Kamis, November 10, 2005

Jambu Merah dan Demam Berdarah.

SOAL jus jambu biji ini, ternyata ada perkembangan yang cukup mengejutkan. Jika jus itu dibuat dari buah, rasanya bukan sesuatu yang aneh. Tetapi, yang kini tengah dicoba dikembangkan dalam memanfaatkan jambu biji sebagai pencegah demam berdarah adalah pembuatan jus dari bahan daunnya. Betulkah ekstrak daun jambu biji ini bisa meringankan penyakit DBD?
Pada hari Rabu (10/3) kemarin, bertempat di Kantor Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Jakarta Pusat, dilansir sebuah hasil kerja sama penelitian antara Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan Badan POM. Meskipun baru bersifat pengujian pre-klinik, dilaporkan bahwa ekstrak daun jambu biji diketahui bisa menghambat pertumbuhan virus dengue, penyebab DBD. Bahan itu juga disebutkan mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping.
Dari pengujian, peningkatan jumlah trombosit diperkirakan dapat tercapai dalam tempo 8 s.d. 48 jam atau dua hari setelah ekstrak daun jambu biji dikonsumsi.
Kepala Badan POM, Drs. H. Sampurno, MBA mengungkapkan, sampai saat ini obat spesifik demam berdarah dengue (DBD) memang belum ditemukan. Tidak mengherankan, apabila pola pengobatan terhadap penyakit yang masuk ke Indonesia sejak 36 tahun lalu itu hanya bersifat pendukung. Sampurno menuturkan, setelah uji lebih lanjut yang dilakukan tim peneliti di bawah pimpinan Prof. Dr. Sugeng Sugiarto itu, diharapkan ekstrak daun jambu biji ini dapat dijadikan obat antivirus dengue. Penelitian sementara menunjukkan, daun jambu biji bisa bermanfaat. Bahkan, kabarnya, kandungan dalam daun jambu biji lebih baik dibandingkan dengan buahnya yang biasa digunakan.

Menurut keterangan, penelitian tersebut menghabiskan dana hingga Rp 500 juta. "Kami menargetkan, tahun sekarang bisa dilakukan uji klinik karena penelitian ini merupakan terobosan berharga untuk menanggulangi DBD," kata Sampurno yang juga alumnus Fakultas Farmasi UGM.

Rencananya, hasil pengujian itu pun akan dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). "Apabila nanti uji klinik yang dilakukan hasilnya paralel, maka kemungkinan ekstrak daun jambu ini akan menjadi suplemen dalam mengobati DBD," tuturnya.
Hasil lain dari pengujian pre-klinik di Jawa Timur, terindikasi bahwa daun jambu biji tersebut tidak memiliki kandungan zat beracun. Sebaliknya, daun jambu biji ternyata memiliki komponen yang berkhasiat, yakni kelompok senyawa tanin dan flavonoid. Diketahui, keduanya dapat menghambat aktivitas pertumbuhan virus dengue.

Menurut rencana, dalam waktu dekat ini Badan POM akan melakukan pengkajian mendalam, untuk mengetahui apakah ekstrak daun jambu biji bisa diproduksi secara besar-besaran. Misalnya, dalam bentuk kapsul untuk orang dewasa dan sirup untuk anak-anak.Sampurno mempersilakan apabila ada masyarakat ingin membuat ekstrak sendiri.
Caranya, daun jambu dibersihkan, ditumbuk, dan direbus. Setelah itu, airnya disaring, sebelum kemudian diminum. Namun, diingatkannya, standar pengobatan DBD dengan dokter harus tetap dilakukan, mengingat ekstrak daun jambu biji ini hanya suplemen. Kalau begitu, apa salahnya kita coba.-

15 komentar:

  1. saya hendak menanam jambu merah seluas 2ha dengan tujuan di olah menjadi obat demam berdarah tapi saya belum tau cara mengolah jambu merah menjadi obat, saya berharap anda bisa membantu saya memberikan cara pengolahanannya. dan kemana memasarkannya

    BalasHapus
  2. Sama seperti mbak shani, saya ingin informasi tersebut dari anda. Sekedar informasi, saya memiliki lahan yang siap tanam kira-kira 10 ha di Banten.

    BalasHapus
  3. To: Shany &Asep tea, wah salah alamat nih. Kalau mau tanam mesti tolong tanya kepada Ahli pertanian. Sayangnya saya bukan ahlinya. Siapa yang dapat bantu nih?

    BalasHapus
  4. Sebelumnya salam kenal...
    Saya mau tanya, dok:
    untuk DBD, daunnya sekedar ditumbuk atau ditumbuk sampe halus? tarus yang diminum air tadahan dari asaringan itu, kan?
    Trims.

    BalasHapus
  5. To Partelon: daunnya ditumbuk dan disaring airnya diminum. Terapi ini bersifat suplemen ( tambahan ). Peru penelitian lebih lanjut. Makasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  6. Anonim2:34 PM

    ketika db saya dianjurkan minum angkak, sari kurma, dan jus jambu.
    bagaimana pengaruh ketiga bahan tersebut dalam meningkatkan trombosit? terima kasih...

    BalasHapus
  7. Konon semuanya itu dapat meningkatkan jumlah thrombosit.
    Perlu penelitian lebih lanjut.

    BalasHapus
  8. Handoko s pudjo1:31 AM

    A&F ICE CREAM menyediakan ice cream rasa JAMBU MERAH,ice cream rasa ANGKAK,ice cream rasa SARI KURMA ,ice cream rasa EKSTRAK DAUN JAMBU dan lain lain dibuat dengan bahan tambahan susu UHT,FULL CREAM DAN GULA ASLI tanpa pemanis buatan dijamin semuanya asli dg harga Rp 50.000 /1L ditambah ongkos kirim bagi anda yang berminat dan membutuhkan silahkan hubungi melalui SMS ke nomer 082110847999 Ir pudjo

    BalasHapus
  9. To Handoko,

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Wah anda punya ide yg baik. Anak-anak suka Ice cream.Bila ke dalamnya dimaukkan suplement yg berkhasiat maka akan lebi mudah memberikan obat/suplement kepada anak-anak.

    Hayo siap berminat? Hubungi Pak Handoko spt info diatas.

    BalasHapus
  10. To Handoko,

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Wah anda punya ide yg baik. Anak-anak suka Ice cream.Bila ke dalamnya dimaukkan suplement yg berkhasiat maka akan lebi mudah memberikan obat/suplement kepada anak-anak.

    Hayo siap berminat? Hubungi Pak Handoko spt info diatas.

    BalasHapus
  11. informasi yang bermanfaat....

    BalasHapus
  12. Terima kasih anda sudah berkunjung dan memberikan komentar.
    Salam.

    BalasHapus
  13. salam kenal sebelumnya saya kan mau skripsi ini saya masih bingung mau ambil jambunua atau daun nya????????
    terus misalkan daun nya itu diberikan dengan takaran berapa?????
    apa cuma di tumbuk saja terus kalo sdh di saring air daunnya itu apa bisa langsung diberikan tanpa dikasi gula atau apa gt??????
    terima kasih

    BalasHapus
  14. To VitaBlog,Peneltian itu dilakukan oleh POM, Fak. Kedokteraan Unair dan Fak. Farmasi Unair yang diteliti adalah ekstrak Daun Jambu Biji.

    Ektraksi dilakukan dan merebus Daun jambu Biji dan air rebusannya disaring dan diminum. dalam artikel yg saya dapatkan tidak dijelaskan berapa banyak yang diminum dan apakah perlu diberi rasa manis. Ekstrak Daun Jambi Biji ini berupasuplemen ( tambahan ) selain oat yg diberikan Dokter di Sumah Sakit Klinik.

    Diharapkan dapat idbuat kemasana yang ebih dapat diterima oleh pasien dewasa dlm entuk kapsul dan Sirup untuk anak. Kemasan sirup tentu sudah diberi rasa yang dapat diterima oleh anak-anak.

    Perlu penelitian lebih lanjut.

    BalasHapus
  15. To VitaBlog,

    Silahkan anda simak artikel lain di:

    http://www.beranda-jiwa.info/manfaat-dan-kegunaan-daun-jambu-biji-untuk-penderita-dbd/

    Untuk rasa dapat diberi pemanis / Madu.

    BalasHapus