Sabtu, April 28, 2012

Alergi obat Sulfa



( foto ilustrasi )


Dua hari yang lalu datang berobat seorang anak laki, F, 4 tahun.
F diantar oleh Ibunya. Untuk mengobati demam putranya Ibu M membeli tablet SD ( sulfadiazine ) di sebuah warung. F minum ½ tablet SD yang dihancurkan sebelumnya.

Tidak berapa lama F mengeluh rasa gatal seluruh tubuhnya. Di kulitnya timbul bintil-bintil kemerahan. Kelaianan ini menetap sampai sore hari dan F dibawa kepada saya untuk berobat.

Pada pemeriksaan fisik F, tidak didapat kelainan yang serius selain adanya biduran ( urticaria, kaligata ). Demam tidak ada, tidak ada sesak nafas, Jantung dan Paru-paru dalam batas normal. Diagnosa kerja: alergi obat Sulfa.

Saya memberikan resep sirop anti alergi dan sirup yang mengandung Kalsium.
Saya berpesan kepada Ibunya agar F jangan minum obat yang mengandung obat Sulfa dan kalau berobat kepada dokter agar memberitahukan bahwa F menderita alergi Sulfa. Untuk praktisnya: janganlah memberikan obat sembarangan kepada putranya, sebab mungkin sekali bukan hanya obat Sulfa saja ia alergi tetapi dapat juga dengan obat golongan lain.

Sampai artikel ini ditulis, F tidak datang kembali. Semoga ia sudah sembuh dari gejala alergi yang dideritanya.

6 komentar:

  1. postingan yang bagus tentang Alergi obat Sulfa

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Anonim12:24 PM

    obat sulfa itu apa sih mas Basuki?

    salam
    Belajar SEOv

    BalasHapus
  4. Obat Sulfa tergolong obat untuk membunuh bakteri ( kuman ), misalnya pada Infeksi Saluran Percernaan, Saluran Pernafasan, Kulit dan lain-lain.

    Salam.

    BalasHapus
  5. salam,,
    keponakan sy alergi sulfa,,kira2 hrs diobati dengan apa??
    kondisi skr bercak2 merahnya sudah menyebar k beberapa bagian tubuh termasuk muka,,trimakasih

    salam

    BalasHapus
  6. To Rossi Kamalia,

    Obat golongan Sulfa ini digunakan utk membunuh bakteri. Sebenarnya saat ini obat Sulfa sudah jarang digunakan o.k. sudah dipakai golongan antibiotika yang lain.

    Keponakan anda umur berapa? Rupanya gejala alergi ( setelah minum obat yg mdg Sulfa ) ini sudah beberapa hari ( meluas ke beberapa bagian tubuh dan daerah muka ). Kenapa tidak segera berobat?

    Tindakan pertama adalah stop minum obat ( mengoleskan salep ) yg mdg Sulfa ini. Seumur hidup janganlah mengkonsumsi obat yg mdg Sulfa lagi. Beritahu kpd Dokter kalau berobat bahwa ybs Alergi obat Sulfa.

    Berilah tablet Anti Histamin spt Loratadin ( generik ) 1x1 tab/hari selama 4-5 hari utk mengatsai gejala alerginya. Kalau umurnya < 12 tahun 1/2 tablet/hari.

    Selain itu minumlah tablet yg mdg Kortikosteroid, spt Prednison 5 mg ( generik ) atau Dexametason 0,5 mg ( generik ). Sehari 3 x 1 tablet/hari sesudah makan. Kalau umurnya < 12 tahun 3 x 1/2 tablet, sesudah makan.

    Bila responnya baik, maka gejala alergi ini akan mereda dalm waktu 1-2 hari, teruskan sampai 5 hari.

    Bila dlm waktu 2 hari tidak kunjung ada perubahan, berkonsulatsilah kepada Dokter Umum terdekat.

    Semoga dapat bermanfaat.

    Salam.

    BalasHapus