Senin, November 07, 2005

Pengalaman Dr. Elga

Sejak adanya ISP ( Internet Service Provider ) Cirebon Elganet di kota Cirebon 18 Oktober 199, saya quit dari Cirebon Wasantaranet. Sejak itu saya menjadi user Cirebon Elga.net.id

Setelah saya mencoba membuat Personal Home Page ( website ), saya mendapat tawaran agar homepage saya di uploading ke Server Crb.Elga.net.id

Berangkat dari homepage yang sederhana akhirnya berkembang menjadi puluhan page dan yang paling banyak adalah page tentang Kisah/pengalaman praktek saya ( menu Story ). Rupanya homepage saya: http//crb.elga.net.id/~basuki banyak dikunjungi oleh Staf Crb.Ega.net.id, warga Crb Elganet dan para Netter.

Melihat isi homepage saya ini, pihak Cirebon Elganet tertarik untuk bekerja sama dengan saya dalam Ruang Konsultasi Kesehatan di Internet. Di dalam website Cirebon Elganet ada link ke homepage saya dan sebaliknya sehingga kedua website ini saling berhubungan. Untuk memudahkan nama Ruang Konkes ini, di pilih nama Dokter Elga yang akhirnya nama ini merupakan nama samaran dari Dokter Basuki Pramana, bahkan lebih terkenal. : )

Pada bulan-bulan pertama di release nya Ruang Konkes Dr. Elga, ruang ini mendapat kunjungan yang cukup banyak setiap bulannya oleh para Netter yang dapat dilihat dari angka pada Hit counter website yang terus bertambah. Kami tidak menyangka bahwa website ini mendapat sambutan Netter yang cukup baik.

Mekanisme yang sengaja dibuat sangat mudah yaitu hanya meng klik menu Dokter Elga, mengisi pertanyaan, mengisi identitas/e-mail address si penanya dan meng Klik menu Submit, maka sampailah e-mail pertanyaan tsb ke Server Cirebon Elganet dan juga ditembuskan ( c.c / carbon copy ) ke e-mail address saya, basuki@crb.elga.net.id Dengan demikian bila saya membuka mailbox saya, saya akan mengetahui ada pertanyaan untuk Dr. Elga. Setelah menjawab pertanyaan dengan mengetiknya saya melakukan uploading ke Server Crb Elganet melalui software Cute FTP. Pertanyaan dan jawaban Dr. Elga ini saat itu juga sudah dapat dibaca di website Crb Elganet.

Sejak saat itu nama Dr. Elga dapat berkibar, dikenal oleh para Netter baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini membuat saya lebih rajin dan disiplin dalam membuka mailbox dan menyebabkan saya lebih sering membuka catatan kesehatan / textbook untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Untuk mengetahui perkembangan Ilmu Kedokteran, saya sering mencarinya di website yang ada di Internet misalnya: Yahoo.com, Google.com dsb .

Lokasi tempat tinggal para Netter yang mengirim pertanyaan kepada Dr. Elga juga sangat bervariasi, mulai dari Cirebon dan sekitarnya, Bandung, Jakarta bahkan sampai dari Melbourne ( Australia ) dan Afrika Utara. Lokasi ini saya ketahui dari jawaban atas pertanyaan saya “ Dari mana Anda tahu website Dr. Elga dan dari kota mana Anda saat ini mengirim e-mail ?” kepada para penanya.

Umumnya mereka menemukan website : http://crb.elga.net.id/ ( Dr. Elga ) ketika mereka surfing di Yahoo.com, padahal webmaster crb.elga.net.id tidak mempromosikan website ini ke Yahoo.com Kehebatan Search engine Yahoo.com yang dapat menemukan nama Dokter Elga sehingga nama tsb dapat dihubungi oleh para Netter yang sedang surfing di Yahoo.com patut dipuji.

Rupanya Dr. Elga sudah go international sehingga sudah dapat dimintakan jawabannya oleh para penanya dari luar R.I. Dua contoh kasus misalnya dari:

Seorang Ibu Rumah Tangga Indonesia yang sedang mengikuti sang suami yang sedang berada di Melbourne, Australia bertanya tentang keluhan Keputihan ( Fluor albus ) dan Kehamilannya, pernah mengirim pertanyaan dalam 2 e-mail nya.

Seorang pemuda Indonesia yang sedang bertugas mengikuti salah satu Tim Kesehatan di Afrika Utara, bertanya tentang keluhannya yang berupa lecet/ulcus pada Glans penisnya. Saya balik bertanya “ Mengapa Anda tidak berkonsultasi dengan Dokter yang ada di Tim Anda saja ?” Jawabannya sungguh menggelikan “ Karena malu. Lebih enak bertanya di Internet sehingga tidak diketahui orang lain.” Nah lho….

Setelah diketahui bahwa di Cirebon Elganet mempunyai Ruang Konsultasi Kesehatan, maka webmaster Bandung Elganet meminta kepada saya agar saya dapat pula menjadi pengasuh Ruang Konkes yang akan dibuat di websitenya. Permintaan ini tidak dapat saya sanggupi , dengan alasan:

“ Di Bandung banyak dokter yang hobby komputer / Internet dan saya tidak ingin mengambil lahan mereka. Biarlah Teman Sejawat saya saja di Bandung yang mengasuhnya. Bila anda berminat, silahkan menghubungi Bandung Elga.net.id "

Khusus tentang homepage saya, ada beberapa e-mail yang ditujukan kepada saya yang memberikan kesan pribadinya setelah mengunjungi : http://crb.elga.net.id/~basuki

Tiga contoh diantaranya adalah dari:

Seorang Bapak, wiraswasta, yang berkomentar bahwa homepage saya cukup komunikatif dan enak dikunjungi, karena Sistim flowchart nya yang baik. Saya tidak menyangka ada pujian seperti ini, karena “ilmu” saya masih sangat sedikit dan masih harus belajar banyak tentang website.

Seorang Pendeta yang berdomisili di sekitar kota Cirebon, yang menyatakan di dalam e-mail nya bahwa beliau sudah habis-habisan berkunjung ke homepage saya. Bapak Pendeta ini sudah membaca semua tulisan yang ada di dalamnya. Tentunya beliau sudah menghabiskan sekian puluhan jam pulsa telepon on line untuk membaca homepage saya itu. Wah…..rupanya Bapak Pendeta ini asyik sekali membaca kisah pengalaman saya. Saya terharu

Seorang Bapak, Dosen AMIK ( Akademi Manajemen dan Ilmu Komputer ? ) dari kota Palangkaraya ( Kalimantan Tengah ) mengirim 2 e-mail yang mengatakan bahwa ia terkesan dengan homepage saya dan bahkan bertanya bagaimana caranya membuat “Guest book “ yang tidak ada dalam homepage saya. Saya tidak membuatnya karena di Server ISP saya tidak di install Front Page Extention yang dapat merupakan lubang bagi para Hacker yang mencoba menyusup ke Server ini. Oleh karena itu saya hanya mencantumkan e-mail address saya dalam homepage tadi. Ia juga memberikan alamat Personal Home Pagenya. Tentu saja homepagenya lebih bagus dari pada saya punya. Bukankah ia seorang Dosen di bidang komputer, sedangkan saya hanya seorang autodidak yang beruntung mendapat bantuan dari webmaster ISP saya.-

1 komentar: