Selasa, September 25, 2012

Wasir




Penyakit Wasir ( haemorrhoid ) merupakan pelebaran pembuluh darah vena di daerah Rectum ( usus besar dekat anus ). Haemorrhoid dibagi 2 yaitu: haemorrhoid interna ( di dalam rectum ) dan haemorrhoid externa ( di luar Rectum ).
Penyebabnya adalah: herediter ( keturunan ), pekerjaan ( banyak duduk, banyak berdiri ) dan mekanis ( bendungan aliran darah di daerah panggul misalnya pada kehamilan ).

Gejala yang paling sering terjadi adalah keluarnya darah saat buang air besar. Darah yang keluar adalah darah segar. Perdarahan ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah vena yang melebar. Susah buang air besar dapat menyebabkan perdarahan ini. Oleh karena itu harus diusahakan agar buang air besar dapat terjadi setiap hari dan tidak keras. Ini dimungkinkan bila mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan setiap hari.

Pelebaran pembuuh darah vena ini memberikan gejala adanya bendjolan pada dinding Rectum yang dapat keluar dari Anus. Pada stadium ringan, benjolan ini dapat masuk kembali setelah buang air besar, tetapi pada stadium yang lebih berat benjolan ini tidak dapat masuk spontan, tetapi harus didorong kembali ke dalam. Pada stadium akhir benjolan ini tidak dapat dimasukkan kembali dan mesti dilakukan tindakan operasi.

---

Beberapa bulan yang lalu datang berobat Ny. A, 28 tahun. Ia sedang hamil 7 bulan. Keluhannya terdapat benjolan disekitar Anus yang tidak nyeri dan tidak ada perdarahan setelah buang air besar.

Pada pemeriksaan tampak 2 benjolan sekitar Anus sebesar biji jagung.
Pada anamnesa ( Tanya jawab ) Ny. A mengatakan bahwa Ibunya juga menderita Wasir. Saat ini Ny. A sedang hamil 7 bulan sehingga pada daerah panggul terdapat bendungan aliran darah di daerah panggul yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah vena setempat. Setelah selesai kehamilannya ( melahirkan ) maka biasanya benjolan ini akan menghilang dengan sendirinya.

Ny. A dianjurkan agar mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan setiap hari. Serat tumbuhan ini akan membuat proses buang air besar menjadi lebih mudah sehingga mengurangi bendungan yang terjadi akibat isi usus yang tidak keluar.

Kemarin datang berobat Tn. K, 30 tahun dengan keluhan Flu. Dalam percakapan dengan Tn . A, saya mendapat informasi bahwa isterinya yaitu Ny. A tadi sudah melahirkan dan benjolan sekitar Anusnya sudah menghilang. Saya bersyukur akan hal ini.

2 komentar:

  1. sip dok,apa kabarnya?http://www.burungkicaujuara.blogspot.com

    BalasHapus
  2. To Burungkicaujuara,

    Terima kasih sudah berkunjung. Saya dalam keadaan baik-baik saja.

    Salam

    BalasHapus