk menambah rasa alaminya.

The perfect Diet food?

Hasil penelitian The University of Tennese terhadap orang dgn BB berlebih yang minum Yogurt 3 kali sehari selama 12 minggu, akan kehilangan:

22 % Berat Badan
61 % Lemak badan
81 % Lemak di perut

dibandingkan dgn orang yg mengkonsumsi kalori yg sama tetapi tidak minum Yogurt.



9 komentar:

  1. Anonim11:59 AM

    apakah yogurt dalam kemasan bisa langsung dimakan tanpa dicampur dengan sayur/buah2an? atau harus diolah (dimasak) terlebih dahulu pak?....

    BalasHapus
  2. Yogurt yang ada di pasaran ( mall dll ) sudah siap santap. Tidak perlu dicampur lain2 kecuali kalau anda menghendaki ditambah dengan yg lainnya. Ada rasa Strawberi, rasa Jeruk dll.

    BalasHapus
  3. Anonim9:39 PM

    Dok, mohon tanya apakah Yoghurt ini disantap sebelum atau sesudah makan? dan sebaiknya dimakan pagi, siang atau sore hari. Terima kasih
    Mulyanto

    BalasHapus
  4. Yoghurt ini berasal dari Susu yang sudah mengalmi prose fermentasi sehinga berasa Asam. Sebaiknya diminum setelah makansehngga asam tidak merangsang Lambung.

    BalasHapus
  5. Anonim1:05 PM

    dok, yogurt yang baik itu yang berupa minuman atau yang padat? terima kasih

    BalasHapus
  6. To Anonim,

    Yoghurt biasanya dalam bentuk cair yang siap disantap, lebih praktis.

    Salam

    BalasHapus
  7. Dok apakah yoghurt plain itu bisa langsung di makan ?

    BalasHapus
  8. Bisa langsung diminum.

    BalasHapus
  9. Bisa langsung diminum.

    BalasHapus