Minggu, Desember 21, 2014

Belitung Tour (02)

17 Desember 2014:

Pukul 07.00 kami menikmati sarapan pagi di Hotel Beliton, lokasinya berada disebelah kolam renang. Sayang kami tidak ada kesempatan untuk berenang disini. Disini ada menu: Kupat dengan kuah sayuran, Nasi Kuning khas Belitung, Roti Tawar yang dapat dibakar ( toast ) dengan diolesi selai Nanas / Strawberi. Minuman tersedia Teh hangat, Kopi, Juice Strawberi, Orange dan lain-lain makanan pagi.

Pukul 07.45 kami menuju Pantai Belayar, ditengah laut kami berfoto di kumpulan batu-batu. Di kejauhan tampak Pulau Babi, lalu kami menuju ke tepi Pulau Lengkuas. Disini ada kompleks bangunan sebuah Mercu suar. Di tepi pulau ini perahu kami berhenti.

Kami terjun kelaut dengan alat snockling untuk melihat ikan-ikan yang banyak di laut. Sekitar 10 menitan kami di laut, turun hujan sangat lebat. Kami segera menuju ke bangunan di kompleks Mercu suar ini untuk berteduh. Disini ada terlihat rombongan

tour yang lain. Rupanya banyak orang yang mengunjungi pulau ini. Disini juga tersedia dapur, toilet dan beberapa ruangan lain yang tampak kosong. Setengah jam kemudian hujan berhenti dan kami segera menuju pulau lain yaitu Pulau Kepayang untuk menikmati makan siang kami berupa Nasi Putih Ikan bakar dan Sop kuah ikan laut lain. Kami minum Teh hangat.

Sekitar pukul 14.00 kami kembali ke kota Tanjung Pandan dan menuju sebuah daerah yang merupakan daerah tambang Kaolin, suatu serbuk berwarna putih. Tempatnya terletak disebuah jalan raya. Di sebrang jalan raya ini ada sebuah danau yang dinamai Danau Biru karena memang warna airnya biru meskipun diatas tampak awan mendung berwarna

kehitaman dan tidak ada sinar matahari yang terang. Konon danau ini cukup dalam. Danau ini terbentuk dari bekas galian tambang yang tidak diratakan kembali. Kalau hujan turun akan masuk ke bekas galian ini. Danau ini cukup luas, mungkin sekitar 3-4 kali lapangan sepak bola.

Selanjutnya kami menuju ke toko yang menjual sovenir di jalan Air Saga No. 8, Tanjung Pandan. Toko disini cukup besar ( 2 ruko dijadikan satu ) dan dijual T shirt berlogo macam-macam khas Belitung, gantungan kunci, pakaian wanita dan lain-lain barang sovenir. Kami membeli secukupnya saja.

Saat pulang ke hotel kami diajak makan Bakmie khas Belitung. Rumah Makan ini yang tidak jauh dari Hotel Beliton. Disini kami makan Bakmie Belitung. Bakmie ini berkuah agak kental berwarna coklat, berisi udang, irisan daging ayam dan potongan kentang. Rasanya juga nikmat. Kami melihat di dinding ada banyak pigura berfoto. Kami melihat ada Foto Ibu Megawati Sukarnoputri, mantan Presiden kita. Rupanya beliau pernah makan Bakmie disini.

Pukul 17.00 kami diantar pulang ke Hotel Beliton, untuk mandi dan istirahat.

Pukul 19.00 kami dijemput untuk makan malam. Kami menuju kesebuah Rumah Makan yaitu R. M. Tempo Duluk. R.M. ini berupa sebuah rumah jaman dulu. Alat-alat makannya juga sederhana, misalnya untuk minum berupa cangkir dari bahan Alumunium, piring makan berupa piring seng, tempat nasi juga dari bahan pelastik apa adanya. Semuanya sederhana. Ada banyak pengunjung yang makan malam disini. Hidangan yang tersedia juga sederhana. Cukup nikmat juga makan malam disini.

18 Desember 2014:

Hari terakhir kami berada di Belitung ini.
Kami dijemput pukul 08.00 setelah kami sarapan pagi di hotel. Kami menuju ke sebuah mesin ATM BCA yang dekat hotel kami untuk mentransfer sisa uang Tour ke rekening Pak Afandi. Saya mengirim SMS kepadanya dan saya mendapat jawaban bahwa uang yang ditransfer sudah diterima baik. Sdr Egi memberikan surat Invoice Belitung Tour kepada saya.

Pukul 08.20 mobil Avanza segera menuju Belitung Barat menuju kota Gantong. Lama perjalanan sekitar 90 menit.

Pukul 10.00 tiba di Gantong kami segera menuju sebuah bukit tempat replikasi SD Laskar Pelangi yang pernah dibuat filmnya oleh Pak Andrea Hirata ( orang Belitung asli ). Juga ia membuat buku Novel Laskar pelangi yang menjadi best seller dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Replika bangunan Sekolah Dasar ini sudah sangat tua dan sebuah dindingnya ditopang oleh 2 batang pohon kayu agar tidak roboh. Kami melihat ada banyak pengunjung yang mendatangi SD ini. Disini kami mengambil beberapa foto.

Pukul 10.30 kami menuju ke Musium Laskar Pelangi. Di sebuah rumah kayu dipajang banyak barang milik Pak Andrea Hirata, Foto-foto, Buku Novel Laskar Pelangi, Sepeda ontel jaman dulu, radio jaman dulu, ruangan perpustakaan, ruangan belajar mirip di Sekolah Dasar dan lain-lainnya.

Setelah puas melihat-lihat kami menuju ke desa Gantong untuk melihat rumah Pak Ahok ( Gubernur DKI saat ini ). Bangunan ini cukup besar dan dibagian belakang konon ada hotel berkamar 10 buah dan sebuah Toko Batik.

Kami bergerak menuju kota Manggar dan berhenti disebuah Rumah Makan “Pega”. RM ini khas bangunannya seperti sebuah kapal, di tepi bangunan ini terdapat sebuah danau yang cukup luas. Kami mendapat hidangan: Nasi Putih, Ikan bakar, Sop ikan dengan kuah yang khas, Ikan Bebulus Goreng Goreng ( ikannya kecil-kecil dan renyah ), Sambel dan Teh Hangat. Pengunjung RM ini ternyata juga para turis seperti kami. Ada yang datang dari kota Jakarta dan bahkan ada rombongan yang dari kota kami yaitu kota Cirebon. Kami sempat ngobrol dengan mereka. Disini turun hujan lebat. Setelah hujan reda kami bergerak menuju pantai Manggar, yaitu Pantai Nyiur Melambai.

Kami juga melewati rumah dari Pak Jusril, mantan Mentri di Kabinet SBY. Rumahnya tampak asri dan cukup besar.

Pukul 13.30 selesai sudah daerah-daerah yang kami kunjungi. Waktu sudah tiba untuk check in di Bandara Tanjung Pandan. Kami segera menuju Bandara dan setibanya di Bandara kami segera melakukan check in. Koper pakaian dan bawaan lain tidak kami masukkan ke bagasi tetapi masuk di kabin pesawat agar setiba di Bandara Sukarno-Hatta kami tidak perlu lagi menunggu keluarnya koper-koper kami, Jadi dapat lebih cepat keluar dari Bandara. Kami menunggu datangnya pesawat Sriwijaya Air dari Jakarta yang akan membawa kami kembali ke Jakarta.

Pukul 15.40 kami memasuki pesawat dan pukul 16.00 pesawat Sriwijaya Air- SJ 053 bersiap untuk lepas landas menuju Jakarta. Para penumpang mendapat hidangan air mineral dan sebuah kue Moho coklat.

Pukul 17.10 kami landing di Jakarta dengan selamat. Adik ipar kami sudah menunggu kami untuk menjemput kami. Kami segera ke rumah adik ipar kami di daerah Kelapa Gading.

Selesai sudah Belitung Tour kami. Terima kasih kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Penyayang atas perlindunganNya. Amin.-