Rabu, Juli 25, 2012

Mendadak Tuli



3 hari yang lalu Pak D, 35 tahun datang berobat. Keluhan Pak D, Telinga kanan mendadak tidak dapat mendengar ( tuli ) saat ia mandi pagi.
Dalam riwayat penyakitnya tidak terdapat benturan ( trauma ) pada Telinga kanan.

Saya berpikir pasti ada gangguan pada Liang Telinga atau Selaput pendengaran Telinga Pak D.

Saya mengambil batere dan memeriksa Telinga Pak D. Telinga Kiri tidak ada gangguan, tampak reflex cahaya membrane tympani ( selaput pendengaran ) bagus.

Pada pemeriksan Telinga Kanan: tampak kotoran telinga yang basah, berwarna Coklat, menutup liang pendengaran ( cerumen obturan ). Aha...inilah penyebab mengapa Pak D mendadak Tuli, sebab liang pendengarannya tersumbat total oleh kotoran telinga yang tidak pernah dibersihkan dengan Cotton bud.

Cerumen obturan ini mesti dibersihkan dengan cara dilakukan irigasi, disemprot dengan air agar semua kotorannya keluar. Tindakan ini mesti dilakukan di Klinik THT. Segera saya membuat Surat Rujukan pasien ini ke bagian THT RSU setempat.

Kotoran telinga ada 2 macam:
1.yang basah, biasanya berwarna Coklat yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan Cotton bud yang diputar di dalam liang pendengaran.

2.yang kering, ini lebih sukar dibersihkan, dengan cara mengeluarkan dengan alat korek telinga. Sebaiknya dilakukan oleh orang lain.

Tuli mendadak akibat kotoran telinga biasa terjadi mendadak, misalnya sewaktu berenang atau saat mandi, dimana telinga kemasukan air. Oleh karena basah maka kotoran telinga mengembang dan dapat menutup / menyumbat liang pendengaran. Akibatnya suara tidak dapat masuk dan menggetarkan membran tympani.

6 komentar:

  1. Wah, saya yakin Pak D termasuk yang malas membersihkan telinganya.

    Terima kasih atas infonya. Saya senang menemukan blog ini.

    BalasHapus
  2. To Kencana,

    Terima kasih sudah berkunjung. Semoga dapat bermanfaat. Tetap semangqat.

    Salam.

    BalasHapus
  3. Dok, banyak artikel yg menyarankan tidak membersihkan telinga dengan cotton bud karena bisa menyebabkan telinga rusak. Apakah itu benar, Dok?

    BalasHapus
  4. To Kencana,
    Koto ran telinga terdapat pada 1/3 bagian luar liang telinga. Jadi kalau membersihkannya dgn cotton bud, tidak berbahaya, sebab jauh dari selaput gendang telinga. Jadi tidal be nar cotton bud akan menyebabkab telinga rusak.

    Salam.

    BalasHapus
  5. apkah beda ya telinga emasukan air dengan mengatasi telinga berair

    BalasHapus
  6. To Najla A..
    Kalau kemasukan air, air datang dari luar tubuh. Kalau Telinga berair, berarti airnya dari dalam tibuh (telinga), yg berarti telinga ada infeksi yg mesti diobati.
    Salam.

    BalasHapus