Selasa, Januari 04, 2011

Handphone Android



Tahun 2010 Operating Sytem Android pada Handphone, tablet, Laptop sedang booming.

Nokia E63 yang saya pakai sekitar 10 bulan, dihibahkan kepada isteri saya. Handhone Motorola Q8 nya mengalami kerusakan.

Dari Buku Mini Gallery Brosure dari BCA Credit Card ada fasilitas cicilan selama 12 bulan dengan bunga 0%. Saya lihat ada Handphone Huawei U8100 (Aviator), dengan OS Android 2.1 ( Éclair ) yang dapat dibeli secara cicilan. Saya ingin mencoba HP ini.

Saya kirimkan pesanan ini kepada BCA dan beberapa hari kemudian saya menerima kiriman via kurir dari PT Sarindo, Jakarta, sebuah HP yang saya pesan masih  dalam keadaan disegel.

HP ini di-bundle dengan SIM card dariOperator XL, tidak di-lock terhadap satu operator.
Terbiasa menggunakan HP dengan OS Symbian ( Nokia  ) kemudian beralih ke OS Android merupakan suatu pengalaman baru yang mesti saya pelajari dari Buku Manual.

Dari pengalaman selama 2 bulan menggunakan HP ini saya mengambil kesimpulan pribadi, ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya:
Mudah untuk mendownload aplikasi langsung dari HP yang tersedia di Android market. Bermacam aplikasi dapat didownload secara Free.
Dengan menginstal Browser Opera Mini, saya dapat dengan cepat masuk ke: m.detik.kom; m.kompas.com; m.lipuan6.com yang sering saya kunjungi untuk mendapatkan berita yang terbaru.
Tampilan pada layar Monitor HP ini menarik ( lebih menarik dari pada Nokia E63 ).

Kekurangannya:
Batere yang cepat melemah. Hanya kuat 1 hari dengan pemakaian yang standar ( terima SMS, bicara via HP dan browsing beberapa web. Mendengarkan Radio / lagu MP3 tidak dilakukan  ). Pushmail diaktipkan dengan menyedot power dari batere.
Tampilan layar monitor yang redup  pada tempat yang terang ( di luar rmah atau dibawah sinar matahari ).

Kekurangan batere yang hanya tahan 1 hari atau kurang dari 1 hari ini konon juga dialami pada HP Blackberry dan Iphone. Yang utama karena pushmail bekerja 24 jam sehingga menyedot tenaga batere lebih banyak dari pada HP lain.

Untuk megurangi kelemahan batere  ini saya membuat:
Kekontrasan layar montor lebih redup dengan men-setting dari Menu Setting HP ini.
Menginstal aplikasi Battery Booster ( download dari Market ) untuk mengatur Night mode dan day mode. Pada Day mode dan Night mode dapat diatur pada ajam berapa samapi jam berapa HP tidak aktip. Dengan demikian power batere dapat tidak terkuras habis saat nonaktive.
Mungkin ada cara lain yang belum saya praktikkan.

Ada saran dari Anda?
Terima kasih atas masukkannya.

6 komentar:

  1. Halo dok, sudah lama tidak buka blog.
    Smartphone sekarang rata2 harus dicharge tiap hari, karena kebutuhan powernya yang tinggi. Rata2 procesor dan hardware smartphone ini sudah seperti laptop mini saja, sedangkan basar batrenya terbatas.
    Saya belum pernah pakai os android dok. sesudah pakai iphone malas ganti lagi. gimana applikasi dari market android dok? apa applikasi kedokterannya juga banyak?
    untuk tampilan layar di iphone saya bisa disesuaikan otomatis (ada sensornya). mungkin bisa dicek lagi settingnya kalau ada fitur ini.

    salam,
    Muliadi

    BalasHapus
  2. To TS Muliadi,

    Makasih sudah berkunjung dan beri masukan.

    Benar di dunia ini segala sesuatu tidak ada yg sempurna. Ada saja kelemahannya ( batere yg tidak kuat lama ) meskipun HP itu bagus, nyaman tampilan dll. Semoga ke depan, kekuatan batere lebih diperhatikan.

    Mungkin juga disengaja agar para pemiliknya beli charger yg dpt dipakai di mobil ( dicolokkan pada alat pemantik utk rokok )shg industri lain ( pembuat charger ) juga dpt laku produknya atau dibekali batere ke 2 utk menggantikan batere ke 1 yg drop ( spt pd HP Cina yg murah meriah ).

    HP Iphone generasi ke 4 dan 5 ( akan di release ) juga bagus tetapi meskipun dlm brosure standby time dapat cukup lama tetapi kenyataan di lapangan masih sekitar 1 hari apalagi kalau aktip dipakai, bisa2 sehari hrs di charge 2 kali.

    Android HP juga sama saja, boros batere. Android Market ada banyak aplikasi yg dpt di download ( free atau berbayar ). Medicine juga ada banyak. Medscape juga dpt di download dari websitenyabagi Android atau lain2 OS.
    Tampaknya PS Android akan makin berkembang sebab free, spt Linux.

    Lebih heboh lagi Iphone dll gadget dapat ditiru oleh Cina dg harga yg terjangkau, termasuk juga Iphone tapi dg OS lain yg lebih murah harganya. Ada harga ada barang. Kalau mau dipakai sendiri, ada baiknya kalau beli yg original ya.

    Salam,
    Basuki Pramana

    BalasHapus
  3. halo dok salam kenal, saya sedang iseng-iseng buka-buka blog,kebetulan menemukan blog dokter, isinya sangat bermanfaat dan menarik

    soal boros baterai,memang hp saat ini terutama smartphone sangat boros baterai,ponsel saya saja kurang dari 24 jam harus di cas ulang

    untuk hape android dokter bisa mencoba aplikasi untuk mematikan koneksi internet seperti apn on/off untuk mematikan koneksi internet jika tidak digunakan, kemudian selain mengubah kontras juga bisa memakai wallpaper yang berwarna gelap dok

    selain itu karena basisnya setiap aplikasi yang berjalan tidak mati alias jalan di background mungkin dokter memerlukan aplikasi seperti task killer agar tidak menyedot memori dan daya baterai

    BalasHapus
  4. To Metalmoggle,

    Terima kasih Anda sudah berkunjung.

    Saya bukan tenaga IT sehingga saya harus banyak belajar dan membaca banyak artikel yg berkaitan utk mengetahui sesuatu yg masih baru bagi saya.

    Terima kasih sekali Ada sudah memberikan masukan yg sangat berguna bagi saya. Tuhan memberkati Anda.

    Met pagi.

    salam.

    BalasHapus
  5. Per Maret lalu, saya pun pada akhirnya beralih pada Android, Dok. Handset yang saya gunakan itu Samsung Galaxy ACE. Semua Reviewnya bahkan sudah tumpah di BLoG.
    Terkait borosnya batere, selain APN on off itu sebenarnya ada satu lagi yang bisa digunakan yaitu Advanced TaskKiller. selengkapnya mampir saja di blog saya ya.
    http://www.pandebaik.com/2011/04/14/4-aplikasi-wajib-bagi-pengguna-android/

    BalasHapus
  6. To Pande Baik,

    Makasih sudah berkunjung dan beri masukan. Saya dapat APN itu dari Android Market dan saya ikuti petunjuk dari Anda semoga dapat membantu masalah daya HP Android saya. Terima kasih.

    BalasHapus